in ,

Sering Lag Pas Main Game? Ini Dia Penyebab Utamanya!!

Sering Lag Pas Main Game
Sering Lag Pas Main Game

Penyebab game sering mengalami LAG – Jika kamu hobby nya bermain game di Desktop, Laptop atau Smartphone pernah kah di tengah-tengah permainan gameplay nya suka stutter/macet-macet?

Hal itu biasa di sebut dengan LAG dan tidak mudah untuk mengidentifikasi penyebab LAG. Lag juga sangat amat mengganggu dan bisa menjadi penyebab kalah nya kamu dalam permainan.

Seperti biasa di artikel ini kita akan membahas 6 masalah penyebab LAG yang sering dijumpai para gamer.

Langsung saja!

1. Spesifikasi Komputer/Laptop/Smartphone Kamu Terlalu Rendah

Lag
Source: www.rebootreloaded.com

Nah ini penyebab utama Lag, sebelum memainkan game coba lihat spesifikasi minimal gamenya nya di GOOGLE. Jika Spesifikasi komputer kamu terlalu rendah maka bisa menyebabkan Stutter/Lag saat main game.

Lag juga disebabkan oleh banyak faktor seperti vram penuh, ram penuh, bottleneck sana sini, dll yang tidak akan cukup apabila di jelaskan satu-per-satu di artikel ini.

Jika kamu bingung cukup cek spesifikasi Komputer/Laptop kamu terus masuk ke http://www.game-debate.com/can-I-run/

Masukan spesifikasi komputer kamu dan game yang ingin kamu mainkan di situ. Nanti Situs tersebut akan menentukan apakah PC/LAPTOP kamu sanggup memainkan game tersebut dengan lancar atau tidak.

Situs itu juga akan memberikan informasi graphical settings apa yang harus kamu gunakan serta FPS yg di dapat.

Source: Game Debate
Source: Game Debate

Jika spesifikasi komputer kamu tidak memenuhi persyaratan Minimum Requirement maka jangan di paksakan. Memang hasil yang di berikan oleh game debate tidak 100% akurat tapi minimal bisa menjadi referensi kamu nantinya.

Jika kamu ingin hasil yang akurat lihat benchmark di YouTube dengan spesifikasi komputer yang mirip/mendekati spesifikasi komputer kamu.

Untuk smartphone bisa cek spesifikasi minimalnya di google/playstore di deskripsi game nya. Selamat Mencoba.

2. Ping Terlalu Tinggi Penyebab LAG?

Source: www.ytimage.com

Hardware komputer kamu sudah cukup kuat untuk game yang kamu mainkan tapi masih sering lag?

Untuk kamu yang hobby main game online seperti Dota2, League of legend, Point Blank, Crossfire, Counter Strike Go, Dll. Pasti sering mendengar atau mungkin belum mendengar istilah Ping.

Singkatnya lebih rendah ping nya maka semakin bagus koneksinya. Ping yang bagus minimal harus 50ms untuk online game. Jika di bawah 20ms itu berarti sangat bagus, dan Jika di atas 100ms itu termasuk lambat.

Ping yang tinggi akan menyebabkan Lag saat main game contoh saat kamu bergerak/mengeklik tapi karakter kamu respon nya telat/putus-putus.

Untuk mengecek ping bisa masuk ke situs speed tester http://www.speedtest.net/

Terus bagaimana cara mengatasinya?

  • Pertama-tama jangan gunakan koneksi wireless melainkan harus dengan kabel.
  • Tutup semua browser/download/torrent.
  • Turunkan graphical setting dalam game.
  • Cek apakah ada orang lain di rumah kamu yang menggunakan koneksi internet seperti download/lihat youtube.

Jika Ping masih tinggi juga, hubungi customer services ISP kalian masing-masing dan ajukan komplain.

3.Temperature Pc/Laptop/Smartphone Kamu Terlalu Tinggi

Source: www.smosh.com

Zaman dulu ketika suhu komponen Desktop/Laptop kita terlalu tinggi maka sistem akan secara otomatis mematikan PC/Laptop kita untuk mencegah kerusakan.

Namun sekarang sistem akan melakukan hal yang berbeda yang di namakan dengan Thermal Throttling.

Jika suhu komponen Desktop/Laptop/Smartphone Kalian terlalu tinggi sistem tidak lagi akan mematikan Pc/laptop/smartphone kamu. Melainkan sistem akan menurunkan performa agar suhu tidak naik.

Nah saat itu terjadi maka game yang kamu mainkan akan macet-macet karena performa sistem turun. Terus cara mengatasinya bagaimana?

Pertama-tama cek suhu komputer/laptop kamu menggunakan software Coretemp untuk Cpu dan Gpu-z untuk Vga/Kartu Grafis lalu mainkan gamenya.

Mainkan sampai kurang lebih 30 menit kemudian exit gamenya. Buka Coretemp dan Gpu-Z.

Untuk Coretemp lihat suhu Average nya di situ. Untuk GPU-Z masuk ke Tab Sensor Klik Gpu Temperature sampai keluar Text AVG/Average (rata-rata)

Jika suhu terlalu tinggi di atas atau mendekati 80’c maka silahkan bawa ke tukang servis untuk di ganti thermal pasta nya.

Atau jika kamu mempunyai keahlian bongkar pasang laptop/pc maka cukup beli thermal pasta (jangan yang murahan) dan ganti pasta nya.

Untuk smartphone biasanya sangat jarang terjadi, Bila terjadi lebih baik di bawa ke tukang servis saja/biasanya ganti baterai karena baterai yg tidak baik bisa menjadi sangat panas saat bermain game.

4. Terjadi Cpu, Gpu, Disk Spike

Source: Windows

Apa yang di maksud Spike?

Spike itu jika salah satu komponen di atas seperti Cpu, Gpu/Vga dan Disk/hard disk/ssd yang tiba-tiba pemakainya melonjak ke 100% tanpa ada alasan yang jelas.

Ketika hal tersebut terjadi maka Game yang kamu mainkan akan macet/stutter/lag. Hal ini sering di alami oleh para gamer PC/Laptop, Namun jarang terjadi di smartphone kok tenang aja 🙂

Untuk mengecek pemakaian CPU dan disk kamu saat main game bisa menggunakan Task Manager (ctrl+atl+delete). Atau Msi afterburner+Rivastatistic tuner (1 bundle dengan afterburner) Tutorial bisa di lihat di google.

Terus cara mangatasinya gimana?

Jika LAG masih terjadi setelah melakukan tips 1-3 bukalah task manager karena yang sering spike itu CPU dan DISK.

Masuk ke Tab Process (windows 8/10) atau performance (windows 7). Di situ nanti ada Daftar aplikasi yang terbuka dan ada keterangan seberapa besar aplikasi tersebut memakai Cpu/Disk kamu.

Jika ada aplikasi yang memakai mendekati 100% (Selain game kamu) berarti itu penyebabnya dan kamu harus mencari tahu cara menghapus/uninstal aplikasi tersebut atau cukup di close saja process nya.

Tapi kalau yang 100% itu game yang aku mainkan gimana?

Berarti hardware kamu belum cukup kuat untuk game yg kamu mainkan (kembali ke tips no 1 atau turunkan graphical settings nya)

CPU spike dan disk spike juga bisa di karenakan Virus. Oleh karena itu selalu gunakan anti virus ya teman-teman 🙂

5.Terlalu Banyak File Fragment Di Komputer Kamu.

Source: Windows

Apa itu Fragment?

Pernahkah kamu mendengar istilah Disk Defragment yang fungsinya untuk menyusun tatanan files agar gampang di temukan oleh hard disk?

Fragment adalah pecahan suatu files di dalam hardisk kamu, Data tersebut terpisah dari satu sama lain.
Fungsi dari Disk Defragment adalah menyatukan files2 tersebut agar gampang di temukan oleh HDD.

Singkatnya cara kerja Disk Defragment itu seperti di atas. Kita akan membahas secara mendalam tentang cara kerja disk defragment pada artikel yang akan datang.

Cek apakah memang ada banyak file Fragment di komputer kamu dengan membuka disk defragment dan klik analyze pada partisi yg di tentukan.

Jika terdapat banyak file Fragmentasi maka Defrag lah partisi tersebut. Proses defrag biasanya memakan waktu yg lama akan tetapi tergantung dengan jumlah file Fragmentasinya.

Jika kamu menyimpan Gamenya di SSD maka tidak perlu di defrag karena SSD itu sangat cepat dan jika di defrag malah akan memendekan umurnya.

Baca disiniSering Menulis Data/Defrag akan Beresiko Memperpendek Umur SSD

6.V-SYNC ON

Source: Nvidia

Untuk para PC GAMER jika semua hal di atas sudah kamu lakukan tapi masih saja sering lag maka cek apakah V-Sync statusnya enable/on di graphical setttings game kamu.

Jika ON maka disable atau turn off V-Sync nya. Singkatnya V-Sync di gunakan untuk mencegah Screen Tearing/Gambar Sobek saat main game.

Akan tetapi jika kekuatan hardware komputer kamu tidak sanggup memainkan game tersebut di 60FPS secara stabil maka FPS akan anjlok seketika menjadi 30FPS.

Hal di itu di sebut dengan FPS DROP/STUTTER.

Apa itu Fungsi (kelebihan dan kekurangan) V-Sync dan Screen Tearing dan bagaimana cara mengatasinya?
Kita akan bahas di artikel yang akan datang.

Penutup

Gimana? Sekarang kamu gak perlu bingung jika game yang kamu mainkan sering lag. Cukup Gunakan 6 tips di atas maka game yang kamu mainkan akan lancar kembali.

Good luck gamer, Sekian dan terima kasih.

Author Ryuzaki

Only a writer and a drop of water in the endless sea :)

Business Contact: [email protected]

Komentar

Tulis Komentar
  1. gan, gua punya laptop udah compatible bngt buat maen game kaya dota 2, csgo, laptop ane geforce 1050ti, ram 8gb, core i5+ gen 8, tapi kenapa ya kalo main csgo dan dota 2 awalnya emang sih fps tinggi tapi gada stngah jam maen fps ane lngsng drop sampe setengahnya, itu kenapa ya? pdahal driver udah di updat, di cek malware juga gaada, saya juga pernah install ulang tapi gabisa2, ga selesai2 install ulangnya

  2. Gan ane beli second 2nd vga rx 550 pas di colok pake convter hdmi to vga ga work / nampil tp kipas berjaln dan coba lg make convter yg slot yglain begitu juga mohon permasalahnya
    Semoga blog ini makin maju dan terus kasih solusi ke semua orng

    • Qlo ga ada iGPU/Vga onboard nya coba clear cmos terlebih dahulu.
      Copot baterai cmos nya bentuknya seperti baterai jam. terus biarin 1 menit n pasang lagi.

    • Hdmi to VGA atau VGA to Hdmi?
      Monitornya VGA apa HDMI?

      Penting itu jangan sampai kebalik beli converternya..
      Qlo dah pasti Hdmi to vga n masih ga tampil coba cek ramnya..
      Qlo slot ramnya 4 lepas semua ram n tes ram 1 per satu di slot no 2.
      HDD nya di lepas dulu powernya biar ga cepat rusak karena di matiin hidupin terus.

      Qlo slot ramnya satu masukin ke slot 1 ramnya cek satu per satu sampai tampil.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Loading…

0