Dunia InternetInternet

7 Tips Modifikasi Motor Bagi Pemula

Bagi para pencinta motor, baik sport, retro, vespa, atau bebek dan matic, modifikasi adalah bagian yang tidak terpisahkan. Bahkan ada yang rela merogoh kocekya dalam-dalam untuk mempercantik tampilan motor mereka.

Modifikasi yang dilakukan tentunya bukan asal ubah saja, tetapi benar-benar harus dirancang dengan matang. Pasalnya, selain akan menghabiskan uaang yang tidak sedikit, jangan sampai modifikasi yang dilakukan malah membuat penampilan garang si motor hilang atau bahkan merusak performanya.

Memodofikasi motor adalah hal yang menarik dilakukan. Namun, jangan sampai menciptakan motor modifikasi yang justru mengganggu lingkungan sekitar.

Untuk Anda yang ingin memodifikasi motor, alangkah baiknya jika berpikir panjang dulu tentang tema dan konsep yang diinginkan.

Berikut adalah 7 tips modifikasi motor yang bisa diikuti para pemula

ips Modifikasi Motor Bagi Pemula

1. Mengetahui Jenis Motor yang Akan Dimodifikasi

Mengetahui jenis motor yang akan dimodifikasi menjadi hal yang sangat penting,  apakah itu motor matik, motor bebek/cub, ataukah motor sport.

Bagi Anda yang ingin memodifikasi mesin motor, alangkah baiknya jika mengetahui spesifikasi mesin motor tersebut sehingga tidak salah dalam melakukan perubahan.

Selain itu, meningkatkan perfoma mesin juga pastinya menjadi salah satu tujuan utama dalam memodifikasi mesin motor tersebut.

2. Tentukan Model yang Diinginkan

Setelah mengetahui jenis motor, hal yang harus dilakukan adalah menentukan model modifikasi yang akan digunakan.

Jika memilih konsep modifikasi motor yang sederhana, tetapi tetap terlihat elegan, jenis aksesoris yang dapat digunakan adalah seperti jari-jari pelek roda, stiker, spion, piringan rem cakram, dan lainnya.

3. Hitung dan Siapkan Budget yang Dibutuhkan

Jika ingin menurutkan kata hati, tentu tidak akan memikirkan berapa jumlah uang yang dikeluarkan untuk memodifikasi sebuah motor.

Oleh karena itu, Anda harus benar-benar memperhitungkan berapa budget yang dibutuhkan. Jangan sampai karena ingin mempercantik tampilan motor, Anda menghabiskan seluruh tabungan.

4. Tetap Perhatikan Lingkungan

Memodifikasi motor tidak hanya harus memperhatikan keindahannya saja, tetapi juga tetap harus menjaga lingkungan sekitar.

Jangan mengganti knalpot motor dengan yang bersuara bising. Ini akan menyebabkan polusi suara dan mengganggu parapengguna jalan lain.

5. Tidak Mengubah Warna Dasar Motor

Mengubah warna dasar motor, artinya Anda harus siap mengubah data yang terdapat pada BKPB dan STNK. Ini akan memakan waktu dan biaya yang lebih besar. Lakukan modifikasi sepantasnya saja.

Walaupun tetap saja, itu adalah hak Anda untuk mengganti warna motor. Namun, untuk pemula, tidak disarankan untuk melakukan hal ini.

6. Pilih Bengkel dan Mekanik yang Tepat

Untuk keselamatan dan kenyamanan, pilihlah bengkel dan mekanik yang tepat. Akan lebih baik jika Anda mengenal mekanik atau si pemilik bengkel. Jangan tergiur ongkos yang murah, tetapi hasil akhirnya mengecewakan.

7. Pahami Mesin Motor

Memodifikasi motor sendiri tentu mendatangkan kepuasan yang berbeda. Ada sesuatu yang bisa dibanggakan. Bagi yang ingin memodifikasi motor sendiri, pastikan Anda paham mesin dan bagian-bagian motor.

Anda juga bisa minta bantuan atau pendampingan dari orang yang paham tentang mesin motor. Namun, saat ini terdapat custom kit yang praktis dan mudah diaplikasikan bagi pemula.

Jika ingin mengetahui tips dan trik modifikasi motor lainnya, Anda bisa mengunjungi otoloka.id. akan ada banyak tips dan trik lain yang bisa Anda coba di otoloka. Juga ada banyak informasi otomotif lain yang mungkin Anda butuhkan. Selamat membaca.


Loading...
Baca selengkapnya

Global Internet Marketing Network, Share internet marketing untuk perusahaan UMKM, Official Editor di Klik Mania dan Bisanego.com"

Artikel terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close