Aplikasi Web Browser Terbaik Tahun 2018

10 Aplikasi Web Browser Terbaik Tahun 2018 untuk Browsing Cepat dan Aman

Apakah Anda masih kebingungan mencari aplikasi web browser terbaik di tahun 2018?, Anda mungkin telah mendarat dihalaman web yang tepat, karena kali ini Anda akan mengetahui daftar 10 aplikasi web browser terbaik untuk Anda gunakan pada berbagai system operasi.

Web browser bisa dikatakan sebagai sebagai pintu ruang informasi yang kita kenal sebagai world wide web. Yang harus Anda lakukan adalah mengetikkan URL di address bar, dan browser Anda

Selanjutnya web browser akan menampilkan situs web yang menyertakan hal-hal teknis seperti menghubungi server DNS untuk mendapatkan alamat IP dari situs web.

Web browser juga bisa digunakan untuk mengakses informasi pada beberapa server pribadi atau memutar video lokal yang tersimpan pada perangkat Anda.

Dengan sejumlah fitur yang disediakan, web browser dapat digunakan sebagai pengelola kata sandi, pengelola unduhan, pengisi formulir otomatis, dll.

Tentu untuk mencari sebuah informasi di Internet, orang selalu menginginkan agar mereka mendapatkan browser tercepat.

Selain itu, dilengkapi dengan ekstensi dan plugin adalah kualitas lain yang harus disediakan oleh web browser. Dan berikut daftar browser internet yang cepat dan gratis yang bisa coba tahun ini.

Baca juga :

Loading...

10 Aplikasi Web Browser Terbaik tahun 2018

1. Google Chrome

Web Browser Terbaik
Sumber: Google Chrome

Platform yang didukung: Windows, Linux, macos, Android, iOS, Chrome OS

Saat Google pertama kali mengenalkan Chrome di tahun 2009, Google dengan cepat bangkit di tangga popularitas karena merupakan browser web tercepat saat itu.

Sebagai browser web yang paling banyak digunakan saat ini dengan pangsa pasar lebih dari 60%, Google bertanggung jawab bahwa Chrome mempertahankan standar saat mempercepat dan menyediakan fitur kepada pengguna.

Selain fitur browser dasar seperti pengelolaan bookmark, ekstensi, tema, mode penyamaran, dll. Satu hal yang tentu disukai oleh pengguna tentang Chrome adalah pengelolaan profil.

Fitur ini memungkinkan beberapa orang untuk menggunakan peramban yang sama tanpa mendapatkan riwayat internet, riwayat unduhan, dan hal-hal lain yang digabungkan.

Bagi pengguna yang terganggu oleh iklan, Google Chrome pun dilengkapi dengan ekstensi pemblokir iklan yang bisa Anda pasang kapan saja.

Hal ini yang membuat Chrome menjadi salah satu aplikasi Web Browser terbaik yang kaya akan fitur.

Jika Anda telah masuk ke akun Google, maka Google Chrome dapat dengan mudah menyinkronkan riwayat, tab, bookmark, sandi, dll. Cukup menakjubkan bukan?

2. Mozilla Firefox

Mozilla Firefox
Sumber: Mozilla Firefox

Platform yang Didukung: Windows, Linux, macos, Android, iOS, BSD

Tahun lalu, Firefox telah berhasil merilis Firefox 57 alias Quantum. Firefox yang baru jauh lebih cepat dari pada versi sebelumnya, dan bisa dikatakan menjadi pesaing web browser terbaik dan terbesar Google Chrome.

User Interface didesain ulang Firefox dan banyak fitur baru mungkin memaksa orang untuk bisa beralih browser dengan Firefox.

Dilengkapi dengan alat screenshot inbuilt suatu poin plus bagi web browser, sehingga Anda bisa dengan cepat mengambil screenshot panjang dari halaman web .

Saat menggunakan mode Pribadi, Mozilla Firefox menggunakan fitur yang disebut Pelacakan Perlindungan “Tracking Protection” untuk mencegah permintaan dari pelacakan domain, sehingga memuat halaman web dengan sangat cepat.

3. Microsoft Edge –  Web browser terbaik untuk Windows 10

Microsoft Edge
Sumber: Microsoft Edge

Platform yang Didukung: Windows 10, Xbox One, Android, iOS

Semua orang tahu bahwa Microsoft merilis Edge sebagai pendukung atau alternatif dari browser Internet Explorer.

Kini, sepertinya Microsoft Edge tidak diragukan lagi berada di antara perangkat lunak peramban web browser terbaik untuk Windows 10, Dan baru-baru ini, Microsoft merilis untuk versi Android dan iOS.

Meskipun kebanyakan orang belum banyak yang memakai Microsoft Edge ini untuk menjadi browser utama, namun jika Anda mencoba untuk menggunakan Microsoft Edge, ternyata juga memiliki banyak fitur yang sangat berguna.

Anda dapat mengatur tab samping untuk memberi ruang bagi tab browser baru dan menyediakan akses ke bookmark, riwayat internet, unduhan, dll.

Selain itu, Ekstensi Catatan bawaan sangat membantu dan ini memungkinkan pengguna untuk menambahkan catatan, menyoroti sesuatu, menulis dan menyimpan halaman web pada perangkat.

Microsoft Edge juga dilengkapi dengan tombol Bagi yang bisa digunakan untuk berbagi halaman web secara langsung melalui email atau aplikasi sosial seperti Skype, Twitter, Facebook, tambahkan ke Cortana Reminders, dll.
Tak hanya itu saja, Microsoft Edge juga hadir dengan mode bacaan yang cukup berguna saat membaca artikel. Dimana Anda bisa menggunakannya ketika situs web memiliki banyak iklan supaya tidak terganggu.

Mengenai ekstensi, Microsoft Edge hanya memiliki 76 ekstensi dan hanya tersedia di Microsoft Store. Salah satu alasan mengapa seseorang dapat memilih Edge adalah browser web teratas ini lebih terintegrasi dengan Windows 10 daripada browser lainnya.

4. Opera

Opera
Sumber: Opera

Platform yang Didukung: Windows, macOS, Linux, Android, iOS, Basic Phones

Anda dulu mungkin ingat dengan baik menggunakan Opera Mini di ponsel bersistem operasi Java.

Opera baru-baru ini menjadi berita utama saat pengembang mengumumkan penambahan fitur baru untuk menghentikan cryptojacking ketika orang menggunakan web browser.

Versi desktop browser web mencakup beberapa fitur yang biasanya dirancang untuk smartphone, seperti, mode kompresi data, dan penghemat baterai.

Fitur menarik lainnya yang bisa dipamerkan Opera sebagai Web Browser terbaik adalah built-in blocker, tool screenshot, layanan VPN, converter mata uang, WhatsApp, Facebook Messenger, VK, Telegram, dll.

Anda dapat menggunakan Opera untuk mendapatkan berita harian Anda dengan bantuan fitur yang disebut Berita Pribadi di mana Anda dapat menambahkan sumber pilihan Anda.

Adapun untuk menemukan opsi Settings dan Download, fitur ini dapat diaktifkan atau dinonaktifkan dalam menu konteks setelah melakukan klik kanan di sidebar.

Baca : Fitur Keren Browser Opera Yang Harus Kamu Ketahui

Sama halnya seperti aplikasi peramban web lainnya, Opera juga mendukung sinkronisasi lintas perangkat untuk mempermudah penjelajahan di semua perangkat tempat Anda menggunakan akun Opera Anda.

Mengenai ketersediaan ekstensi, browser opera sudah tidak diragukan lagi lebih dari 1000+ jumlah ekstensi Opera asli jauh lebih tinggi daripada Edge namun sangat kurang dari Chrome dan Firefox. Namun, ini bisa mencakup kebutuhan Anda.

Satu rasa kepuasan berasal dari mengetahui bahwa pengguna dapat memasang ekstensi Chrome di Opera. Itu karena browser sudah mulai menggunakan mesin yang sama seperti Chromium.

5. Chromium

Chromium
Sumber: Chromium

Platform yang Didukung: Windows, Linux, macos, Android, BSD

Jika saat ini Anda menggunakan Google Chrome, Anda tidak akan memiliki masalah saat beralih ke Chromium yang hadir di sistem Linux.

Dengan tampilan dan nuansa yang elegan serta dilengkapi dengan berbagai fitur, Chromium sama halnya dengan Chrome sebagai Web Browser terbaik.

Anda dapat masuk menggunakan akun Gooogle, data sinkronisasi, ekstensi unduhan, dan lainnya. Jika Anda memasang kedua browser di sistem Anda, Anda dapat dengan mudah melihat Chromium dengan melihat logo berwarna biru.

Namun, ada perbedaan yang bisa membantu pengguna membuat pilihan yang lebih baik. Misalnya, alternatif browser Chrome ini tidak mendukung pembaruan otomatis, tidak disertakan dengan komponen pemutar, tidak mendukung codec video, codec eksklusif, dll.

6. Vivaldi

Vivaldi
Sumber: Vivaldi

Platform yang Didukung: Windows, macOS, Linux

Vivaldi baru berusia satu tahun, namun masih berada di antara aplikasi peramban web yang perlu diperhitungkan dan masuk ke dalam web browser terbaik terbaik yang bisa digunakan orang.

Diciptakan oleh pendiri Opera Software Jon Stephenson von Tetzchner dan Tatsuki Tomita. Saat menggunakan Vivaldi, hal yang cepat Anda perhatikan adalah UI adaptifnya yang berubah sesuai dengan skema warna situs web yang Anda jelajahi.

Vivaldi juga berbasis pada Blink, tapi ini dimaksudkan untuk menghidupkan kembali banyak fitur Opera yang dikorbankan selama transisi Opera dari Presto ke Blink.

Browser ini sangat mirip dengan Opera dengan sidebar yang sama di sisi kiri. Tapi tingkat kustomisasi yang diberikan, seperti untuk address bar, tab bar, dll, inilah yang membuat Vivaldi masuk jajaran web browser terbaik.

Selain dilengkapi dengan alat pencatat pada sidebar, Anda juga bisa menambahkan situs web apapun ke sidebar sebagai panel web. Sehingga Anda dapat mengakses situs web kapan saja melalui tampilan layar terpisah.

7. Torch Browser – Browser untuk download torrent

Torch Browser
Sumber: Torch Browser

Platform yang Didukung: Windows

Meskipun browser ini tidak sepopuler Chrome, Firefox, atau Edge, namun browser berbasis Chrome untuk Windows tentu layak mendapat tempat di daftar 10 web browser terbaik untuk Windows, karena fitur yang disediakannya.

Jika Anda penggemar dunia BitTorrent, Anda akan mulai menyukai Torch Browser karena dilengkapi dengan downloader built-in. Anda dapat melihat daftar 2018’s Top 10 torrent sites untuk menemukan torrents favorit Anda.

Ada alat media grabber yang bisa digunakan untuk mendownload streaming video dan file audio dari halaman web. Torch Browser juga menyertakan akselerator download yang khusus dirancang untuk pengguna yang suka mendownload setiap hari.

Torch Browser juga dapat memutar video dan torrents yang sebagian didownload dan juga menyertakan pemutar musik yang sumber kontennya dari YouTube.

Untuk mengubah tema profil Facebook, Torch Browser dilengkapi dengan fitur Facebookphiles atau Torch Facelift.

Torch Browser mendukung login akun Google Anda untuk aktivitas browsing dan data lainnya antar perangkat. Namun, Anda akan mulai merasakan perbedaan saat mengunjungi layar Setelan yang tidak menampilkan desain material karena didasarkan pada Chromium versi lawas.

8. Maxthon Cloud Browser

Maxthon
Sumber: Maxthon

Platform yang Didukung: Windows, macOS Linux, Android, iOS, Windows Phone.

Maxthon yang ada sejak tahun 2002 yang mulanya digunakan hanya untuk windows, kini sudah mendukung platform lainnya.

Browser web gratis ini dilengkapi dengan alat untuk menangkap video dari halaman web, built-in Adblock Plus, mode malam, alat screenshot, klien email, manajer kata sandi, alat pengambilan catatan, dll.

Selain itu, Maxthon Cloud Browser ini juga menyediakan akses ke alat umum Windows seperti Notepad, Calculator , dll.

Maxthon memposisikan diri sebagai salah satu browser tercepat dengan memasang dua mesin rendering, WebKit, dan Trident.

Namun, ini mungkin tidak meyakinkan beberapa pengguna karena Trident yang dirancang Microsoft telah keluar dari pengembangan yang mendukung EdgeHTML.

Jika Anda mencari alternatif Firefox yang bagus, Maxthon adalah pilihan yang tepat.

9. Safari – Web Browser Terbaik, dibuat untuk penggemar Apple

Safari
Sumber: Safari

Platform yang Didukung: MacOS, iOS

Safari bisa menjadi alternatif yang baik bagi pengguna Google Chrome dan Firefox untuk sebuah perubahan. Sebelumnya, Safari tersedia untuk Windows, namun Apple menutupnya beberapa tahun yang lalu.

Peramban web teratas dari Apple kini hanya bisa digunakan oleh pengguna MacOS dan iOS saja.

Safari memberikan tingkat kenyamanan yang cukup signifikan termasuk toolbar yang dapat disesuaikan, kemampuan untuk mencari tab, mendapatkan gambar dalam gambar di hampir setiap halaman web, tampilan pembaca, sinkronisasi iCloud, dll.

Sama seperti tombol Edge’s Share, pengguna Safari bisa berbagi dengan menggunakan AirDrop meski tanpa meninggalkan web browser.

Mengenai ekstensi, Safari mungkin tidak memiliki ekstensi sebesar Chrome dan Firefox, namun ekstensi yang disediakan bisa memenuhi semua kebutuhan Anda.

10. UC Browser

UC Browser
Sumber: UC Browser

Platform yang Didukung: Windows, Android, iOS, Basic Phones

UC Browser tergolong web browser yang mencuri perhatian dan masuk kategori web browser terbaik untuk pengguna Android.

Namun jangan salah, UC Browser juga tersedia untuk platform lain termasuk Microsoft Windows. Baik sebagai aplikasi desktop dan aplikasi UWP untuk Windows 10.

Tampilan versi PC dari UC Browser sama-sama menarik seperti browser terkenal lainnya. Selain itu, UC Browser hadir dengan built-in password manager dan kemampuan cloud sync dengan perangkat lain.

Pengguna dapat memanfaatkan gerakan mouse browser untuk maju, mundur, menutup tab saat ini, mengembalikan tab yang baru ditutup, menyegarkan, dll.

Bagi pengguna dengan kebutuhan browsing web umum, UC Browser bisa menjadi salah satu browser tercepat yang bisa Anda pilih.

Namun, kelemahannya adalah kurangnya ekstensi dan beberapa pengguna memilih UC Browser hanya sebagai alternatif.

Nah, itulah ke 10 aplikasi web browser terbaik tahun 2018 yang bisa Anda gunakan untuk berbagai platform. Manakah browser favorit Anda?


Loading...

Bagikan

Avatar

Penulis

Berupaya menjadi orang yang bermanfaat khususnya bagi orang tua dan tentunya para pembaca setia Klikmania.Net

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *