Internet

Windows Movie Maker, Cara Mudah Untuk Edit Video

Windows Movie Maker – Barangkali disini ada yang mau menjadi Youtubers, meski belum tahu mau membuat konten apa atau tidak bisa menjalankan software editing video.

Jika memang begitu adanya, software Windows Movie Maker sangat dianjurkan untuk teman-teman sekalian yang ingin mengawali atau belajar tentang editing video.

Semoga penjelasan ringkas yang akan dipaparkan ini bermanfaat, selamat menyimak.

Membuat Gambar Slide

Sebelum membuat gambar slide, silahkan teman-teman mengunduh WMM (Windows Movie Maker) disini. Apabila sudah mengunduh, kemudian lakukan penginstalan di PC dan apabila semua proses sudah selesai, silahkan buka aplikasi WMM dan kita sudah siap membuat gambar slide.

Langkah pertama adalah :

  • Klik “Here to browse” untuk memilih gambar yang akan dibuat slide.

windows movie maker

  • Apabila sudah dipilih, silahkan klik “Animations” untuk memberikan efek slidenya.

windows movie maker

  • Pilih animasi yang akan digunakan, dan lakukan klik di depan gambar untuk memberikan efek animasinya.
  • Pada gambar warna hitam saya menggunakan animasi “Cinematic – Fade Through Gray”, kemudian yang berwarna merah menggunakan “Bow Tie – Horizontal” dan yang berwarna hijau menggunakan “Bars – Vertical”.

windows movie maker

Loading...
  • Semua proses sudah selesai, kemudian lakukan penyimpanan dengan klik “home – save movie” untuk memilih penyimpanan Youtube, HD atau Audio Only. Dan berikut ini link video yang tadi dibuat.

Fitur lainnya dari windows movie maker

Selain membuat gambar slide, kita juga bisa menambahkan caption pada video yang kita buat. Untuk menambahkannya, silahkan masuk di menu “home – caption” dan setelah itu masukkan tulisan yang dikehendaki dengan ukuran, warna, beserta gaya tulisan yang diingini.

Selain membuat slide dan caption kita juga bisa memotong video dengan menggunakan WMM. Dan berikut langkah yang harus dilakukan :

  • Klik “Here to browse” untuk memilih video yang akan dipotong.
  • Video yang berukuran besar akan membutuhkan waktu lama dalam proses editing, adapun yang berukuran kecil akan semakin cepat.

windows movie maker

  • Apabila sudah selesai, silahkan cari bagian yang ingin dipotong.

windows movie maker

  • Apabila kita mengklik Split, maka video akan terpotong menjadi dua. Adapun Set End Point video akan langsung berakhir, dan apabila semua proses sudah selesai lakukan penyimpanan untuk Youtube, HD, atau Audio Only.

Masih Bisa Dijelajahi

Meski tak terlalu hebat dalam fitur-fitur yang diberikan, setidaknya WMM dapat memberikan ruang untuk kita yang ingin belajar editing video. Selain mudah dipelajari bagi newbie, WMM juga gratis.

Demikianlah penjelasan ringkas tentang Windows Movie Maker yang semoga bermanfaat bagi teman-teman pembaca sekalian. Dan pastinya masih ada beberapa fitur lain yang bisa kalian pelajari sendiri, karena semuanya tidak bisa dibahas disini lantaran keterbatasan ilmu.

Baca juga : Aplikasi Edit Video untuk Youtubers Pemula



Loading...

Tags
Baca selengkapnya

Artikel terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button