usaha warnet

10 Tips Mendirikan Usaha Warnet Yang Wajib Anda Tahu

Usaha Warnet – Ada banyak sekali jenis usaha yang bisa kita coba sebenarnya. Usaha apapun baik secara offline ataupun online akan menjadi sebuah usaha yang besar apabila kita sungguh-sungguh dalam mengelolanya.

Namun karena keadaan ekonomi ataupun daya pemikiran yang masih terbatas pada suatu hal, itu menyebabkan seseorang tidak mau mengembangkan sebuah usaha, mereka sudah psimis terlebih dahulu sebelum mereka mencobanya.

Salah satu bisnis yang menjanjikan tapi ringan dan bisa kita lakukan secara menetap adalah bisnis jasa dan penyewaan/rental. Diantaranya adalah membuka usaha warnet di dekat rumah ataupun membuka tempat baru.

Mendirikan usaha warnet ini bukanlah hal yang sulit, jika kalian punya modal minimal 30 juta, maka usaha ini bisa kalian segera buka. Daripada untuk hal-hal yang kurang bermanfaat, itung-itung sebagai investasi jangka pendek.

Apakah bisnis usaha warnet akan mati, karena sekarang orang sudah pada punya gadget sendiri yang bisa untuk internetan?

Saya rasa tidak, karena bagaimanapun juga setiap orang yang punya smartphone belum tentu punya laptop dan printer. Kalaupun punya mungkin mereka malas ngetik, jadi butuh warnet untuk membuat suatu artikel. Jadi jangan khawatir kalau bisnis usaha warnet ini akan mati ya…

10 tips mendirikan usaha warnet

Berikut ini saya akan memberikan Tips bagi kalian yang ingin berbisnis tapi bingung mau bisnis apa. Kalau kalian suka bisnis online, kalian bisa sekalian jadi operator warnet sendiri dan melakukan bisnis online juga. Kan akan memberikan pemasukan dana yang cukup untuk kebutuhan sehari-hari kalian.

1. Pilih tempat yang strategis dan sering sebagai tempat nongkrong

Bagaimana tempat yang strategis itu? Kalian bisa lihat berbagai hal mengenai hal ini, seperti dekat jalan raya, ramai atau tidak anak-anak, dekat sekolah atau tidak, dan tentunya kenyamanan tempat. Jangan sampai di pinggiran TPA tempat sampah akhir.

Loading...
usaha warnet
Sumber gambar : http://olx.co.id

Biasanya yang paling sering datang ketempat warnet adalah para gamers dan juga anak sekolah yang mana mereka sering ditugaskan untuk mendapatkan informasi tentang materi yang diajarkan di sekolah untuk dicari. Apalagi di kurikulum 2013 sekarang ini, sedikit sedikit online sedikit sedikit online. Kan bagi mereka yang tidak memiliki laptop atau PC sendiri mereka akan langsung lari ke warnet.

Namun ini ditentukan juga oleh kondisi keuangan Anda yang digunakan untuk ini, jika memang kalian tidak memiliki cukup dana yang bisa kalian manfaatkan untuk mendirikan usaha warnet ini, seperti menyewa tempat di lokasi yang strategis, maka ini hasilnya akan kurang maksimal. Apalagi jika dipaksakan untuk tetap membangun bisnis warnet tanpa memperhatikan faktor tempat, pasti bangkrut deh.

Beberapa saran tempat yang strategis dan baik untuk usaha warnet kalian yaitu:

*. Dekat jalan raya
*. Sering dilewati orang
*. Orang sekitar sudah paham internet
*. Koneksi internet bagus
*. Dekat tempat keramaian seperti kantor atau sekolah
*. Tempat nyaman, bersih, dan menyenangkan

2. Harus ada perhitungan yang matang

Analisis data keuangan yang tepat dan menyeluruh juga sebagai tips mendirikan usaha warnet yang sangat perlu kalian perhatikan. Intinya harus ada perencanaan, bukan hanya jalan semata, tanpa tahu berapa % keuntungan dari waktu ke waktu.

usaha warnet

Anda harus tahu modal Anda berapa. Lalu yang digunakan untuk membeli komputer dan peralatan lainnya berapa, untuk beli kuota data Internet bulanan berapa, biaya perbaikan secara berkala, dan berbagai biaya lain yang mungkin akan tiba-tiba muncul begitu saja ditengah bisnis yang sedang kalian buat itu.

Jangan lupa buat target pendapatan yang harus bisa kalian kumpulkan selama periode tertentu. Misal dalam 3 bulan ke depan harus sudah ada sekian persen sebagai uang untuk balik modal. Hal ini juga erat kaitannya dengan perkembangan usaha warnet anda kedepannya.

Bisnis apapun juga sebenarnya itu butuh yang namanya pendataan dan perhitungan. Usaha baik kecil seperti buka warung kelontong pun harus ada pendataan dan perhitungan yang baik, kalau tidak ya pasti rugi.

Jadi apabila Anda saat mulai membuka usaha belum terbiasa dengan pendataan, maka mulailah dari sekarang untuk melihat keadaan sekecil apapun dan didata. Jangan sampai ada hal-hal kecil yang nantinya bikin rugi usaha kalian. Yang terpenting dibiasakan dulu aja, jadi lama-lama pasti membutuhkannya juga.

3. Harus tahu bagaimana cara mengelolanya

Tips mendirikan usaha warnet selajutnya adalah kalian harus punya manajemen skill yang baik. Artinya harus bisa mengelola, mengembangkan dan menjaga usaha warnet yang kalian kellola agar bisa terus bertumbuh besar bukanya semakin hancur.

usaha warnet

Manajemen skill yang baik meliputi seluruh aspek usaha yang kalian kelola, jadi jangan sampai karena ada satu masalah yang tidak kalian tangani dengan serius akan membuat seluruh usaha Anda bangkrut, entah itu karena reputasi yang buruk maupun karena kurang nyamannya pelanggan warnet terhadap warnet Anda tersebut.

Dengan menjadi pemilik warnet serta pengelola sekaligus, ini menjadi tugas yang cukup besar untuk usahanya sendiri, dari sinilah kamu ditantang untuk bisa mengatur waktu, keuangan, orang lain, dan yang terpenting bisa mengatur dirinya sendiri. Pengelolaan usaha yang baik itu mencerminkan siapa Anda dan bagaimana karakter Anda dalam kehidupan. Percayalah hal itu.

Pengelolaan yang baik dan terorganisir oleh seorang manajer atau pengelola yang berpengalaman akan sangat menentukan bagaimana nantinya usaha kedepannya. Jadi dalam mengelola ini harus penuh kehati-hatian, jangan ceroboh apalagi suka acuh tak acuh.

Kita liat saja bagaimana perusahaan besar yang berganti kepemimpinan dan pengelola perusahaan tersebut lalu perusahaan itu langsung bangkrut. Jadi sebesar apapun itu perusahaan, apabila dikelola oleh orang yang tidak mampu mengelola secara baik, maka tunggulah kehancurannya.

Tak usah berpikir besar dulu, kalian bisa belajar dari hal kecil dulu seperti mengelola usaha warnet yang dibuat sendiri dulu, jika mampu silakan buat perusahaan skala besar. Karena dalam pepatah ada yang mengatakan bahwa pengalaman adalah guru yang paling baik. Betul bukan?

4. Wajib tahu siapa target pengguna warnet Anda

Apakah ini sebuah keharusan? Sebenarnya nggak harus sih, namanya juga tips mendirikan usaha warnet sendiri, jadi yang ini bisa membantu Anda mendapatkan sesuatu yang lebih daripada tidak menggunakan terori sama sekali. Karena bisa saja umur orangnya sama, pengetahuan yang diberikan sama, namun dalam praktikya hasil akhirnya tidak sama walaupun terorinya sama plek dengan yang diajarkan. Karena kemampuan dasar bawaan seseorang itu berbeda dari orang lain.

Dalam mendirikan bisnis warnet, target usia dan jenis profesi seseorang memang sangat berpengaruh bagi saya pribadi, karena ini berkaitan erat dengan pemasukan nantinya. Dengan ini kita juga bisa lebih memberikan kesan yang baik kepada pengunjung.

usaha warnet

Ada beberapa jenis pengunjung warnet seperti: anak sekolah/guru, karyawan, gamers, pebisnis online, hacker, pemula yang ingin belajar Internet, desainer, blogger, atau mungkin seseorang yang iseng ingin main komputer. Dari situ Anda harus jeli melihat keadaan.

Anda harus bisa membuat paket yang tidak merugikan pengguna tapi untung bagi kita. Misal para gamers itu biasa berlangganan ke warnet kita setiap malam sampai pagi, jadi tarif mulai jam 10 Malam akan dikurangi, dari yang tadinya 4000/jam jadi 3000/jam. Ini kan jadi tidak memberatkan pengunjung warnet anda.

Selain itu kebutuhan akan masing-masing orang itu berbeda ada yang cuma cari gambar, artikel, atau membuat laporan (anak Sekolah), ada yang cuma cari gosip dan berita terbaru, ada yang suka seharian main game online. Jadi Anda harus bisa menentukan tarif yang berbeda pada setiap jenis pengunjung.

5. Lihat dulu kompetitor dan analisis ketatnya persaingan

Mungkin setelah Anda mendirikan usaha warnet Anda bertanya-tanya, “kok warnet saya sepi banget sih, sehari cuma satu dua, kalau gini saya bisa bisa rugi nih…”. Mereka bisa bilang begitu itu karena mereka tidak tahu ada saingan diantara mereka.

Mungkin iya jarak antara satu warnet dengan warnet lain termasuk warnet Anda jauh, termasuk dengan warnet Anda, tapi masih juga gak ada pengunjung yang datang. Nah disinilah Anda harus cari tahu penyebabnya apa dari semua itu.

Ada beberapa sebab kenapa Anda bisa kalah dari saingan Anda, salah satunya ialah karena Inovasi dari kompetitor itu lebih canggih dan Anda tertinggal jauh. Pentingnya sebuah inovasi bagi sebuah usaha itu adalah bagaikan bintang yang bersinar terang dalam kegelapan malam. Maksudnya itu akan membuat seseorang tertarik kepada usaha Anda.

Bisa jadi kompetitor warnet sebelah lebih nyaman, koneksinya lebih baik, tempatnya bersih, keamanan dan kerahasiaan data pengunjung terjamin, buka dalam semalam, harga lebih murah, pelayanan memuaskan, tempat lebih besar, jumlah komputer lebih banyak. Ya itulah beberapa alasan kenapa banyak orang lebih memilih warnet orang lain daripada warnet Anda.

Tips mendirikan usaha warnet yang satu ini benar-benar harus kalian perhatikan. Karena apabila Anda tidak bisa bersaing secara sehat untuk melawan pesaing Anda, maka siap siap saja sudah ada jurang dalam nan mengerikan yang siap jadi tempat untuk Anda.

6. Berani tampil beda

Tips mendirikan usaha warnet yang keenam yaitu kita diharuskan bisa mengembangkan keunikan dan lebih inovatif. Buatlah sesuatu yang berbeda dari warnet lainnya yang dekat dengan Anda. Karena dengan tampilan yang beda akan membuat daya tarik tersendiri bagi para pengguna warnet Anda.

Seperti pada bahasan Di atas saya sudah banyak menyebutkan agar kita bisa melakukan sesuatu lain dari yang lain. Ini dimaksudkan agar tidak monoton dan itu itu aja. Yang mana hal itu menyebabkan pengunjung menjadi bosan, dan ini akan menjadi lebih baik dari segi psikologis pengunjung.

Lalu bagaimana caranya agar tampil beda?

Kamu bisa melakukan sedikit perubahan pada unsur eksternal atau luar dan internal pada bagian dalam (cara kerja). Misal secara eksternal dengan menambahkan berbagai macam jenis tanaman atau bunga-bunga yang indah, ada aquariumnya dan sebagainya. Sedangkan secara internal kalian bisa memberikan berbagai sistem. Misal setiap datang 3 kali , akan kalian beri satu kali gratis, atau mungkin kamu bisa membuat progam lain.

Dengan berani tampil beda, asalkan itu memberi kesan lebih elegan maka segera buat saja, jangan sampai ide yang terlintas dalam pikiran Anda akan diwujudkan oleh orang lain terlebih dahulu. Kan sayang, ide itu mahal harganya, tapi wujud nyata dari sebuah ide itu lebih mahal harganya.

Ide lain yang bisa kalian gunakan adalah menyediakan FREE WIFI. Dengan ini pasti banyak menyedot anak yang suka nongkrong untuk kumpul bareng bersama Anda. Dan pasti lama kelamaan akan mampir juga ke warnet.

7. Berikan diskon, promo, bonus, hadiah, undian dan sejenisnya

Ini yang sering digunakan oleh berbagai jenis perusahaan baik kecil maupun besar untuk menarik daya beli konsumen. Karena dengan ini biasanya akan muncul suatu rasa ingin membeli lebih.

Perusahaan sekelas BRI atau lainnya juga sering menggunakan undian berhadiah sebagai alat menarik konsumen. Karena hadiah yang diberikan totalnya tidak ada seberapa dengan keuntungan yang nantinya akan didapat. Jadi sampai saat ini jenis promosi seperti ini akan selalu efektif.

Kalian bisa juga menggunakan promo, misal untuk tanggal 10-17 Agustus harga warnet diskon sampai dengan 50%. Asalkan banyak yang tahu promo ini, maka ini akan memberikan dampak keuntungan juga terhadap dirinya.

Dengan menggunakan sistem afiliasi juga bisa, misal apabila bisa mengajak 3 orang teman untuk datang ke warnet Anda, maka akan diberi akses gratis selama 1 jam di warnet Anda. Selain bisa meningkatkan jumlah pengunjung, ini juga dapat untung yang berlipat. Intinya berkorban sedikit demi sesuatu yang lebih besar.

Di tempat saya dulu juga ada warnet yang bagi bagi iPhone gratis, tapi syaratnya harus sering main disitu dan membayar uang pendaftaran lalu ditantang untuk bisa menghabiskan 10 botol frestea tanpa henti. Ini juga menarik minat banyak orang untuk ikut berpartisipasi dalam acara ini, dan warnetnya juga semakin terkenal dan makin ramai.

8. Komputer berkualitas dan murah selalu utamakan

usaha warnetMemilih komputer dan perangkatnya juga harus benar-benar diperhatikan, jangan sampai salah pilih, karena bisa bisa Anda akan merugi kedepannya. Jadi dalam memilih produk hadapkan pada 2 hal, yaitu kualitas yang baik dan harga yang murah/terjangkau.

Untuk mengantisipasi hal ini, sekarang ada seseorang yang memang menjual perangkat komputer dengan harga yang miring walaupun kualitas dari komputer juga OK. Tapi belinya dalam jumlah paket, misal 10 komputer sekaligus, 20 paket, 25 paket. Misal satu komputer seperangkat harganya 4 juta, kalo beli paket 10 komputer cuma 30 juta. Ini lebih ngirit pengeluaran dana. Kan bisa dimanfaatkan untuk hal lainnya sisanya.

Tapi Anda jangan sekali-kali beli barang yang maunya murah tanpa memperhatikan kualitas dari produk itu sendiri. Bisa fatal nantinya. Setiap hari ada aja yang diservis, layar mati lah, tombol keyboard ada yang tidak berfungsi, suara tidak keluar, error, ngelag dan sebagainya.

Dari pada murah tapi mengecewakan lebih baik sedikit lebih mahal tapi memuaskan diri kita. Betul bukan? Karena nantinya jika banyak yang rusak pelanggan warnet Anda satu persatu akan lenyap entah kemana.

9. Perhatikan kecepatan ‘loading dan koneksi internet tempat Anda

Saya pernah pergi ke warnet yang tidak biasa kesana, dan ternyata saat semua komputer online, wahhh leletnya minta ampun, buat buka Facebook aja 20 menit Belum ke load semua, apalagi sama buat yang lain. Tentunya ini mengecewakan dan tidak mau lagi ketempat itu.

Ada beberapa alasan mengapa koneksi internet untuk warnet lambat:

*. Tempat lokasi Anda berada
*. Settingan dari komputer
*. Kekuatan sinyal
*. Jenis kuota yang dipilih
*. Provider
*. Modem atau dari Mifi yang kurang baik

Beberapa hal di atas bisa membuat Anda merasa sangat jengkel ketika ingin menemukan sesuatu dari Internet, apalagi bagi pebisnis online atau blogger, pasti akan tambah ruwet masalahnya.

Jadi jangan sampai ada masalah pada koneksi internet Anda ya, gunakan koneksi internet tercepat ya. Namun bila itu karena memang lokasi Anda di desa terpencil, pasti pengunjung warnet juga memahami.

10. Selalu lakukan service setiap periode

Tips mendirikan usaha warnet yang terakhir yaitu agar selalu rutin melakukan servis pada komputer dan perangkat nya. Dengan perawatan berkala ini akan menghindarkan dari potensi kerusakan yang lebih besar lagi. Jika kerusakan lebih besar, maka kerugian juga akan semakin besar.

usaha warnet

Maksimal 3 bulan sekali lakukan service, pengecekan keamanan, dan lainnya pada komputer Anda. Jangan sampai dibiarkan terus lalu rusak dan akan mati total nantinya. Ini bisa menghambat kemajuan usaha warnet Anda.

Tak hanya itu, misal kursi ada yang goyang dan tidak kokoh bisa kalian ganti, Mouse yang suka macet bisa kalian ganti, atau masalah yang sering dialami pengunjung bisa segera dicatat dan diservis.

Soal keamanan warnet juga penting loh, jadi untuk operator agar bisa mengecek setiap seseorang selesai dan keluar. Siapa tahu ada flashdisk yang tertinggal, HP yang lupa kebawa atau sesuatu lainnya. Dan itu segera diamankan jika suatu saat dia datang dan menanyakan kembali, maka Anda tinggal menyerahkannya.

Hal sekecil itu juga sangat penting dan berpengaruh terhadap kepercayaan dan kepuasan pelanggan. Karena bagaimanapun mereka akan senang bila segalanya dapat berjalan dengan baik.

Baca : 10 Peluang Bisnis Skala Rumah Tangga yang Paling Menjanjikan

Demikianlah 10 tips mendirikan usaha warnet yang wajib Anda tahu. Jadi bagaimanapun juga apapun usaha kita asal itu tidak merugikan orang lain, maka itu bisa kalian pertahankan dan kembangkan.

Semoga pembahasan kali ini bisa menambah wawasan Anda yang ingin mendirikan usaha warnet di sekitar tempat tinggal rumah atau membuat tempat khusus untuk warnet. Terima kasih.


Loading...

Bagikan

Blogedewek

Penulis

Salam kenal semuanya, Saya Mas Mus. Hobi saya membaca. Suka nulis juga di klikmania tercinta ini. Saya juga pemilik dari tokofora.com, sebuah toko online terpercaya.

Komentar

    Avatar

    Coenwl

    ( - 11:28)

    Makasih gan informasinya sangat bermamfaat

    Avatar

    Saya rasa yang terpenting dari usaha warnet di era sekarang adalah target pasar yang harus spesifik, misalnya seperti pelajar ataupun para gamer, karena pada umumnya meskipun mereka memiliki gadget tapi masih sangat sedikit yang memiliki komputer ataupun laptop, sehingga masih sangat potensi untuk pergi ke warnet

    Sedangkan untuk orang deawasa, kantoran atau karyawan, umumnya mereka sudah memiliki laptop maupun komputer sendiri, jadi sangat sedikit sekali potensi pasar dari sini

    Avatar

    arman

    ( - 04:16)

    terus tempat mesan yg bagusnya dimana yah

    Avatar

    arman

    ( - 04:15)

    mas paket untuk 10 unit komputer berapa yah

    Blogedewek

    Blogedewek

    ( - 11:54)

    betul mas, stretegis adalah syarat primer.

    Avatar

    Kontenxyz

    ( - 11:48)

    yang penting fasilitasnya nyaman, akses internet cepet udah jadi rujukan banyak orang untuk ngenet ke tempat kita ..

    Avatar

    warnet game online banyak peminatnya mas, anak-anak masih suka maen game seperti counter strike, point blank dan sebagainnya masih cukup rame warnet jenis ini .. walaupun banyak saingannya 😀

    Avatar

    Mas Mp3

    ( - 11:42)

    terimakasih atas tips nya mas, bisa dicoba nanti kalau mau mendirikan warnet biar sukses! hehehe

    Avatar

    Muzaku

    ( - 11:41)

    point pertama yang paling penting mas, tempat harus strategis .. biar lancar 😀

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *