Internet

8 Wisata Rumah Hobbit: Tempat Wisata di Lembang, Jogja dan Seluruh Indonesia

Wisata Rumah Hobbit di Indonesia~Wisata rumah hobbit tengah menjadi trend tempat wisata di beberapa daerah. Wisata rumah hobbit di Farmhouse telah menjadi tempat wisata di Lembang Bandung yang populer sejak lama.

Sedangkan wisata rumah hobbit di Mangunan Bantul dan rumah hobbit di Kepuharjo baru saja muncul sebagai tempat wisata di Jogja yang melejit dan banyak muncul di timeline akun akun instagram yang mengunggah tempat wisata di Jogja.

Wisata rumah hobbit memang memiliki daya tarik tersendiri. Wisata rumah hobbit adalah wahana tempat wisata berbentuk rumah mini yang mengadopsi dari film The Lord of the Rings atau film The Hobbit. Karena keunikannya, wisata rumah hobbit terus berkembang dan ditiru di beberapa daerah di Indonesia.

Tempat wisata di Malang Jawa Timur, tempat wisata di Magelang, tempat wisata di Purbalingga, bahkan tempat wisata di Karanganyar dan Blitar juga memiliki wisata rumah hobbit.

Kreativitas anak anak muda di Indonesia, mampu menyulap potensi wilayahnya untuk membuat sebuah tempat wisata populer dengan kreasi rumah hobbit. Kreasinya memberikan tempat wisata rumah hobbit ini menjadi unik dan khas di masing masing wilayah. Mulai dari penggabungan dengan tempat wisata seribu batu, lahan pertanian gaya eropa di Farmhouse dan taman kelinci di beberapa daerah.

Bahkan ada pula wisata rumah hobbit yang khas terbuat dari bahan baku kearifan lokal yaitu rumah hobbit di Magelang yang terbuat dari bambu wulung. Baiklah, berikut ini akan saya bahas delapan wisata rumah hobbit di Indonesia, mulai dari Lembang, Jogja, Malang dan daerah lainnya.

  1. Rumah Hobbit Kampung Seribu Batu Songgo Langit Bantul

    tempat wisata di jogja
    pict by sobatpetualang.com

Wisata Rumah Hobbit yang masih baru tetapi sangat populer adalah wisata Rumah Hobbit Negeri Seribu Batu Songgo Langit di Yogyakarta. Tepatnya wisata rumah hobbit ini berada di Desa Mangunan, Kecamatan Dlingo, Kabupaten Bantul.

Wilayah ini sudah lebih dulu terkenal dengan wisata kebun buah mangunan. Selain itu juga dekat dengan wisata yang lain misalnya Hutan Pinus Imogiri, Wisata Jurang Tembelan, Wisata watu Goyang, Bukit Mojo Gumelem dan Bukit Panguk.

Loading...

Baca juga: Tempat wisata di Jogja yang Instagramable

Nama wisata rumah hobbit kampung seribu batu songgo langit memang terdengar cukup aneh di telinga. Tempat wisata di Jogja ini disebut seribu batu karena di tempat wisata ini terdapat banyak batu dan songgo langit karena batu yang ada di tempat wisata ini berukuran sangat besar.

Rumah hobbit yang ada di negeri seribu batu songgo langit ini memiliki beberapa bentuk. Ada rumah hobbit yang terbuat dari ranting ranting pohon dan ada juga yang terbuat dari papan dan di cat warna warni.

Sebagai salah satu tempat wisata baru di yogyakarta, rumah hobbit kampung seribu batu ini memang menyajikan view yang menarik. Lokasinya berada pada kondisi geografis yang mendukung karena bisa melihat pemandangan yang sangat asri.

Tempat wisata di Yogya memang sebagian besar menyajikan pemandangan yang menarik. Mulai dari tempat wisata yang di daerah gunung (The Lost World Castle, Jeep Wisata Lava Tour Merapi, Kaliurang), di daerah lembah (Kebun Buah Mangunan, Hutan Pinus Imogiri, Puncak Becici) hingga daerah pantai (Parangtritis, Pok Tunggal) semuanya ada di Yogyakarta.

  1. Wisata Rumah Hobbit Kepuharjo Cangkringan Slemantempat wisata di jogja

Tempat wisata di Jogja memang terus berkembang. Daerah Cangkringan Kabupaten Sleman terus mengembangkan potensi wisata di wilayahnya dengan berbagai macam lokasi wisata. Sebelumnya Jeep merapi lava tour dan The Lost World Castle menjadi tempat wisata di yogya yang sempat menghebohkan dunia wisata.

Lokasinya yang berada di daerah kawasan rawan bencana erupsi merapi menjadi daya tarik yang kuat untuk para wisatawan. Sekarang Rumah hobbit di Kepuharjo Cangkringan ini semakin menambah daftar tempat wisata di Yogyakarta yang cukup menarik.

Lokasi rumah Hobbit Kepuharjo ini dekat dengan wisata The Lost World Castle dan Stonehenge karena berada di Desa yang sama. Jika anda kesulitan untuk menjangkau wilayah ini, anda bisa menggunakan jasa wisata seperti jeep wisata merapi, trail wisata atau ojek wisata dari objek wisata lava tour merapi Kinahrejo. Pelayanan jasa wisata ini tidak perlu diragukan lagi, karena sudah melayani pengunjung sejak tahun 2012 lalu.

Wisata rumah hobbit ini memang tidak menyuguhkan berbagai pilihan wisata. Lokasi wisata ini hanya cocok bagi anda yang suka selfie atau swafoto, karena tempat ini bisa dibilang cukup Insatagramable. Tetapi bagi anda yang ingin menjelajah satu persatu tempat wisata di yogya, tidak ada salahnya untuk mengunjungi rumah hobbit di kepuharjo ini.

  1. Rumah Hobbit Farmhouse Lembang

    tempat wisata di Lembang Bandung
    pict by cakrawalatour.com

Rumah hobbit di farmhouse Lembang memang bukan tempat wisata baru di Lembang Bandung. Tempat wisata ini bahkan sudah melejit menjadi tempat wisata populer di lembang sejak tahun 2015 lalu. Lokasinya yang berada di daerah kawasan wisata dan dekat dengan ibu kota Jakarta menjadi keuntungan tersendiri bagi farmhouse lembang untuk menarik wisatawan.

Apalagi tempat wisata di lembang ini memiliki kawasan yang cukup asri dengan pemandangan dan berbagai pilihan wahana wisata. Rumah hobbit Farmhouse Lembang memang tidak bisa dipisahkan dari wisata farmhouse itu sendiri. Dilihat dari namanya, kita sudah bisa menebak bahwa akan ada sensasi pertanian didalamnya.

Dan memang benar Farmhouse Lembang di desain dengan gaya rumah rumah eropa dan terdapat tanaman sayur sayuran dan bunga yang cukup luas. Selain itu, terdapat berbagai hewan kecil di farmhouse ini, diataranya adalah biri biri, kelinci, iguana, landak, sapi dan sugar glyder.

Salah satu pendukung populernya tempat wisata di Lembang bandung ini adalah fasilitas yang disediakan. Pengunjung dapat mengabadikan momen di rumah hobbit yang cukup unik, rumah rumah bergaya eropa, air terjun mini, foto bersama aneka hewan dan berfoto dengan kostum bergaya eropa. Selain itu, ketika akan masuk ke arena wisata, anda dapat menikmati segelas susu khas farmhouse lembang maupun sosis.

Jika anda menginap di Lembang, juga terdapat hotel atau penginapan di Lembang Bandung yang unik. Namanya adalah rumah hobbit Grafika Cikole, dimana hotel atau penginapan ini berbetuk seperti rumah hobbit juga. Rumah hobbit Grafika Cikole ini semakin menambah tempat wisata di Lembang yang sangat menarik.

  1. Rumah Hobbit Kampung Kurcaci Purbalingga

    wisata rumah hobbit
    Pict by liputan6.com

Setelah dari tempat wisata di Lembang Bandung, kita bergeser sedikit ke timur. Tepatnya di daerah Purbalingga, Jawa Tengah. DI tempat yang dingin dan sejuk ini juga terdapat wisata rumah hobbit. Namun sebenarnya nama asli dari tempat wisata ini adalah kampung kurcaci.

Lokasinya berada di tengah hutan pohon damar yang sangat rimbun dengan usianya yang sudah sangat tua. Meskipun siang hari, tempat ini tetap terasa dingin dan sejuk karena matahari tidak mampu menembus rimbunnya pepohonan.

Kampung kurcaci pada awalnya dibangun untuk menarik anak anak di kampung sekitar untuk belajar di sekolah alam. Namun seiring dengan berjalannya waktu, media sosial seperti instagram menjadi media promosi yang sangat cepat menyebarkan informasi. Akhirnya lokasi ini menjadi tempat wisata yang dikunjungi bukan hanya anak anak untuk sekolah alam, tetapi juga para wisatawan dari luar daerah.

Rumah hobbit di purbalingga ini terbuat dari kayu yang dicat berwarna kuning. Atapnya dibuat pendek karena memang meniru gaya rumah kurcaci pada film the hobbit. Sekarang tempat ini juga terus dikembangkan untuk menarik minat wisatawan. Spot spot foto ditambah dengan spot sayap kupu kupu, bunga dan yang lainnya yang bisa digunakan oleh para wisatawan.

  1. Wisata Rumah Hobbit Taman Kelinci Malang

    wisata rumah hobbit
    Pict by pinterest.com

Tempat wisata di Lembang Bandung adalah surganya orang Jakarta untuk melepaskan penat setelah lama bekerja. Nah, hampir sama dengan itu, tempat wisata di Malang adalah surganya bagi orang Surabaya. Malang dan kota Batu memang terkenal dengan daerahnya yang sejuk dan asri. Berbagai tempat wisata alam ada disini dan bisa menjadi tempat untuk melepaskan penat setelah berhari hari bekerja.

Salah satu tempat wisata di malang yang sedang berkembang adalah Wisata edukasi taman kelinci. Tempat wisata ini adalah tempat wisata edukasi untuk belajar tentang kelinci dan ditujukan lebih kepada anak anak. Karena ditempat ini anak anak akan asik untuk bermain di taman yang cukup luas dengan kelinci yang berkeliaran.

Di wisata edukasi taman kelinci ini terdapat sebuah bangunan kecil yang biasa disebut sebagai rumah hobbit. Rumah hobbit ini menjadi salah satu wahana spot foto diantara luasnya lahan tanaman bunga dan wahana bermain yang lainnya. Jika anda ingin ke tempat wisata di Malang ini, anda bisa sekalian ke wisata air terjun Coban Rondo di Pujon, karena lokasinya tidak terlalu jauh.

  1. Rumah Hobbit Grenden Pakis Magelang

    wisata rumah hobbit
    Pict by tipswisata.co

Gunung merbabu memang menyimpan berbagai macam pesona keindahan alam yang begitu menggoda. Mulai dari banyaknya bunga eidelweis di jalur pendakian gunung merbabu, taman wisata kopeng hingga yang terbaru Gancik hill top. Selain tempat wisata itu, ternyata Magelang yang berada di lereng gunung Merbabu juga memiliki tempat wisata rumah hobbit.

Baca juga: Gancik Hill Top, Pesona Gunung Merbabu dan Merapi

Rumah hobbit yang berada di Bukit Grenden Pakis Magelang ini berbeda dengan rumah hobbit yang berada di daerah lain. Rumah hobbit ini  dibuat berbeda dengan desain rumah hobbit yang ada di film film. Desain rumah hobbit yang ada di kawasan wisata bukit grenden ini terbuat dari bambu berwarna hitam (bambu wulung)  dan atap terbuat dari dedaunan. Rumah hobbit ini berbentuk seperti rumah sungguhan hanya saja berukuran mini/mungil.

Jika anda berminat untuk berkunjung ke rumah hobbit di bukit Grenden ini, anda perlu melewati sedikit jalan terjal karena harus menaiki bukit. Namun tenang saja, anda tidak akan kecewa setelah sampai di rumah hobbit ini. Bagaimana tidak, pemandangan di tempat ini sangat indah dan nyaman untuk dilihat.

Hutan pinus di sekitarnya semakin melengkapi pemandangan yang tidak kalah dengan pemandangan hutan pinus di daerah lainnya. Jika anda mau datang pada pagi hari atau berada di tempat ini sampai sore hari, anda bisa menikmati sunrise atau sunset yang sangat eksotis.

  1. Wisata Rumah Hobbit Karanganyar

    wisata rumah hobbit
    pict by ngadem.com

Kecamatan Ngargoyoso Karanganyar memang terkenal sebagai lokasi wisata. Terdapat beberapa air terjun terkenal di Ngargoyoso. Lokasinya yang berada di dataran tinggi lereng gunung lawu menjadikannya sangat asri, sejuk dan dingin. Lokasi wisata alam seperti inilah yang menjadi daya tarik sebuah tempat wisata alam.

Baca juga: 9 Air Terjun di Karanganyar bagi para Backpacker

Rumah Hobbit di Ngargoyoso Karanganyar ini memiliki ciri khas tersendiri dibandingkan rumah hobbit di tempat tempat lain. Rumah hobbit yang berada di lembah semilir ini terbuat dari bilah bilah bambu dan di susun menyerupai rumah hobbit di Jogja, Lembang dan Malang.

Selain rumah hobbit, di lembah semilir juga menyediakan berbagai spot foto yang bsia dimanfaatkan oleh para wisatawan. Terdapat beberapa panggung bambu yang berlatar belakang  pemandangan alam, sungai dan anda juga bisa berfoto ria di kawasan kebun teh Kemuning Karanganyar.

  1. Rumah Hobbit Rabbit Park Blitar

    wisata rumah hobbit
    pict by ngetripyuk.id

Blitar mungkin belum menjadi salah satu daerah tujuan utama untuk wisata. Namun akhir akhir ini Blitar mulai berbenah diri untuk mengembangkan potensi wisata. Beberapa tempat wisata baru di blitar mulai muncul dan terpublikasi. Diantaranya adalah tempat wisata puncak kejora, bukit teletubbies, dan tempat wisata di blitar terbaru adalah rabbit park. Tempat tempat wisata ini cocok untuk anda yang suka berfoto ria.

Di rabbit park terdapat beberapa wahana yang menarik. Salah satunya adalah rumah hobbit. Wahana wisata yang mengadopsi tempat wisata di lembang bandung, tenpat wisata di Jogja dan di Malang ini memberikan sensasi yang berbeda. Di sekitar rumah hobbit yang ada di Desa Wonorejo Kecamatan Talun kabupaten Blitar ini dilepaskan puluhan kelinci. Sehingga semakin menambah keunikan dari tempat wisata ini.

Selain Rumah hobbit, juga terdapat wahana foto dumah terbalik. Tempat wisata rumah terbalik ini juga mirip dengan tempat wisata di Jogja yaitu upside down world. Untuk bisa mengabadikan foto yang bagus di rumah terbalik ini, dibutuhkan kemampuan mengambil gambar dan pose yang baik dari orang yang difoto dan si pengambil gambar. Silahkan dicoba.

Baca juga: Air Terjun Kembar tetapi tak sama

Sekian tadi Delapan tempat wisata rumah hobbit yang ada di daerah tempat wisata Lembang, daerah tempat wisata Jogja dan daerah lainnya di Indonesia. Kreativitas generasi muda di Indonesia memang layak dan perlu untuk terus didukung. Kreativitas yang terekspresi dalam hal hal yang positif akan sangat bermanfaat bagi lingkungan masyarakat.

Wisata rumah hobbit ini akan terus berkembang dan diteruskan oleh generasi generasi muda selanjutnya. Bagi masyarakat umum bisa berkontribusi dalam mendukung setiap kreativitas generasi muda ini dengan datang berwisata, mengapresiasi dan menjaga kebersihan di lingkungan sekitar lokasi wisata.



Loading...

Baca selengkapnya

Tristianto Nugroho

Mahasiswa tingkat akhir yang sedang belajar membaca dan menulis. Banyak menulis tentang tips Android seperti cara memindahkan file, aplikasi dan lain sebagainya.

Artikel terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *