in

Smartphone Android Terkena Virus? Ini Ciri-ciri dan Solusi Untuk Mengatasinya

Smartphone Android Terkena Virus

Bagaimana Ciri-ciri Smartphone Android Terkena Virus? Smartphone? kita selalu menggunakan dan melakukan banyak hal-hal penting diantaranya untuk mengakses data-data data pekerjaan, transksaksi antar bank, menyimpan data dan hal-hal penting lainnya

Kabar Buruknya sekitar 55 persen, penjahat cyber (dunia maya) menarget pengguna smartphone Android, Apakah smartphone yang kita gunakan sudah terinfeksi virus atau malware? Berikut ciri-ciri smartphone Android terkena virus dan solusi untuk mengatasinya.

Ciri-ciri Smartphone Android Terkena Virus

1. Muncul Iklan Pop-up yang sangat mengganggu

Ciri-Ciri pertama apabila smartphone android terkena virus adalah sering munculnya iklan pop-up di mana-mana saat sedang menggunakan smartphone. Apalagi kalau ada iklan atau pesan yang muncul secara pop-up itu sangat mengganggu sekali. Apabila sobat menemukannya ketika sedang membuka ataupun bermain pada aplikasi gratis hal tersebut tentu wajar saja.

Permasalah yang sering terjadi saat kamu ingin mendownload sesuatu melalu browser sobat akan menemukan iklan atau pesan pop-up sebaiknya jangan di klik. Apabila sudah terlanjur mengklik atau mengunduh aplikasi yang diarahkan dari iklan tersebut, maka virus tersebut akan muncul di homescreen, lockscreen, atau pada saat membuka aplikasi yang biasanya tidak muncul iklan saat menggunakannya.

Apabila Smartphone Android terkena virus dengan tanda seperti ini ketika melakukan sesuatu yang terhubung dengan internet jangan sampai mengklik iklan yang muncul. Itu merupakan salah satu jalan alternatif hacker atau peretas untuk memiliki identitas pribadi atau penting milik sobat.

2. Menerima SMS Aneh Seperti Phising

Smartphone Android Terkena Virus

Apabila Smartphone Android Terkena Virus / malware tertentu, biasanya mampu melakukan hal-hal aneh seperti mengirim SMS secara diam-diam bahkan mampu membuat panggilan telepon tertentu. Jika saja sobat menemukan jenis SMS yang mencurigakan, tapi sobat merasa tidak pernah melakukannya, kemungkinan smartphone sobat telah diretas.

Peretas yang menanamkan malaware di smartphone sobat mungkin menggunakan teknik Phising untuk mengambil alih akun data data penting atau sosial media yang log-in pada smartphone sobat.

Solusi untuk menghindari pesan Phising adalah dengan cara mengaktifkan otentikasi dua langkah disemua layanan yang tersedia pada smartphone atau dengan cara menghapus pesan tersebut.

3. Baterai Smartphone Tiba-Tiba Boros

Smartphone Android Terkena Virus

Kamu merasa smartphone yang sobat gunakan tiba-tiba baterainya boros dan lebih cepat habis dari biasanya? Padahal sobat menggunakan smartphone tersebut sewajarnya. Ini terjadi karena ada aplikasi yang berjalan di background yang bisa jadi adalah virus yang tak kita sadari.

Cobalah sobat untuk mencari tahu penyebab apakah ada aplikasi yang berjalan tanpa kita sadarai dan tidak diinginkan yang hadir di smartphone sobat. Sobat bisa mengeceknya dengan cara membuka Settings > Apps untuk memeriksa daftar seluruh aplikasi yang sedang berjalan dan ada di smartphone yang sobat gunakan.

Melalui list tersebut, jika sobat jeli memperhatikan tanda smartphone android terkena virus, maka akan ada aplikasi asing yang mungkin saja selama ini merekam segala gerak-gerik aktivitas smartphone sobat.

4. Smartphone Menjadi Lambat

Smartphone Android Terkena Virus

Tanda lain apabila smartphone android terkena virus ataupun malware adalah menurunnya performa smartphone yang sobat gunakan. Smartphone jadi lemot dan lebih parahnya sering hang dan sampai merestart. Mungkin saja smartphone yang sobat gunakan telah mengunduh cache yang berisi malware atau virus berbahaya.

Solusi untuk mengatasi smartphone android terkena virus dengan ciri tersebut bisa dilakukan dengan cara mencoba untuk melakukan ‘clear cache’. Cache merupakan beberapa file aplikasi dan situs web yang disimpan pada smartphone dalam rangka untuk mempercepat waktu yang dibutuhkan ketika kamu ingin membuka aplikasi secara berulang.

Menghapus cache bisa dilakukan dengan cara seperti berikut :

  • Klik Settings
  • Storage
  • Internal Shared Storage
  • Cache data
  • OK

5. Kuota Tiba-Tiba Cepat Habis

Kuota internet yang tiba-tiba saja cepat habis juga bisa menjadi ciri-ciri bahwa smartphone android terkena virus. Pertama Coba cek dulu, aplikasi apa saja yang sobat gunakan dan menghabiskan kuota internet kamu.

Caranya untuk mengeceknya, pertama buka Pengaturan > Data usage.

Dari sana, sobat bisa melihat trafik penggunaan data dan daftar aplikasi yang paling menyedot kuota. Jika aplikasi tersebut sering kamu gunakan dan dinyalakan, itu tidak apa-apa.

Nah yang tidak wajar adalah ketika ada aplikasi yang tidak kita gunakan dan sama sekali tidak muncul dalam daftar teratas, tapi menyedot kuota yang banyak. Jika menemukan hal yang seperti itu, sebaiknya hapus aplikasi tersebut.

6. Membutuhkan Waktu Booting Yang Lama

Apabila proses booting yang lama pada saat kamu menyalakan atau restart smartphone, ada dua kemungkinan.

Pertama RAM dan memori internal kamu rendah.

Kedua adalah karena smartphone android terkena virus atau malware yang mengkonsumsi banyak waktu booting. Jika memang kondisinya lebih parah dan lama banget, solusi yang bisa kamu lakukan ialah factory reset.

Demikianlah artikel mengenai Ciri – ciri smartphone android terkena virus atau malware dan solusi untuk mengatasinya. Semoga bermanfaat bagi orang yang membacanya dan menambah wawasan bagi orang yang membaca artikel saya.

Author Mangky

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Loading…

0