Upgrade akun adsense

3 Syarat Penting Sebelum Upgrade Akun AdSense Hosted

Meskipun pada dasarnya kita mempunyai akun AdSense hosted, tidak serta-merta kita bisa langsung meng-upgrade akun AdSense hosted kita menjadi akun AdSense non-hosted. Karena pihak AdSense sendiri mempunyai persyaratan yang harus kita penuhi. Supaya kita bisa dikatakan sebagai publisher resmi, untuk menampilkan iklan AdSense di situs kita sendiri. Dan bahkan tidak hanya satu situs, 500 situs juga bisa. Asalkan kita telah mendapat akun AdSense non-hosted.

Berbicara Google AdSense, kira-kira ada tidak blogger yang tidak tergiur dengan AdSense? Dari iklannya yang relevan dengan situs dan pengguna, juga iklannya cukup ramah dengan blog sehingga blog terlihat lebih cantik.

Terlebih AdSense benar-benar bisa di jadikan usaha tetap (tentu itu untuk situs-situs besar) yang telah memiliki jutaan pembaca setia setiap harinya. Pastinya semua tergiur, bukti nyatanya blogger pemula sekarang termotivasi bukan karena menjadi blogger sebagai pemberi referensi, tapi lebih termotivasi karena ingin dapat uang dari AdSense. Menarik, bukan?

Kembali ke persyaratan meng-upgrade akun AdSense hosted menjadi non-hosted. Kita tentunya tahu peraturan menjadi publisher AdSense dengan membaca-baca syarat dan ketentuan yang sudah tertera. Tapi banyak juga yang mengabaikan persyaratan tersebut.

Entah itu karena menganggap remeh atau karena malas membaca. Yang jelas, AdSense begitu ketat, dan segala peraturannya harus di patuhi. Dan berikut syarat wajib sebelum upgrade akun AdSense hosted menjadi non-hosted.

1. Harus verifikasi PIN terlebih dahulu

Ketika Anda ingin meng-upgrade akun AdSense yang di hosting, entah itu dari YouTube ataupun dari Blogger, Anda tentunya harus menerima PIN dari AdSense terlebih dahulu, agar dapat menampilkan iklan di situs pribadi Anda.

Karena jika belum mendapat verifikasi PIN dari AdSense, maka Anda tidak akan pernah mendapat notifikasi apapun dari AdSense, meski sudah melakukan upgrade.

Jadi percuma saja Anda menunggu lama, karena sebelum Anda mem-verifikasi PIN, Anda tidak akan mendapat email apapun dari AdSense. Kecuali email selain notifikasi mengenai upgrade akun AdSense tersebut. Hal ini sudah tertera jelas pada halaman support Google, dan juga ini sebagai bukti nyata bahwa Anda adalah pemilik sah atas akun AdSense tersebut.

Loading...

Jadi jika ingin meng-upgrade akun AdSense dari hosted ke non-hosted, maka pastikan dulu Anda sudah menerima PIN dan sudah memverifikasinya. Maka silahkan Anda melakukan upgrade. Tapi jika belum, sabarlah terlebih dahulu.

2. Harus pada situs yang berdomain level atas (TLD)

Hal ini juga sangat di wajibkan! Jika sebelumnya blog Anda masih ber-subdomain dan ingin meng-upgrade akun AdSense Anda, maka seharusnya Anda telah memiliki domain level atas (TLD).

Namun jika Anda belum mengerti apa itu domain TLD, maka saya kasih contohnya: klikmania.net dan im4j1ner.com (sedikit promosi) itulah situs dengan domain TLD. Untuk mendapatkannya, Anda bisa membelinya di layanan penyedia hosting di lokal maupun interlokal.

Namun bila ingin yang terjangkau dengan isi dompet, maka layanan hosting lokal bisa jadi pilihan. Itu terserah Anda. Begitupun jika Anda mendapatkan akun AdSense dari YouTube dan berniat meng-upgrade nya, maka Anda harus memiliki situs atau blog yang sudah berdomain TLD.

Jika sudah memilikinya, maka Anda bisa segera melakukan upgrade. Tapi jika belum, harap di siapkan dulu. Karena itu juga termasuk syarat utamanya.

3. Tetap patuhi peraturan

Meski sebelumnya blog Anda telah diterima secara penuh menjadi publisher AdSense, belum tentu juga bisa di terima saat melakukan upgrade. Karena saat di tinjau kembali, terkadang ada sedikit kesalahan yang tidak kita sadari, sehingga pihak AdSense menolaknya.

Hal ini mungkin disebabkan karena kita kurang mengontrol kecepatan akses ke blog kita, ataupun kita menambah sedikit gadget blog, sehingga memengaruhi kecepatan blog.

Atau bisa jadi karena ada konten yang sensitif terhadap kebijakan AdSense, yang tanpa sadar telah kita tulis. Sehingga itu bisa menjadi penghambat proses peningkatan akun AdSense kita.

Jadi sangat disarankan tetap patuhi peraturan AdSense, dan cobalah cek kembali kelayakan blog Anda sebelum melakukan proses up-grading akun AdSense.

Jika semua telah di penuhi, maka mudah-mudahan tidak ada kendala selama peninjauan. Dan bisa jadi tidak perlu menunggu waktu lama lagi, bahkan bisa sekali peninjauan langsung di terima secara penuh.

Poin penting

Jika Anda berhasil melakukan upgrade akun AdSense hosted menjadi non-hosted, maka Anda bisa memasang iklan AdSense di YouTube, blog ber-TLD, maupun blog ber-subdomain. Atau bahkan untuk aplikasi yang Anda buat yang Anda upload di PlayStore. Anda bisa memasangnya di manapun Anda suka.

Tapi tentu saja, meskipun akunnya sudah non-hosted, Anda harus tetap mematuhi kebijakan Google AdSense. Supaya akun AdSense yang sudah Anda perjuangkan tidak berakhir tragis hanya karena sebuah kecerobohan. Semoga postingan yang sedikit ini cukup membantu dan bermanfaat…


Loading...

Bagikan

Ahaerudin13

Penulis

Komentar

    Avatar

    Yoga

    ( - 15:18)

    Tips yang sangat berguna, untung bisa sempet nahan nafau untuk nggak upgrade dulu setelah nerima pin haha

    Thank you gan

    Avatar

    bung dani

    ( - 11:48)

    awalnya saya daftar adsense dari youtube dan sudah vertifikasi pin, lalu ingin saya upgrade jadi non hosted, dan skrg sudah seminggu lebih pengajuan saya belum ada email dari adsense, kira2 berapa lama ya proses pengajuannya.

    Avatar

    cipunk

    ( - 08:59)

    jadi harus nunggu pin dulu ya.. mksh artikelnya sangat membantu sekali

    Avatar

    Dwi

    ( - 10:50)

    Bang saya sudah upgrade ke pakai tld tp kok belum non hosted ya. Mohon bimbingannya

    Avatar

    Ishad

    ( - 19:06)

    Maaf saya mau bertanya mas,
    Saya punya akun adsense hosted yang di dapat dari youtube nah untuk pencapaian pengiriman pin akun saya sudah mencukupi persyaratan karena total saldo sudah lebih dari 10$ tapi sampai sekarang saya belum menerima pin, Ini sudah 2 bulan lebih saya menunggu

    Apakah setiap pengiriman pin ada notifikasi melalui email bahwa pin tsb sedang di kirim ?

    Trus saya ingin mengupgrade akun GA menjadi non hosted tapi setelah masukkan url untuk meng upgrade, tiba” akun Adsense saya reload ke menu beranda lagi, begitu terus menerus, belum sempet masukin url balik lagi ke menu beranda. Ini terjadi secara berulang. Kira” apa kesalahan nya ya mas ?

    Sebelumnya saya masukkin url domain yang ingin di moniteis gak ada masalah dan notifikasi persetujuan untuk menjadi non hosted sudah masuk ke email. Tapi sudah berbulan” iklan blum juga muncul. Sedih mas 🙁

      ganisebastian

      ganisebastian

      ( - 06:04)

      Pengiriman PIN biasanya antara pertengahn bulan setelah saldo mencapai $ 10 pada bulan kemarin. Tidak ada notofikasi ketika pengiriman PIN berlangsung, namun apabila PIN tidak terkirim, maka akan ada reguest PIN yang kedua kalinya.

      Untuk masalah upgrade akun, sepertinya akhir -akhir ini memang lagi ada masalah mas, bisa dicoba beberapa waktu lagi.

    Avatar

    Fivie Erlina

    ( - 08:08)

    artikel sangat bermanfaat sekali, setelah baca aku tau kesalahan tentang gagalnya ugrage akun adsense hosted ke akun adsense non hosted

    Avatar

    hariawan

    ( - 18:22)

    mas saya mau tanya,, saya punya akun GA hosted ,, rencanya mau upgrade ke nonhosted,,, pake TLD tapi hosting di blogger apa bisa..?

    Avatar

    paimung

    ( - 15:11)

    saya mau tanya om, ane gak tau udah diterima atau belum, tapi saya udah bisa bikin iklan di adsense, tapi malahnya iklan masih bleng puting.

    blog ane itu udah TLD tapi aktif sebagai hosted, itu gmna soalnya iklannya gak mau muncul om,

    Mohon bantuannya.

      Ahaerudin13

      Ahaerudin13

      ( - 15:28)

      1. Apakah sudah melakukan upgrade pada akun AdSense nya? Karena mungkin akun AdSense mas di dapat dari YouTube.

      2. Kalau sudah proses upgrade namun iklan masih blank, kemungkinan itu masih tahap review.

      Terimakasih…

    Avatar

    Aris Triyanto

    ( - 00:34)

    Saya belum verifikasi pin udah main uograde aja, saya ga tau sih. Tapi anehnya di ga di produk tercatat adsense untuk konten tampil 2 dalam sebulan ini. Mungkin google coba preview blog saya kali ya cuma untuk sekedar test. Saya masih di gantung ni gan. Sepertinya bakalan di tolak, wong belum verifikasi pin. Tapi namanya harapan sih tetep ada biar ga putus asa ngeblok, mungkin belom waktunya. Terima kasih infonya mass.

    Avatar

    blogersumatra

    ( - 02:50)

    Mas,,,nama domain dengan akhiran angka kalok di daftarin google adsense ada pengaruhnya enggak,,ini nama domain saya xyza404 dot com

      Ahaerudin13

      Ahaerudin13

      ( - 15:29)

      Mudah-mudahan tidak mas

    Avatar

    Lia

    ( - 17:47)

    Nah, ini dia mas. Sebelumnya aku pun belum sepenuhnya mengerti terkait dengan syarat upgrade ke non hosted. Sudah berulang kali meng upgrade dari adsense youtube ke non hos hasilnya di tolak dengan alasan bervariasi. dan hal ini juga sudah aku perbaharui. Untuk sekarang aku coba upgrade kembali menggunakan akun yang sudah verifikasi pin. Namun, sampai sekarang juga belum ada pesan masuk, sejauh ini juga sudah aku kotak katik template dan itu sengaja biar ada respon dari pihaknya. Berharap dalam 2 hari ke depan ada notifikasi lah. terserah diterima atau tidak. Tujuannya bisa jelas dan bisa memperbaharui lagi.

      Ahaerudin13

      Ahaerudin13

      ( - 20:50)

      Sebaiknya tunggu saja dulu sampai dapat email. Soal lamanya notifikasi memang sering terjadi. Karena bukan hanya mba/mas yang mengalaminya 🙂

    Avatar

    Typodea

    ( - 17:38)

    Wah harus verifikasi pin dulu tah mas? kalau seandainya langsung apakah ada kemungkinan diterima

      Ahaerudin13

      Ahaerudin13

      ( - 17:45)

      Sesuai yang tertera pada Google support, verifikasi PIN itu perlu sebelum upgrade. Untuk langsung sebenarnya bisa, dan harus menunggu waktu yang lama untuk sebuah notifikasi di terima atau tidaknya. Kalau soal di terima atau tidaknya sih, saya juga kurang tau 🙂

    Avatar

    tutorial blog

    ( - 06:52)

    Saya dapet full approve malah dari upgrade host to non host mas dari youtube.
    Tapi channel saya malah kebabat .. hahahahah yg penting akunnya adsense aman

      Avatar

      xyza404

      ( - 02:45)

      Ikut tutornya mas,,,ini saya ingin upgrade akun GA yang ke dua kalinya

    Avatar

    surya

    ( - 06:25)

    gan mau tanya ini blog sya dftarkan ke adsense non hosted. msh proses upgrade ke non hosted dan sudah 5 hari belum ada jawaban. Akun adsense yg sya pakai adalah akun adsense dari youtube. ini blog sya mhon diperiksa mngkin ada yg slah dr blog sya atau kurang gimana debraogami dot xyz . terima ksih mhon pnduanyya

      Ahaerudin13

      Ahaerudin13

      ( - 16:24)

      Sebelumnya, sudah verifikasi PIN belum mas?

        Avatar

        surya

        ( - 12:48)

        Sudah mas. Skrg di GA sya sdh ada skitar $75. Dan ini sya upgrade ke non hosted menggunakan email yg berbeda tapi sdh sya tambahkan sbg administrator dr GA trsbt, sdh 8 hari msh blm ada balasan apa2 ini gan. waktu pertama upgrade non hosted dan pasang script ke blog, juga tidak ada email msuk tentang upgrade non hosted ini gan. Sya posting sktran 10 postingan tiap hari tp blm ada jwaban. ada solusi gk gan? atau blog sya yg salah atau kurang gimana?

          Ahaerudin13

          Ahaerudin13

          ( - 15:46)

          Kalau masalahnya seperti itu, mungkin masalah yang serupa yang kebanyakan blogger alami. Karena ada juga yang satu bulan belum dapat notifikasi apa-apa dari pihak AdSense nya.

          Kalau masalah blog yang salah atau tidak, saya juga kurang paham. Karena kalau misalkan blognya kurang sesuai dengan kriteria AdSense, otomatis akan dapat email penolakan.

          Jadi menurut saya, tetap konsisten aja mas buat artikel. Untuk notifikasi nya, di tunggu aja.

          Oh iya, di cek aja di menu other product AdSense nya. Kalau ada pengetahuan situs sedang di tinjau, berarti memang sedang di tinjau oleh pihak AdSense nya. Jadi tunggu saja

          Semoga sedikit membantu dan terimakasih sudah berkomentar

            Avatar

            surya

            ( - 04:00)

            Sempet kmaren mw ptus asa tentang msalah ini gan. tapi ada yang katanya anda sebutkan “di other product kalau ada pmberitahuan stus sdg d tinjau, brrti msh di tnjau oleh phak adsense”. di akun adsnse sya ada pmbritahuan sprti itu mngkin msh d tinjau y gan wlaupun d situ d sebutkan dari adsensenya hanya membutuhkan waktu 3 hari untuk meninjaunya tapi ini lebih. trmakasi atas pncerahannya gan. oya ingin tahu berapa penghasilan anda per bulan dari blog ini gan? rasa ingin tahu sya bsr bgt byar jd tmbh smangat ngblognya : )

              Ahaerudin13

              Ahaerudin13

              ( - 04:17)

              Iya gan, di AdSense memang tertulis tiga hari. Tapi memang kadang sampai satu bulan atau lebih.

              Saya juga pernah sampai hampir dua bulan tidak dapat notifikasi apa-apa. Hehe…

              Oh iya, ini bukan blog saya loh. Saya cuma sekedar nulis saja. Hehe

                Avatar

                surya

                ( - 05:43)

                One more gan 🙂 . Sya pnya gmail “A” gmail tersebut dulu sya buat maen youtube tapi sekarang youtubenya di blokir (tidak bisa buka youtube dengan akun “A” tersebut ada peringatan sperti ini “tidak dapat mengakses produk google”/akses telah ditangguhkan) pdhal videonya buatan sya sndiri tntang tutorial vb.net 🙁 . Trs skarang gmail “A” tersebut mw sya dftarkan adsense lewat blogger, apa itu bisa gan? apa akun ytube yg di blokir trsbt berpengaruh ke lama, proses, diterima/tidaknya pendaftaran google adsense tersebut gan? Trimakasih mhon d bimbing trs 🙂

                  Ahaerudin13

                  Ahaerudin13

                  ( - 20:40)

                  Kalau sebelumnya sudah punya akun AdSense, sebaiknya tidak usah buat lagi, cukup di upgrade saja. Tapi jikalau belum punya, itu sah-sah saja. Dan tidak ada pengaruh apapun, meskipun Gmail itu telah di tangguhkan oleh YouTube.

                  Karena setahu saya, Google sendiri tidak menyangkut pautkan persoalan produknya untuk produk yang lain. Kecuali jika kita melakukannya di Google plus (pelanggaran), maka akan banyak akun yang tidak bisa di akses. Karena kita akan masuk menggunakan id Google plus. Itu sepengetahuan saya

    muhammad faizin

    Mas untuk dapat memverifikasi PIN apakah harus mencapai ambang batas penbayaran dulu di akun adsense hosted kita ya ?

      Avatar

      surya

      ( - 13:18)

      kalau pengalaman sya sih dpt $10 ke atas sdh diharuskan verifikasi pin gan

        Avatar

        leson

        ( - 08:04)

        ads saya udh lbh dr $10 tp blm dpt pemberitahuan pin ya, adsense saya dptkan dr youtube dan belum dptkan pin, pernh ada surat 2x dr google tapi berkaitan dg sy dftar google bisnis. bagaimana kira2 cara dptkan pin tsb? apakah menghubungi google lgsg ato gimana dan apakah diperbolehkan kita psg unit iklan di blog ber sub-domain tnp kt pny domain TLD? mksih

          Ahaerudin13

          Ahaerudin13

          ( - 09:14)

          Coba datangi kantor pos nya. Siapa tahu masih di situ suratnya.

          Kalau mau pasang iklan di blog, harus di blog yang sudah TLD. Kecuali akun AdSense nya udah non-hosted.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *