Internet

9 Hal Tentang Transportasi Umum di Singapura yang Anda Harus Tahu

Panduan ini akan membantu Anda memahami lebih banyak tentang transportasi umum di Singapura, sehingga Anda bisa keliling kota layaknya penduduk asli. Tak masalah Anda traveling hanya beberapa hari ataupun berniat tinggal di Singapura selama bertahun-tahun, Anda perlu membaca panduan ini.

9 Hal yang Perlu Anda Tahu Tentang Transportasi Umum di Singapura:

Setidaknya Anda harus tau sisem transportasi umum di negara ini, apalagi Anda seorang traveling atau backpacker untuk bisa berkeliling di negara Singapura dengan aman dan nyaman

Penting !!, Baca 10 Aturan Ini Sebelum Traveling ke Singapura

1. Lebih baik pilih transportasi umum

Sistem transportasi umum di Singapura bersih, aman, efisien dan berkembang dengan baik, sehingga Anda tidak perlu khawatir menggunakan transportasi umum meskipun Anda tidak memiliki perangkat GPS.

Alasan lainnya adalah: kita semua tahu tentang kondisi iklim di Singapura, jadi naik transportasi umum adalah pilihan yang lebih baik daripada jalan kaki, apalagi waktu matahari sedang panas-panasnya.

Cek website gothere.sg/maps untuk menemukan cara paling efisien untuk traveling di sekitar Singapura menggunakan transportasi umum.

2. Perlu punya Ez-Link Card

Transportasi Umum di Singapura
Source : channelnewsasia.com

Ez-Link card mirip dengan kartu Transjakarta atau kartu Trans Jogja. Ez-Link card adalah cara paling efektif untuk membayar tarif kereta metro dan bus umum di Singapura.

Tarif transportasi umum di Singapura lebih murah kalau menggunakan EZ-Link card. Tarif perjalanan di Singapura dikenakan berdasarkan jarak total, mulai dari sekitar $0,80.

Loading...

Anda bisa membeli Ez-Link card sekitar $12 (dengan nilai saldo ±$5) dari Kantor Tiket TransitLink manapun yang berlokasi di sebagian besar stasiun MRT.

Jika saldo kartu hampir habis, Anda bisa isi ulang di kios tiket di stasiun MRT. Pada dasarnya, kartu pintar ini penting untuk berkeliling Singapura.

3. Jaringan kereta membawa Anda keliling Singapura

Transportasi Umum di Singapura

Jaringan kereta Singapura dapat membawa Anda dari pusat kota ke pinggiran kota Singapura dalam waktu kurang dari 30 menit. Hal ini karena kota Singapura memiliki ukuran yang kecil, dan landmarks terhubung dengan baik oleh jaringan kereta yang menyeluruh.

Jaringan kereta Singapura dipecah menjadi lima jalur utama, yaitu East/West Line, North/South Line, Circle Line, Downtown Line, dan North/East Line.

Ada beberapa stasiun yang tumpang tindih dan dapat digunakan untuk pindah kereta di antara lima jalur ini untuk lebih cepat sampai ke tujuan.

Jaringan transportasi umum di Singapura berupa kereta ini telah berkembang sejak sepuluh tahun terakhir. Kereta metro dijalankan secara otomatis tanpa pengemudi.

Ada peta di seluruh stasiun kereta dan suara pengumuman di kabin depan stasiun untuk membantu penumpang memastikan akan tiba di tempat tujuan yang benar.

4. Bus bisa membawa Anda ke setiap sudut Singapura

Transportasi Umum di Singapura

Bus adalah transportasi umum di Singapura yang dapat melakukan perjalanan dari pusat kota hingga ke ujung negara, dengan sistem bus yang bersambung.

Sistem bus Singapura juga memiliki layanan ekspres untuk penumpang yang perlu cepat ke suatu tempat. Sistem bus eskpres melewati sebagian besar halte dan masuk ke jalan raya.

Nomor layanan bus ekspres biasanya diakhiri dengan huruf “E”, misalnya 401E. Layanan ini dikenai biaya $2,70 per perjalanan, tanpa memandang jarak.

Biayanya memang lebih mahal, tapi bus ekspres tetap populer di antara orang-orang yang bekerja di CBD. Karena biasanya mereka ingin pulang cepat.

5. Ada kursi prioritas di kereta dan bus umum Singapura

Kursi prioritas ini disediakan untuk wanita hamil, orang cacat fisik, dan orang tua. Umumnya kursi-kursi ini diposisikan di bagian depan, dan di dua sudut deretan kursi, karena lebih dekat ke pintu keluar.

Walaupun ini adalah kursi prioritas, tapi tidak hanya untuk kelompok orang tertentu. Karena itu penumpang dianjurkan untuk menyerahkan kursi prioritas ini pada penumpang yang lebih membutuhkan.

6. Jangan makan atau minum di transportasi umum

Anda akan dikenai denda sebesar 500 dolar kalau ketahuan makan atau minum di kereta. Tapi kalau sakit atau mabuk perjalanan, Anda diperbolehkan untuk minum air atau makan permen.

Asal jangan sengaja makan dan minum terlalu banyak selama Anda dalam perjalanan. Kalau sejak awal Anda merasa sakit, lebih baik ambil layanan transportasi lain, misal taksi atau ride-sharing.

7. Gunakan aplikasi untuk keliling Singapura

Aplikasi ride-sharing, Uber dan Grab adalah alternatif lain untuk Anda yang bepergian di Singapura hanya dalam waktu singkat, dan alternatif bagi siapa saja yang berpikir bahwa memiliki mobil sendiri terlalu mahal.

Menggunakan layanan ride-sharing, Uber, atau Grab adalah cara paling cepat dan paling terjangkau untuk berkeliling Singapura.

8. Taksi pakai argo meter dan diatur oleh hukum

Ukuran Singapura relatif kecil, sehingga Anda bisa berkeliling kota mengendarai taksi dalam waktu kurang dari satu jam.

Jangan khawatir taksi akan menaikkan tarif secara ilegal untuk wisatawan, karena taksi di Singapura diatur oleh hukum, dan tarifnya dihitung secara wajar menggunakan argo meter.

Meskipun layanan transportasi umum di Singapura menggunakan taksi jauh lebih baik dibanding dengan negara-negara Asia lainnya, tapi penduduk lokal umumnya menghindari taksi karena tarif mahal.

Industri taksi mulai mundur sejak diperkenalkannya layanan yang lebih murah seperti ride-sharing, Grab, dan Uber di Singapura.

9. Pelajari singkatan untuk jalan bebas hambatan (expressway)

Electronic Road Pricing. Photo: Land Transport Authority
Electronic Road Pricing. Photo: Land Transport Authority

Mengetahui singkatan untuk expressway ini akan berguna bagi Anda yang ingin mengemudi sendiri di Singapura.

– AYE: Ayer Rajah Expressway

– BKE: Bukit Timah Expressway

– CTE: Central Expressway

– ECP: East Coast Parkway

– KJE: Kranji Expressway

– KPE: Kallang-Payar Lebar Expressway

– MCE: Marina Coastal Expressway

– NSC: North-South Corridor

– PIE: Pan Island Expressway

Yang terakhir adalah ERP (Electronic Road Pricing). ERP adalah tarif jalan yang dikenakan oleh pemerintah Singapura untuk mengatur volume lalu lintas selama jam sibuk. Tarif ERP berbeda untuk setiap jalan dan waktu, tergantung pada kondisi lalu lintas setempat.

Anda mungkin merasa bingung dengan singkatan expressway ini pada awalnya, tapi kalau Anda melalui jalur expressway setiap hari maka Anda akan menguasainya dalam waktu singkat.

Jangan khawatir tersesat selama traveling menggunakan transportasi umum di Singapura, karena Anda bisa minta bantuan dari warga kota. Mereka biasanya suka menggunakan Google Maps untuk bernavigasi, dan mereka ramah.



Loading...

Baca selengkapnya

Hobi fotografi, tapi sehari-hari menghabiskan waktu di depan komputer.

Artikel terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *