in

Cara Menentukan Waktu Terbaik Posting di Facebook Page

waktu terbaik posting di facebook

Waktu terbaik posting di facebook page – Bicara mengenai digital marketing, selain menggunakan website, medsos (media sosial) bernama facebook adalah salah satu pilihan lain yang banyak digunakan oleh pelaku bisnis dan juga marketer untuk memasarkan produk bisnisnya.

Media sosial yang diluncurkan pertama kali pada tanggal bulan februari 2004 silam ini memang tidak dapat diperdebatkan lagi merupakan media marketing yang sangat efektif. Dipergunakan dalam branding dan juga promosi suatu produk ataupun bisnis, dimana medsos ini dapat menjangkau lebih banyak audience.

Selain dikarenakan keefektifannya, layanan yang free alias gratis dari facebook page juga menjadi alasan mengapa media sosial ini banyak dijadikan pilihan para pelaku bisnis. Khususnya pebisnis yang  baru merintis bisnisnya.

Meskipun sangat efektif dipergunakan dalam marketing suatu produk atau bisnis, namun sebenarnya keefektifan dari penggunaan facebook atau tepatnya facebook page sebagai sarana digital marketing juga tergantung dengan pemakaiannya. Salah satu hal terkait penggunaan facebook page untuk digital marketing adalah tentang mengetahui waktu terbaik posting di facebook page.

Bila ditinjau, sebenarnya masih sangat banyak pelaku bisnis ataupun marketer yang masih belum memahami benar mengenai waktu terbaik posting di facebook  page untuk digital marketing. Hal ini sangatlah penting dan akan sangat mempengaruhi engagement yang merupakan tujuan utama dari postingan yang dilakukan.

Waktu terbaik untuk posting di facebook page ini sangatlah relatif bergantung pada fans dari facebook page itu sendiri. Untuk itulah analisis yang tepat akan sangat membantu postingan pada facebook page anda untuk mendapatkan engagement secara optimal.

Pertanyaannya, bagaimanakah cara menentukan waktu terbaik posting di facebook page ini?. Berikut Klik Mania akan mengulasnya untuk anda.

Menggunakan Facebook Insight

waktu terbaik posting di facebook

Apabila twitter memiliki tool twitter analytics untuk membantu kegiatan digital marketing usernya, maka facebook memiliki facebook insight.

Facebook insight ini dapat dikatakan sebagai tool yang memiliki fungsi yang sama dengan  twitter analytics. Yakni memonitor page anda/ facebook page, mulai dari likes , engagement dari postingan anda dan juga pageviews.

Baca : Tips Digital Marketing : Cara Untuk Menaikkan Engagement Twitter

Bahkan facebook insight juga dapat memberikan data tentang kapan saja fans dari facebook page anda dalam keadaan online.

Menggunakan facebook insight untuk menganalisis waktu terbaik posting di facebook page sendiri bukanlah hal yang rumit. Dimana hanya 3 data penting yang perlu anda jadikan patokan dalam menganalisis waktu terbaik untuk anda melakukan posting pada facebook page yang anda kelolah.

Adapun ketiga data yang dimaksud sebelumnya adalah:

Engagement Post

Salah satu data yang ditampilkan oleh facebook insight adalah data engagement post. Pada halaman dashboard facebook insight setelah anda melakukan login. Anda akan disajikan 5 postingan terakhir yang anda lakukan yang dilengkapi dengan data tanggal Publish post, jenis Post, jumlah Reach dan juga engagement yang didapat.

Dengan demikian, anda akan dapat mengetahui kapan waktu dimana postingan anda mendapatkan engagement tertinggi.

Facebook reach

Data selanjutnya yang disajikan oleh facebook insight adalah facebook reach. Halaman facebook reach ini memungkinkan anda untuk mengetahui kapan postingan page anda anda mendapatkan view dan reach terbanyak.

Kapan fans page facebook anda online?

Data terakhir yang ditampilkan pada facebook insight adalah kapan fans page facebook anda online. Facebook insight memiliki fitur yang memungkinkan anda untuk melihat kapan saja fans anda tengah online.

Fitur ini sangat membantu brand atau bisnis untuk menentukan waktu terbaik posting di facebook page. Yang mana anda dapat mencatat waktu dimana banyak fans page facebook anda dalam keadaan online.

Dengan menggunakan data yang disajikan oleh facebook insight ini, anda akan dapat lebih mudah menentukan kapan waktu yang efektif untuk anda melakukan posting pada facebook page anda.

Author endarjulian

Jasa Penulis Artikel Berkualitas Murah - Saya adalah content writer dan juga social media designer.

Ingin pesan artikel atau desain murah ?
Business : 082177387464 (WhatsApp)
Instagram : @kontennyaendarjulian

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Loading…

0