Internet

Wisata Telaga Menjer : Tempat Wisata Menakjubkan

Jika mendengar kata daerah Wonosobo, maka hal / sesuatu yang terpikirkan di pikiran sebagian besar orang adalah tentang wisata alam yang cukup menakjubkan, mulai dari wisata telaga menjer, Dieng, Telaga Warna, dan lain-lain.

Wonosobo memiliki berbagai tempat wisata dengan nuansa alam yang cukup membuat para pecinta wisata menjadi penasaran dan keunikan budaya lokal daerah Wonosobo yang terkenal hingga ke mancanegara.

BacaKawah Sikidang : Wisata di Wonosobo Yang Wajib Dikunjungi

Wonosobo adalah sebuah kabupaten yang berada pada provinsi Jawa Tengah yang lebih tepatnya berada di antara kabupaten Magelang, Banjarnegara, Temanggung, maupun Kebumen.

Kawasan Wisata Telaga Menjer

wisata telaga menjer
Wisata telaga menjer via Wikimedia Commons

Nah, sedangkan wisata Telaga Menjer ini terletak di desa Maron, kecamatan Garung, kabupaten Wonosobo. Jarak telaga menjer ini tidak terlalu jauh dari pusat kota Wonosobo ini. Jarak antara tempat wisata telaga menjer dengan jantung kota Wonosobo kurang lebih sekitar 10 km.

Daerah telaga menjer justru lebih dekat dengan daerah dataran tinggi Dieng daripada dengan pusat kota Wonosobo itu sendiri.

Sedangkan jarak antara telaga menjer dengan ibukota kecamatan kurang lebih sekitar 2-3 km. Konon katanya, telaga ini diberi nama Telaga Menjer karena pada zaman dahulu, desa ini termasuk ke dalam desa menjer.

Telaga menjer adalah sebuah telaga yang cukup luas dan terletak di kaki pegunungan atau daerah dataran tinggi Dieng. Telaga menjer ini adalah danau / telaga yang terbesar di daerah kabupaten Wonosobo ini.

Loading...

Telaga Menjer ini telah lama dibuka menjadi tempat wisata untuk masyarakat umum. Selain itu, telaga Menjer ini juga dimanfaatkan oleh pemerintah setempat untuk dijadikan sebagai Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA).

Telaga menjer adalah sebuah telaga / danau yang ada karena terjadi letusan vulkanik pada gunung Pakuwaja semasa gunung itu aktif. Padahal, sebelum adanya  letusan dari gunung itu telaga menjer adalah sebuah mata air yang kecil yang terkadang airnya bisa meluas pada saat terkena hujan.

Wisata telaga menjer letaknya berada pada ketinggian kurang lebih sekitar 1300 meter di atas permukaan laut. Suhu pada kawasan telaga menjer adalah kisaran 22-28 derajat celcius. Kedalaman telaga yang satu ini hingga mencapai 45 meter dan luasnya adalah kurang lebih sekitar 70 Ha.

Sebenarnya, telaga menjer ini termasuk ke dalam tempat wisata menarik di kabupaten Wonosobo. Tetapi, banyak para wisatawan yang tidak tahu arah jalan menuju tempat wisata yang satu ini. Akhirnya, mereka tidak jadi berkunjung ke telaga menjer dan lebih memilih untuk langsung mengunjungi daerah Dieng.

Padahal, antara telaga menjer dengan dataran tinggi Dieng dapat ditempuh dengan jalur yang searah.

Rute Perjalanan Menuju Kawasan Telaga Menjer Wonosobo

Untuk rute perjalanan menuju wisata telaga menjer ini Anda tidak usah khawatir. Jalan yang dilalui untuk mengunjungi telaga yang satu ini tidaklah sulit dan cukup mudah. Jika dari daerah alun-alun kabupaten Wonosobo, Anda tinggal melakukan perjalanan ke arah utara seperti ketika akan menuju ke daerah Dieng.

Di sepanjang perjalanan, kurang lebih sekitar 5-7 km setelah alun-alun Wonosobo terdapat pasar Garung yang di sebelahnya juga terdapat gapura yang bertuliskan “PLTA Garung”. Gapura tersebut berada di sebelah kiri jalan. Nah, Anda masukin saja gapura tersebut. Jarak antara tempat wisata tersebut dengan gapura tidaklah jauh, hanya sekitar 2-3 km.

Wisata Telaga Menjer
PLTA Garung via wikipedia commons

Oh iya, pasar Garung adalah sebuah pasar terakhir yang dilewati sebelum Anda melewati jalan panjang yang menanjak menuju daerah dataran tinggi Dieng. Di perjalanan setelah memasuki gapura, suasananya cukup menyejukkan dan Anda sering melihat orang-orang yang sedang melakukan kegiatan sehari-harinya yaitu bertani, dll.

Pada tepi jalan, pemandangan telaga menjer memang tidak tampak. Itu karena telaga menjer sendiri terhalang oleh sebuah bukit yang kecil. Di sekitar kawasan telaga juga terdapat sebuah penginapan yang sederhana dan beberapa warung yang menjual makanan dan minuman.

Untuk kendaraan, telah disediakan area parkir tersendiri sehingga tidak bisa dibawa menuju tepian telaga. Untuk tiket masuk telaga per orangnya yaitu Rp 3.000. Sedangkan untuk biaya parkir motor seharga Rp 2.000 dan biaya parkir mobil seharga Rp 3.000.

Di daerah ini juga terdapat sebuah perahu kecil yang bisa Anda naiki hanya dengan membayar seharga Rp 10.000. Dengan menaiki perahu kecil tersebut, Anda bisa mengelilingi kawasan wisata telaga menjer ini dan menikmati sejuknya udara dengan nuansa pegunungan yang tokcer.



Loading...

Baca selengkapnya

Artikel terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button