Categories: Internet

Begini Cara Cek Sinyal TV Digital di Rumah

Dalam beberapa waktu kedepan, Indonesia akan melaksanakan digitalisasi siaran televisi. Semua siaran TV analog akan dialihkan ke siaran digital mulai 17 agustus 2021 untuk tahap pertama. Nah, bagaimana cara cek sinyal TV Digital di rumah agar bisa menikmati siaran TV yang lebih jernih?

Siaran TV analog yang sampai saat ini telah mengudara hampir 60 tahun di Indonesia akan segera tergantikan oleh siaran TV digital. Untuk itu masyarakat harus mengetahui sosialisasi tentang hal ini.

Dalam masa peralihan TV analog ke siaran TV digital ini, masyarakat tetap bisa menikmati siaran televisi seperti biasanya. Tetapi sangat dianjurkan untuk mulai merubah tangkapan sinyal antena TV di rumah dari siaran analog ke digital.

Jenis Siaran TV digital

Sebagai informasi, setidaknya ada beberapa jenis siaran TV digital berdasarkan sinyal penerimaannya. Diantaranya :

  • Siaran TV digital yang dipancarkan melalui kabel (cable TV) sistem penyiarannya dinamakan DVB-C (Digital Video Broadcasting-Cable). Contohnya : First Media, Biznet Home
  • Siaran TV digital yang dipancarkan melalui satelit dinamakan DVB-S (Digital Video Broadcasting-Sattelite). Contohnya : Indovision (sekarang MNC Vision) atau Top TV
  • Siaran TV digital melalui darat (tanpa parabola) dinamakan DVB-T (Digital Video Broadcasting-Terrestrial). Stasiun TV memancarkan sinyal digital melalui pemancar atau relay pemancar, diterima antena UHF/ VHF dan dapat dinikmati secara GRATIS.

Untuk Indonesia sendiri siaran TV digital menggunakan standar DVB-T generasi ke-dua (DVB-T2).

Lantas, apakah TV Anda dirumah sudah mendukung siaran TV digital atau sudah bisa menangkap sinyal digital?

Untuk mengetauinya Anda bisa baca artikel ini : Ciri-ciri dan Jenis TV yang Bisa Menangkap Siaran Digital

Cara Cek Sinyal TV Digital di Rumah

Nah, tentunya setiap daerah berbeda-beda untuk jangkauan sinyal TV digital, tergantung dengan wilayah Anda, apakah dekat dengan pemancar siaran TV digital atau lokasinya jauh.

Cara cek Sinyal TV Digital di rumah dapat dilakukan melalui aplikasi sinyalTVdigital yang dapat di unduh melalui Play Store ataupun App store.

1. Setelah aplikasi di unduh, buka aplikasi tersebut, klik izinkan saat aplikasi tersebut meminta izin untuk mengakses lokasi Anda.

2. Selanjutnya, aplikasi akan menampilkan peta sesuai lokasi Anda saat itu.

Hasil cek Sinyal TV Digital di wilayah Solo dan Klaten

3. Pada bagian bawah terdapat map legend. Cek pada peta warna apa yang muncul.

  • Warna merah dan Orange : Kekuatan sinyal bagus / kuat
  • Warna hijau dan kuning : Kekuatan sinyal sedang
  • Warna abu-abu : Kekuatan sinyal lemah

Dalam aplikasi tersebut juga akan terlihat jarak pemancar TV digital paling dekat serta pemancar TV digital disekitar Anda.

Aplikasi tersebut juga akan menampilkan stasiun TV apa saja yang sedang melakukan siaran.

Jadi, apakah daerah Anda sudah tercover sinyal TV digital dengan kualitas gambar dan suara yang jernih?

 

 

Protected with blockchain timestamps

Share
Jesica Putri

Global Internet Marketing Network, Share internet marketing untuk perusahaan UMKM, Official Editor di Klik Mania dan Bisanego.com"

Cek Harga Smartphone Terbaru