Spec Vivo NEX Smartphone

Wajib Tahu! Vivo NEX Smartphone Flagship Terbaru Layarnya Dapat Mengeluarkan Suara Dengan Kamera Seperti Periskop

Bocoran Vivo NEX – Pada bulan Februari yang lalu Vivo memamerkan Smartphone mereka yang diberi nama dengan Vivo APEX. Ternyata Vivo APEX tersebut adalah Smartphone terbaru Vivo yang akan dinamakan Vivo NEX.

Bocoran harga dan spesifikasinya pun sudah mulai bertebaran di internet. Smartphone tersebut memiliki fitur yang sangat canggih dan sangat berbeda dengan Smartphone terbaru lainya.

Smartphone tersebut hampir tidak mempunyai Bezel (Bezel less). Vivo NEX juga mempunyai fitur yang benar-benar canggih dan dikolaborasikan dengan SoC/Chipset berkekuatan Monster.

Baca jugaVivo Y83 Smartphone Kelas Mid-Range Terbaru Dengan Bezel Tipis dan Fitur Lengkap

Penasaran Detailnya?

Detail Vivo NEX

Source: GSMarena

Mari kita bahas jenis dan ukuran layar yang digunakan sebelum membahas Harga dan Spesifikasi yang lain.

Vivo NEX akan menggunakan jenis layar yang sangat berbeda yaitu Flexible OLED berukuran 5.99-inch, dengan Aspect Ratio 18:9, Beresolusi FullHD+.

Tidak hanya OLED memberikan warna dan contrast yang jauh lebih baik dari semua tipe layar. OLED juga tidak mempunyai Backlight yang menjadikan layar tetap terlihat jelas meskipun dibawah sorotan sinar matahari secara langsung.

Loading...

Ukuran Bezel dibagian atas hanya berukuran 1.8mm, dan pada bagian bawah hanya 4.3mm. Hal tersebut menjadikan Smartphone ini terlihat seperti tanpa Bezel.

Fitur canggih yang lain yang dimiliki Vivo NEX adalah fitur Fingerprint Readernya. Tidak seperti Smartphone lain yang mempunyai Fingerprint Reader terletak pada bagian belakang Body.
Vivo NEX mengimplementasikan Fingerprint Reader tersebut dibagian dalam Layar.
Kamu hanya cukup meletakan jari kamu di bagian setengah bawah layar maka Smartphone akan memindai jari kamu secara otomatis.

Sudah dijelaskan bahwa ukuran layar Smartphone tersebut hampir 100% to body ratio. Hal tersebut menjadikan tantangan bagi Vivo untuk memasang komponen penting lainya seperti Earpiece dan speaker.

Source: Vivo

Berbeda dengan Smartphone lain yang memasang Earpiece/Speaker pada bagian bawah/atas Smartphone. Vivo menggunakan teknologi yang hampir sama dengan Xiaomi mi mix namun lebih canggih lagi. Teknologi tersebut dinamakan Screen SoundCasting Technology.

Cara kerja Screen SoundCasting Technology adalah dengan menggunakan piezoelectric speaker yang menggetarkan semua bagian layar agar dapat memproduksi serta merekam suara. Sanggat canggih bukan?

Chipset Vivo NEX

Vivo NEX Smartphone
Source: Qualcomm

Tak tanggung-tanggung Vivo NEX akan langsung menggunakan Chipset/SoC Flagship yaitu Qualcomm Snapdragon 845.

Snapdragon 845 adalah SoC sering digunakan untuk Smartphone flagship bahkan Gaming Smartphone seperti Xiaomi Black Shark. Dengan 8x Kryo 385 CPU berkecepatan 2.8GHz dan Adreno 630 GPU performa SoC ini tidak perlu diragukan lagi.

Snapdragon 845 memiliki fitur seperti Qualcomm Quick Charge™ 4+ technology yang mampu mengisi baterai sebesar 50% hanya dalam waktu 15Menit.

Fitur lain adalah Qualcomm Spectra 280 ISP yang memungkinkan kamera untuk memiliki fitur seperti:

  • Multi-frame Noise Reduction (MFNR) with accelerated image stabilization (Mengurangi goncangan agar hasil gambar tetap terlihat tajam dan jelas)
  • Hybrid Autofocus with support for dual phase detection (2PD) sensors (Agar kamera dapat fokus lebih cepat dan akurat)
  • Ultra HD Premium video capture @ 4K (3840×2160) 60fps, 10bit HDR, Rec 2020 color gamut (Memungkinkan kamera untuk merekam video beresolusi dan FPS yg tinggi serta memiliki warna yang lebih luas)
  • dan 3D structured light active depth sensing, with accelerated face detection/recognition (Untuk memberikan efek background blur dan fitur AI lainya seperti Face Unlock)

Fitur tersebut dapat membantu memberikan hasil gambar yang maksimal dengan sangat mudah.

Kamera Vivo NEX

Vivo NEX Smartphone
Source: Vivo

Fitur unik dan menarik yang dimiliki Vivo NEX adalah kameranya, Berbeda dengan Smarphone bezel less lainya yang mengimplementasikan kamera selfie dibagian dalam layar atau di Notch, Vivo menggunakan teknologi yang berbeda.

Karena ukuran layarnya yang hampir 100% to body ratio dan fitur lain seperti fingerprint reader dan Screen SoundCasting Technology yang di tanam di dalam layar. Hal tersebut tidak memungkinkan Vivo untuk menanam kamera selfie di dalam layar Flexible OLED tersebut.

Source: tecnobuffalo

Vivo memutuskan untuk menggunakan metode yang cukup unik dan menarik. Kamera diletakan di bagian atas Smartphone dan jika digunakan kamera tersebut akan muncul layaknya Periscope pada kapal selam.

Kamu tidak perlu secara manual menarik kamera tersebut dengan tangan kamu, Vivo NEX menggunakan Motor khusus untuk kamera tersebut. Jadi ketika kamu menggunakan fitur kamera, Kamera tersebut secara otomatis akan muncul dengan kecepatan 0.8S hampir kurang dari 1 detik. Benar-benar unik ya?

Source: Vivo

Walaupun sensor yang digunakan hanya 8MP, Kualitas lensa dan sensor yang digunakan lebih bagus dari Selfie Focus Smartphone lain yang menggunakan 16-24MP sensor.

Hal itu memungkinkan kamera selfie Vivo memberikan kualitas gambar yang tidak kalah bagusnya. Lagipula Megapixel juga sedikit pengaruhnya terhadap kualitas gambar.

Namun karena kamera tersebut muncul dari atas, Kamu harus berhati-hati untuk tidak mematahkan kamera nya.

Vivo NEX akan menggunakan Dual Camera sebagai Main-Camera, Akan tetapi belum ada detail jelas mengenai kamera tersebut. Tapi kemungkinan akan menggunakan 16MP sensor yang digabung dengan Secondary sensor untuk fitur AI seperti fitur Bokkeh, HDR, Dll

Summary Specs

Chipset: Qualcomm Snapdragon 845/Snapdragon 710 ( 8x Kryo 385 CPU 2.8GHz & Adreno 630)
Memory: Unknown ???
Display: Flexible OLED 5.99″ Inch 18:9, FullHD+ nearly 100% to body ratio
Camera: 16MP + Unknown Secondary Sensor (Rumoured) & 8MP Selfie Camera
OS: Unknown???
Battery: Unknown ???

Harga dan Varian

Sayangnya belum ada kabar resmi mengenai harga dan varian Vivo NEX ini termasuk detail lain seperti Konfigurasi Memory dan Baterai yang digunakan.

Namun rumor mengatakan bahwa Vivo NEX akan dibandrol dengan harga $1090 USD atau sekitar 15.2 Juta Rupiah.
Rumor yang lain juga mengatakan bahwa akan ada versi murah nya yang menggunakan SoC Snapdragon 710 dan dibandrol dengan harga $780 atau sektiar 11 Juta Rupiah.

Cukup mahal, Namun mengingat fitur nya yang super canggih dan chipset yang digunakan sendiri adalah Snapdragon 845. Maka tidak heran jika Vivo NEX dibandrol dengan harga tinggi, Lagipula Smartphone tersebut adalah Smartphone Flagship.

Info resmi akan diluncurkan di china pada tanggal 12 bulan ini, Smartphone ini benar-benar canggih dan berbeda dari Smartphone yang lain bukan?

Jadi kita bersabar saja, Tunggu kabar resmi nya pada tanggal 12 Juni ini dan tunggu hingga Smartphone tersebut masuk ke Indonesia.


Loading...

Bagikan

Averyzalia

Penulis

Penulis artikel bertema Tech, Personal Computer dan PC Gaming mulai dari level dasar hingga mendalam. I am here to EDUCATE you.

Komentar

    Avatar

    Kalau lihat spek smartphone kaya vivo yang satu ini, badan mendadak merinding gan.. kepengen beli tapi uang selalu kurang 😀

      Averyzalia

      Averyzalia

      ( - 01:27)

      Hahaha benar 15 juta itu sudah dapat motor itu kak, Beli hp biasa aja lah yg penting fungsional. Qlo mengikuti trends ga ada habis nya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *