in ,

KKN Universitas Muhammadiyah Malang (UMM), Pemberdayaan Komoditi Kopi Ekselsa

Pemberdayaan kopi ekselsa

Pemberdayaan Komoditi Kopi Ekselsa – Kuliah Kerja Nyata (KKN) merupakan kegiatan tahunan Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) dengan diikuti oleh seluruh mahasiswa.

Pada kesempatan ini, kelompok KKN 106 desa Pait, kecamatan Kasembon, Kab. Malang yang beronggotakan 29 peserta bersiap mengabdikan diri kepada masayarakat desa Pait.

Kelompok KKN 106 dari UMM, mengangkat program unggulan yaitu pemberdayaan petani kopi.

Menurut Kordinator desa , Eca Roby Setyawan Saputra, alasan kelompok 106 mengangkat program unggulan pemberdayaan kopi dikarenakan desa Pait memiliki potensi yang besar terhadap komoditi kopi.

Berdasarkan wawancara kami dengan salah satu petani kopi bapak Mudin, desa Pait terdapat banyak pohon kopi dan menjadi sebagai matapencaharian warga desa Pait.

Selain itu, hasil dari kopi khas Pait tersebut telah diolah dan dijadikan sebagai produk kopi unggulan seperti Ekselsa, Arabica dan PB Stek.

Pemberdayaan Komoditi Kopi Ekselsa

Kopi Ekselsa

Keistimewan kopi ekselsa adalah cita rasa yang unik, tanaman kopi ini juga beradaptasi terhadap iklim ataupun perubahan cuaca ekstrim. Selain itu juga lebih tahan terhadap berbagai serangan hama dan penyakit.

Kopi Ekselsa merupakan salah satu tanaman kopi yang bisa cepat menghasilkan, sebab dalam kurun 3,5 tahun buahnya sudah bisa dipanen.

Menurut ketua divisi ekonomi, M. Hata Ramadian apabila pengolahan kopi ekselsa ini diolah dengan baik oleh warga desa Pait, maka dapat menyokong perekonomian masyarakat desa Pait.

Selain itu, komoditi kopi ekselsa juga sangat berpeluang untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia yang ada di desa Pait.

Namun ada beberapa hambatan yang dialami oleh petani kopi yaitu masih sederhana nya system pemasaran yang dilakukan. Produk-produk olahan kopi tersebut hanya dijual pada beberapa warung yang ada di sekitar wilayah Kasembon.

Dengan hadirnya kelompok KKN 106 UMM ini, diharapkan dapat membantu untuk memperluas jaringan pemasaran yang ada agar produk olahan kopi khas desa Pait ini khususnya kopi Ekselsa dapat dikonsumsi oleh masyarakat luas.

Kami dari KKN 106 UMM berinisiatif untuk memberikan edukasi dan pengetahuan kepada masyarakat Indonesia khusus nya daerah Jawa Timur, bahwa kopi Excelsa merupakan salah satu kopi terbaik di Nusantara.

Sumber atikel 

  • Chrisna Buana Putra
  • Komp. Abd. Shaleh, Singosari, Malang

Author Jesica Putri

Global Internet Marketing Network, Share internet marketing untuk perusahaan UMKM, Official Editor di Klik Mania dan Bisanego.com"

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Loading…

0