Internet

Kawah Sikidang : Wisata di Wonosobo Yang Wajib Dikunjungi

Wisata kawah sikidang Wonosobo – Apakah Anda tahu kabupaten Wonosobo ? Ya, Wonosobo adalah sebuah kabupaten/kota yang terletak di provinsi Jawa Tengah. Kabupaten Wonosobo ini terkenal dengan udaranya yang sangat sejuk dan dingin, serta cukup menyegarkan bagi orang-orang. 

Jika Anda berkunjung ke Wonosobo, saya sangat menyarankan kepada Anda untuk mengunjungi tempat wisata yang bernama wisata kawah Sikidang yang terletak di daerah dataran tinggi Dieng.

Apa itu kawah sikidang ?

Source image : wikipedia/commons

Wisata Kawah sikidang adalah sebuah kawah yang ada di Dieng yang paling terkenal jika dibandingkan dengan kawah-kawah lainnya yang ada di Dieng. Letak kawah sikidang ini berada pada area vulkanik di dataran tinggi Dieng.

Kawah Sikidang juga termasuk ke dalam tempat wisata di Dieng yang cukup banyak diminati oleh para wisatawan baik dari dalam negeri (domestik) maupun dari luar negeri (mancanegara).

Itu karena, pada kawah ini telah disajikan keindahan pemandangan alam yang cukup memukau dan menghipnotis pandangan para wisatawan. Sehingga membuat mereka betah dan ingin terus mengunjungi kawah Sikidang.

Pada dasarnya, kawah sikidang adalah sebuah cekungan yang berisi kawah. Kawah itu ada karena adanya aktivitas gunung berapi yang ada di dataran tinggi Dieng. Walaupun pada dataran tinggi, letak kawah Sikidang ini terletak pada tanah yang cukup landai.

Jadi, jangan khawatir ketika mengunjungi tempat wisata yang satu ini karena medan yang ditempuh untuk sampai ke tempat wisata yang elok ini tidak susah.

Ciri Khas kawah Sikidang

Wisata Kawah sikidang
Source image : wikipedia/commons

Ketika di kawah sikidang, para wisatawan/pengunjung bisa melihat dengan jelas kobaran asap yang keluar dari kawah Sikidang. Jarang sekali, kawah yang bisa langsung dilihat oleh para wisatawan.

Tentunya, asap itulah yang menjadi ciri khas dari kawah Sikidang yang tidak ada di daerah lain dan membuat para wisatawan tertarik dengan keindahannya.

Pada sekitar kawah, telah dipasangi pagar dari kayu dengan alasan keamanan. Tujuannya adalah supaya  para pengunjung tidak jatuh dan tercebur ke dalam kawah tersebut.

Karena pada wisata kawah sikidang, terdapat kandungan belerang yang sangat tinggi dan sangat beracun seperti pada kawah-kawah pada umumnya. Sehingga sangat membahayakan kesehatan para pengunjung.

Hal itu bisa dirasakan dari aromanya yang khas belerang. Jika Anda mengunjungi wisata yang satu ini, pasti Anda dapat merasakan aroma khas belerang yang dapat dirasakan ketika Anda baru saja meletakkan kaki di wisata ini.

Hal penting yang harus dilakukan

Untuk itu, sangat dianjurkan bagi para wisatawan (termasuk Anda) untuk selalu menggunakan masker ketika mengunjungi wisata kawah sikidang ini dengan alasan kesehatan.

Anda juga wajib menaati peraturan/rambu-rambu yang telah dituliskan di dekat kawah.

Sebenarnya, di sekitar area kawah sikidang ini terdapat beberapa kawah kecil seperti kawah Candradimuka dan kawah Sileri yang juga tak kalah eloknya dengan kawah Sikidang. Namun, kawah-kawah kecil tersebut kurang jelas terlihat. Hanya kawah Sikidang yang paling jelas terlihat.

Tanah di kawah Sikidang juga tandus dan kebanyakan berwarna putih karena banyak tumbuhan mati akibat aktivitas kawah.

Selain itu, berdasarkan cerita dari masyarakat sekitar,  terdapat beberapa kawah yang sudah mati yang selalu berpindah-pindah seperti kijang. Itulah alasan mengapa kawah di daerah tersebut diberi nama Kawah Sikidang.

Tapi, ada juga versi lain dari legenda Kawah Sikidang. Intinya, versi ini menjelaskan bahwa kawah sikidang itu cukup ada hubungannya dengan anak yang memiliki rambut yang gimbal. Dan yang menjadi daya tarik pengunjung lainnya adalah telur rebus.

Di area kawah Sikidang, masyarakat lokal menjual telur mentah dan kemudian mereka merebusnya langsung pada sebuah kawah kecil yang terdapat air mendidih.

Tidak perlu menunggu lama, Anda hanya bisa menunggu kurang lebih 3 sampai 5 menit baru kemudian telur itu matang. Cukup cepat.

Selain itu, Anda pasti banyak menjumpai banyak penjual makanan olahan kentang. Itu karena, saking banyaknya tanaman kentang yang ada di sana. Harga kentang di daerah Dieng juga termasuk murah.

Biaya masuk wisata kawah sikidang

Untuk biaya mengunjungi objek wisata kawah Sikidang pada Dieng ini, tiap orang akan dikenakan biaya kurang lebih Rp. 8000.

Dan yang uniknya, di sekitar daerah kawah Sikidang terdapat penduduk lokal yang menyewakan burung hantunya yang jinak agar bisa berfoto bersama Anda. Tentunya, foto Anda akan lebih terasa mistis karena terdapat burung hantu.

Itulah keindahan yang terdapat pada objek wisata kawah Sikidang yang harus Anda kunjungi karena pemandangannya yang sangat menarik perhatian para wisatawan.

Baca juga : Wisata Sumur Jalatunda, Sumur Penuh Misteri di Dieng


Loading...
Baca selengkapnya

Artikel terkait

2 Comments

  1. Saya sudah pernah kesini waktu itu liburan sendiri masuk dr candi arjuna dan tiketnya 1 karena 1 kawasan, dan ternyata dari candi arjuna ke kawah sikidang itu jauh juga jalannya hahahhaha

    Maaf komentar sebelumnya keklik langsung.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close