Optimasi Blog

Tips Update Artikel Tanpa Membuat Artikel (Lho Kok Bisa)

Yang selalu dipikirakan oleh penulis blog adalah bagaimana cara agar bisa update artikel setiap hari, sebab dengan menulis blog secara rutin juga akan meningkatkan trafik blog itu sendiri. Lantas apakah setiap orang mampu mengerjakan hal tersebut?

Kemarin update artikel, sekarang update artikel tapi besok belum tentu bisa update artikel. Setiap orang juga mempunyai batas-batas tertentu, kendala ini bisa dikarenakan kehabisan ide, bingung mau nulis apa atau masalah pembagian waktu dengan kegiatan lainnya.

Update Artikel Tanpa Membuat Artikel

Yang akan saya bahas kali ini jika suatu hari anda lelah dan kehabisan ide untuk membuat konten, padahal rasanya harus wajib membuat artikel buat dipublish. nah, saya bisa kasih saran untuk update artikel lama anda.

Mengapa perlu update artikel lama?

Banyak penulis blog beranggapan untuk meng-update blog maka harus mempublikasikan postingan baru, padahal untuk meng-update blog bisa juga dengan memperbarui postingan yang sudah ada.

Apa diperbolehkan dan tidak melanggar aturan google jika update artikel?

Tentu saja boleh meng-update artikel lama dan tidak melanggar aturan google dan pedoman mutu webmaster, justru akan lebih membuat artikel tersebut berkualitas. Contoh nyata adalah pembaharuan artikel di wikipedia, dengan menambah informasi secara detail dan lengkap.

Beberapa manfaat yang bisa didapatkan jika kita secara konsisten memperbarui konten di blog.

  • Menjadikan konten lebih berkualitas secara periodik.
  • Membuat peringkat lebih bagus di Google karena Google suka artikel yang berkualitas dan juga up-to-date.
  • Jika peringkat blog bagus, maka akan menjadi generator trafik terutama dari search engine google.

Intinya sesuatu pembaharuan disertai penambahan dan penyempurnaan artikel/konten akan memberi nilai lebih dimata google, itu berlaku juga untuk pembaharuan konten lama.

Apa Saja Artikel Yang Perlu Di Update?

Untuk update artikel lama kita bisa memilih sebuah konten yang dirasa kurang mempunyai peringkat yang bagus di SERP (Search Engine Result Page), dengan kata lain artikel mempunyai jumlah tayangan yang sedikit.

Tujuannya adalah mendongkrak artikel tersebut agar bisa mendapatkan peringkat SERP yang lebih baik, untuk melakukan hal ini kita perlu cek dan megetahui posisi SERP artikel yang hendak kita update.

Ada banyak tool online gratis dan berbayar yang menyediakan fasilitas untuk mengetahui keberadaan SERP artikel, tetapi saya menyarankan sebuah tool yang bisa di pasang pada perangkat android, jadi sewaktu-waktu kita bisa akses dan mengetahui posisi SERP artikel.

update artikel
Mojo SERP

Aplikasi android ini bernama SEO SERP Mojo, tingkat keakuratan dalam menganalisa SERP adalah 99 % jika menggunakan 3 karakter kata (keyword).

 Cra menggunakan mudah sekali, hanya mengatur penargetan negara untuk hasil pencarian, memasukkan kata kunci dan SEO SERP Mojo langsung menganalisa. Untuk fitur lebih lengkap dengan update SERP Otomatis setiap hari, bisa gunakan SEO SERP Mojo versi Pro.

Bagaimana Cara Update Artikel Dengan Benar?

Setelah menemukan artikel yang telah di analisa SERP nya, kita bisa melakukan edit seperti memperbaiki salah ketik, membuatnya lebih lengkap, atau memperbarui informasi dalam konten. Setelah itu kita melakukan pemjadwalan publish.

update artikel

  • Setelah artikel di edit dan dilakukan perbaikan, atur sebagi konsep.
  • Lalu klik perbaharui.

update artikel

  • Rubah tanggal, bulan dan tahun penerbitan. Jika ingin diterbitkan hari ini, atur waktu yang tepat.
  • Klik perbaharui untuk melakukan perubahan.

Nah dengan demikian anda bisa update artikel tanpa membuat artikel yang baru, jika tanggal publikasi di atur dengan benar maka artikel akan tampil dihalaman utama.

Baca juga : Cara Meningkatkan SERP Artikel Di Halaman Google

Saya sendiri banyak melakukan update artikel lama dan melakukan pembaharuan jika pas kehabisan ide buat menulis, cara ini juga banyak dilakukan blog-blog yang mempunyai niche Evergreen Content, yaitu blog yang mempunyai konten yang akan relevan walaupun dibaca kapan saja.


Loading...
Baca selengkapnya

Menulis dari berbagai pengalaman pribadi dan bisa dipertanggung jawabkan, jika bermanfaat bagi Anda silahkan share.

Artikel terkait

42 Comments

  1. Ini nih yang saya lagi cari-cari, idenya bagus juga yang lama yang bisa dibilang artikelnya kurang “bagus” dirombak lagi biar bisa bersaing di SERP, mantap 🙂

  2. Klo blog yg nice lirik lagu dan chord gitar,perlu di update gak.bang artikel yg lama?lalu aplikasinya itu berbayar apa geratis?

  3. Wah ini yang bermanfaat. Apakah kalau merubah tanggal posting tidak terjadi eror pada saat buka artikel tersebut??

  4. mau tanya om, seperti websete hargaperdotcom itu setiap judul kan dikasih terbaru oktober 2018, la tiap ganti bulan itu langsung otomatis jadi november 2018 itu pakai teknik apa om.
    terimakasih jika dibalas

  5. hee..baru tahu nih, memperbaharui artikel lama menjadi baru, saya sudah praktekan Mas Gani, ternyata ok banged… trims ilmunya ya…

  6. Makasih tipsnya bro….saya sudah mencoba, ada yang langsung hari itu juga, ada yang terjadwal. Berarti intinya selama permalink tidak diubah, aman ya?

  7. mau nanay nich… saya pengguna blogger…. semisal update artikel dan saya ganti bgian publish on (tanggal saat edit/pembeharuan) apa tidak pengaruh ke permalink dan index google?

  8. Mas mau nanya, kenapa status fetch as google di google webmaster tools website saya kok statusnya dialihkan, biasanya statusnya selesai. Apakah gak diindex oleh google ya mas ???

  9. Mau tanya nih mas
    Jika saya sudah submit artikel trs di edit kembali apakah harus submit lagi mas? Thanks

  10. salam mas gani, mau tanya nih untuk hal jadwal publish, saya ambil contoh, jika saya edit posting tanggal 1 februari 2018 misalnya, kemudian saya rubah date dan timenya pada tanggal 1 feb 2018 juga. ternyata pada tanggal 3 februarinya ada editing lagi, saya rubah juga ke tanggal dan jam di waktu itu (real time) apa itu baik mas… ? terima kasih

    1. Tidak masalah Mas Tata Nugraha, saya juga sering melakukan perubahan judul, misalnya ada judul yang lawas, saya sesuaikan dengan kondisi sekarang..Dengan catatan, asalkan tidak merubah permalink nya, jadi tetap terindex mesin pencari.

  11. mau nanya mas , ada jangka waktu nya ga buat memperbarui artikel . Misal artikel yang baru di publish 1 minggu yg lalu ada kesalahan , boleh langsung edit lagi atau nunggu beberapa bulan , atau baiknya update artikel itu gimana dari segi waktu ?

  12. Mas, dulu saya pernah update artikel tanpa submit lagi, tiba – tiba indexnya jadi turun, gimana tu Mas..? apa emang karena itu, atau karena hal lain gak tau juga…

    1. Index turun banyak sebabnya, mungkin karena persaingan artikel yang lebih bagus..atau bisa juga algoritma google yang update.
      yang penting masih bisa terindex cepat, apabila dalam 24 jam belum terindex sebaiknya di submit saja.

  13. Jadi tanggal nya mesti di rubah manual ya mas gani? Terus kalo misal di edit / perbarui perlu di submit ulang tidak ke Google atau mesin jahit lainya..
    Matur suwun saderenge..

  14. Ok mas isi artikel nya,sangat membantu..nanti akan saya cpba trrapkan di blog saya yg asal ini hehehehe…

  15. bermanfaat sekali bang…namun ilmuku kayaknya belum sampai sana aku masih newbie sekali ngeblog masih buta dan masih butuh bimbingan itupun kalau ada yang mau bimbing hahaha….aku coba buat blog tahun 2014 sampai sekarang blm ada perkembangan bang…artikelnya cumen segitu doang…aku harus pie bang? biar sedikit berkembang,blogku tak biarin nganggur setahun lebih dan baru mulai lagi bang apa itu nggak jadi kendala kedepannya?

    1. Sory responnya telat, sambil kerja mas suhir 😀
      Buat saya pribadi tidak menjadi masalah mas, enjoy saja.
      Jangan buat rutinitas ngeblog menjadi beban,,,

      Tapi jika sampeyan fokus, ya luangkan waktu sedikitnya 3 artikel untuk 1 minggu.
      Nah, coba dulu sebatas itu.

      Sedikit demi sedikit akan membuahkan trafik,
      Yang saya tau lho mas…mengelola blog tu seperti mengasuh anak kecil, harus kebanyakan dimanja. 😀 😀

  16. Wah menarik sekali dan masuk akal, apalagi waktu pertama kali mulai ngeblog rata2 artikel yg aku buat, yakni asal jadi dan bahkan tidak pernah di edit. Diperparah susunan kalimat yang salah dan kurang huruf serta pendek pula.

    Makasi tipsnya mas gani. Aku mah suka kasih Cendol tapi tergantung pada banner menarik karena memang ingin tahu isinya dan lagian jg ga rugi mala dpt ilmu.

    1. Wah, seharusnya cece ni lebih senior dan justru lebih banyak pengalaman. Masalah tulisan mungkin di anggap sepele, tapi jika susunannya amburadul malah membuat pembaca bingung.

      Dengan kata lain tidak menangkap isi artikel yang sebenarnya. 😀

  17. nice info, kalo saya pake plugin,
    cara kerjanya : post paling tua (re-publish) tampil lagi paling depan, kebetulan content nya evergreen, ga musiman

    *wow, kemaren saya berkunjung belum di pasang, floating sosial sharing
    sekarang dah cakep dan fungsional, *kelemahaannya,nambah waktu loading versi gtmetrix

    1. Wah, Saya malah belum tau pluginnya 😀
      Iya, memamng agak sedikit lemot. Tapi ini salah satu plugin social share yang bisa dilihat hasil trackingnya.

      Buat saya sangat berpengaruh pada generator trafik.
      Versi gratis gan, kalau yang premium belum mampu 😀

  18. Betul banget mas, kadang-kadang saya juga melakukan hal ini jika lagi buntu mas, tapi kadang juga lupa mas bila artikel bisa di update. Makasih mas Gani, artikel ini mengingatkan.

    1. No problem mas, malah justru disarankan asalkan judul artikel tidak dirubah.
      Saya dapat sumber terpercaya dari blog India Shoutmeloud untuk artikel ini, peringkat blognya juga bagus..apalagi visitornya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close