in

Ayah dan Bunda Wajib Tahu, Ini Ciri-ciri Tipes pada Anak

ciri ciri tipes
UNSPLASH

Anak-anak rawan sekali terserang penyakit, khususnya penyakit tipes. Oleh karena itu, para orang tua harus benar-benar waspada dan mengenali penyakit tersebut.

Dengan mengenali tipes, para orang tua tidak akan panik ketika penyakit tersebut menyerang anak-anak. Jika Anda belum mengenali penyakit tipes secara mendalam, simak pembahasan berikut ini sampai selesai.

Mengenal Tipes

Nama lain tipes adalah demam tifoid dan penyakit tersebut disebabkan oleh bakteri Salmonella typhi. Berdasarkan penelitian seperti yang dikutip dari Mayo Clinic (11/08/2022), penyakit tipes merupakan ancaman kesehatan serius, khususnya bagi anak-anak.

Tipes seringkali terjadi di negara-negara berkembang karena tingkat kesadaran sanitasi yang masih sangat rendah sehingga penularan akan jauh lebih cepat, baik itu penularan lewat makanan dan minuman maupun kontak langsung.

Adapun untuk negara-negara maju, tipes jarang sekali ditemukan karena kesadaran akan sanitasi sudah sangat tinggi. Sanitasi merupakan gaya hidup sehat, contoh paling dekat adalah mencuci tangan setelah menyentuh benda-benda kotor.

Ciri-ciri tipes akan mudah ditemukan di negara-negara berkembang, seperti Indonesia. Oleh karena itu, ayah bunda harus mengenal penyakit tersebut lebih dekat agar buah hati bisa tetap terlindungi.

Gejala Tipes

Anak-anak yang terserang tipes tidak akan langsung jatuh sakit, karena penyakit tersebut menyerang secara bertahap, di antaranya satu hingga tiga minggu setelah terpapar.

Gejala tipes:

  • Demam yang terus meningkat setiap harinya, mulai dari 39 – 40,5 derajat Celsius.
  • Sakit kepala
  • Lelah dan lemah
  • Berkeringat
  • Kehilangan nafsu makan
  • Berat badan turun
  • Diare

Dengan mengetahui gejala tipes yang sudah disebutkan, Anda selaku orang tua tidak akan panik ketika anak mengalami demam tinggi, kehilangan nafsu makan, atau diare.

Orang-orang yang Berisiko Terkena Tipes

Berdasarkan penelitian yang dikutip dari Mayo Clinic (11/08/2022), tipes merupakan ancaman serius di seluruh dunia dan sudah mempengaruhi 27 juta orang atau lebih setiap tahunnya.

Berikut ini daftar orang-orang yang berisiko terkena tipes:

  • Anak-anak
  • Bepergian atau tinggal di daerah yang sedang dilanda tipes
  • Bekerja sebagai ahli mikrobiologi klinis yang menangani bakteri Salmonella typhi
  • Kontak dengan orang yang sakit tipes
  • Makan makanan yang tercemar bakteri Salmonella typhi
  • Minum minuman yang tercemar bakteri Salmonella typhi

Anak-anak memang paling berisiko terserang penyakit tipes. Meskipun begitu, remaja, dewasa, dan para orang tua harus tetap waspada mengingat mereka juga berisiko terkena tipes.

Cara Mencegah Tipes

Mencegah lebih baik daripada mengobati, karena anak tidak harus jatuh sakit terlebih dahulu. Selain itu, dengan melakukan pencegahan, biaya yang dikeluarkan tidak akan terlalu banyak.

Berikut ini beberapa cara untuk mencegah tipes pada anak:

1. Rajin Mencuci Tangan

Kebanyakan anak-anak masih abai akan pentingnya cuci tangan, padahal dengan rajin cuci tangan, mereka bisa terhindar dari tipes.

Di sini, peran orang tua sangat dibutuhkan di mana mereka harus mengajarkan anak untuk mencuci tangan sebelum makan, ketika hendak menyiapkan makanan, dan setelah selesai buang air dari toilet.

2. Hindari Mengonsumsi Air Mentah

Anak-anak seringkali mengonsumsi air mentah, khususnya ketika mereka bermain bersama temannya saat kehausan. Lagi-lagi peran orang tua dibutuhkan di sini di mana mereka harus memberikan pemahaman kepada anak.

Pemahaman yang harus diberikan adalah air mentah atau air yang tidak diolah berisiko tercemar oleh berbagai macam bakteri yang bisa menimbulkan masalah kesehatan.

3. Hindari Sayuran dan Buah Mentah

Sebagian anak ada yang menyukai sayuran mentah dan buah mentah (buah yang tidak dikupas). Kebiasaan ini harus dibenahi karena sayuran dan buah mentah kemungkinan besar telah dicuci dengan air yang terkontaminasi oleh bakteri Salmonella typhi.

Dengan demikian, risiko terpapar tipes akan jauh lebih besar. Jika ingin terhindar dari ancaman penyakit tersebut, pastikan air benar-benar bersih atau terhindar dari orang yang terinfeksi tipes.

Penanganan

Apabila ciri-ciri tipes yang sudah disebutkan menyerang anak Anda, maka Anda tidak boleh panik dan bisa segera memeriksakan anak Anda ke dokter setempat untuk mendapatkan penanganan.

Semakin cepat Anda membawanya ke dokter, semakin cepat pula peluang anak untuk sembuh dari penyakit tipes. Jadi, segera berobat ketika gejala tipes mulai menyerang anak Anda.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Loading…

0