wisata di sepanjang jalur pantura

Rekomendasi Wisata di Sepanjang Jalur Pantura untuk Hilangkan Penat Saat Mudik

Tempat Wisata di Sepanjang Jalur Pantura – Jalur Pantura merupakan jalur yang menjadi perhatian menjelang lebaran, terutama bagi para pemudik yang menggunakan transportasi darat. Kemacetan yang panjang merupakan hal yang biasa terjadi di jalur ini saat puncak mudik lebaran.

Nah, daripada mengeluh karena penat dan jenuh menunggu macet berlalu, mending sejenak mampir dulu ke tempat wisata di sepanjang jalur Pantura yang menyenangkan seperti tempat-tempat berikut ini.

  1. Monumen Kapal Selam (Monkasel), Surabaya

wisata di sepanjang jalur pantura
Monumen Kapal Selam Surabaya, Foto via hardrockfm.com

Jika kamu melewati Surabaya atau tiba di kota ini, coba saja mampir ke Monumen Kapal Selam. Disini terdapat kapal selam sungguhan yang pernah digunakan oleh Angkatan Laut RI sejak tahun 1962. Kapal selam ini bernama KRI Pasopati 410 yang merupakan buatan Rusia.

Di monumen ini kita dapat menjelajah isi kapal selam yang sudah dipensiunkan ini. Selain itu, terdapat pula video dokumenter tentang sejarah KRI Pasopati 410 berserta Angkatan Laut RI yang bisa kita saksikan.

  1. Telaga Ngipik di Gresik, Tempat Wisata di Sepanjang Jalur Pantura yang Nyaman

wisata di sepanjang jalur pantura
Telaga Ngipik Gresik, Foto via redbluegreenarea.blogspot.co.id

Gresik merupakan salah satu kota yang terkenal sebagai kawasan industri. Kota ini juga terbilang panas dan cukup sibuk di Jawa Timur. Meski begitu, di kota ini juga terdapat telaga yang indah dengan pemandangan hijau yang menawan.

Sejenak singgah dan beristirahat di tempat ini cukup membantumu menghilangkan rasa lelah dan bosan karena perjalanan panjang menuju kampung halaman. Dan yang cukup mencengangkan yaitu, sebelum menjadi telaga yang menarik, tempat ini merupakan bekas galian tambang pabrik semen. Kini tempat tersebut menjadi salah satu wisata di sepanjang jalur pantura yang nyaman dan damai.

  1. Waduk Malahayu, Brebes

Waduk dengan pemandangan pegunungan dan hutan jati bisa menjadi tempat wisata di sepanjang jalur Pantura yang menakjubkan. Nah, di Brebes punya waduk seperti itu, yaitu Waduk Malahayu. Selain indah, objek wisata ini juga memiliki suasana yang tenang dan nyaman. Jadi, pas banget menjadi tempat istirahat bersama keluarga.

  1. Masjid Agung Jawa Tengah di Semarang, Bisa Ibadah Sambil Wisata di Sepanjang Jalur Pantura

wisata di sepanjang jalur pantura
Masjid Agung Jawa Tengah Semarang, Foto via tempatwisatadaerah.blogspot.co.id

Mudik memang asyik sekaligus melelahkan, tapi yang namanya ibadah tentu tidak boleh ditinggalkan. Jika Anda tiba di Semarang, jangan lupa mampir ke Masjid Jawa Tengah untuk beribadah disana. Masjid ini merupakan Masjid yang megah dengan arsitektur yang indah. Anda mungkin akan takjub dengan bagunan Masjid yang satu ini.

Loading...

Selain masjid, Anda juga bisa mengunjungi tempat bersejarah yang merupakan peninggalan jaman kolonial di Semarang. Misalnya saja Lawang Sewu yang sangat terkenal.

Baca Juga: Puri Maerokoco, Wisata Budaya dan Edukatif Kota Semarang

  1. Museum Batik di Pekalongan Menjadi Wisata di Sepanjang Jalur Pantura yang Pas untuk Para Pecinta Batik

Pekalongan terkenal sebagai Kota Batik. Tak heran jika kota ini menjadi incaran banyak orang untuk membeli beragam koleksi batik. Begitu juga dengan Anda, Anda juga bisa berbelanja beragam oleh-oleh batik untuk keluarga dan sanak saudara di kampung halaman.

Di Pekalongan juga ada Museum Batik yang memerkan ratusan koleksi batik, baik dengan corak modern ataupun corak klasik.

  1. Kampung Batik Trusmi di Cirebon, Salah Satu Wisata di Sepanjang Jalur Pantura untuk Belanja dan Mengisi Perut

Ingin belanja batik tapi tidak lewat Pekalongan, jangan khawatir. Anda bisa mampir ke Kampung Batik Trusmi di Cirebon. Tidak hanya terdapat batik dengan berbagai motif yang khas saja, di tempat ini Anda juga bisa mengganjal perut atau sekedar mencicipi kuliner khas Cirebon.

Ada beragam jajanan khas yang dijual disini mulai dari nasi lengko, nasi jamblang, empal gentong, ataupun tahu gejrot khas cirebon yang nikmat.

  1. Air Terjun Nglirip, Tuban

wisata di sepanjang jalur pantura
Air Terjun Nglirip Tuban, Foto via gotuban.blogspot.co.id

Selain telaga dan monumen, di sepanjang Pantura kita juga bisa mengunjungi air tejun yaitu Air Terjun Nglirip di Tuban. Air terjun di tempat ini memiliki ketinggian sekitar 25 meter dan dikelikingi oleh pemandangan yang hijau. Dengan mengunjungi tempat ini bisa jadi salah satu cara asyik menyegarkan mata dan badan.

Itu dia enam tempat wisata di sepanjang jalur pantura yang bisa Anda kunjungi jika ingin mudik sambil traveling. Buatlah rencana yang matang dan tempat mana saja yang ingin dikunjungi sebelum melakukan keberangkatan.

Selamat mudik! 🙂

Baca Juga: 10 Tempat Wisata Air Terindah Di Indonesia yang Membuat Ngiler Para Traveler



Loading...

Bagikan

diahz

Penulis

Suka menulis dan belajar banyak hal baru :)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *