in

Zaman Sudah Berubah, Ini Pekerjaan Masa Depan Menurut Jokowi

pekerjaan masa depan
INSTAGRAM JOKOWI

Saat ini, pola hidup manusia sudah berubah drastis. Penyebabnya adalah teknologi yang berkembang begitu pesat yang kemudian memunculkan tatanan kehidupan baru yang sebelumnya tidak pernah terjadi atau dibayangkan oleh manusia.

Mengingat perubahan terus terjadi, maka manusia pun harus siap menghadapi perubahan yang ada tersebut, dan salah satu perubahan yang harus siap dihadapi oleh manusia adalah masalah pekerjaan. Di zaman teknologi seperti sekarang ini, tentu pekerjaan lawas akan digantikan dengan pekerjaan baru, atau yang lebih tepatnya akan ada pekerjaan baru yang muncul akibat pesatnya perkembangan teknologi.

Ini Pekerjaan Masa Depan Menurut Jokowi

Dilansir dari CNBC Indonesia, (21/6/2020), Presiden Joko Widodo berbicara secara rinci terkait masa depan pekerjaan yang akan dilakukan oleh manusia. Menurut orang nomor satu di Indonesia tersebut, pekerjaan yang ada saat ini tak akan lagi ada di masa depan.

Pernyataan Jokowi tersebut disampaikan ketika dirinya memimpin rapat terbatas bersama jajaran menteri dengan topik pembahasan Peta Jalan Pendidikan Tahun 2020 – 2035 melalui video konferensi di Istana Merdeka, kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta.

Jokowi juga mengungkapkan bahwasanya pekerjaan di masa depan tidak akan berdasarkan ilmu yang dipelajari pada masa lalu. Pekerjaan masa depan akan berpijak pada ilmu yang dipelajari saat ini. Ilmu di era saat ini memang berbeda dengan ilmu zaman dahulu di mana era sekarang yang dipelajari adalah artificial intelligence, big data, hingga internet of things.

Intinya, pekerjaan di masa depan akan lebih didominasi dengan pekerjaan yang mengandalkan teknologi. Oleh karenanya, setiap individu harus siap membekali dirinya dengan pendidikan teknologi, khususnya para generasi penerus bangsa agar mereka bisa bersaing di dalam dan di luar negeri.

Terkait masalah ini, Presiden Jokowi juga sudah memerintahkan jajarannya agar mengantisipasi perubahan yang ditimbulkan oleh teknologi, serta meminta agar ada upaya benchmarking terhadap negara-negara yang telah berhasil mengadaptasi sistem pendidikan untuk memenuhi kebutuhan di masa depan.

Baca juga: 7 Pekerjaan yang Bisa Digantikan Robot, Termasuk Profesi Kamu?

“Cara bekerja pada masa depan akan jauh lebih berbeda dengan yang kita alami hari ini. Kita juga harus mengantisipasi perubahan demografi, profil sosial ekonomi, dan populasi, termasuk perubahan besar dalam pasar tenaga kerja yang lebih fleksibel, termasuk perubahan yang sangat cepat akibat COVID-19 yang kita alami saat ini,” ucap Jokowi.

“Untuk itu saya minta dilakukan benchmarking pada negara-negara yang telah berhasil mengadaptasi sistem pendidikan untuk memenuhi kebutuhan di masa depan,” tambah Jokowi. Saat ini, negara-negara yang sukses dalam menghadapi era disrupsi teknologi adalah Australia, Finlandia, hingga Jerman.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Loading…

0