in ,

Cara Membuat Website Dengan IP Address & SSL Tanpa Domain

Apakah bisa membuat website dengan IP address, tanpa menggunakan nama domain? Jawabannya adalah bisa, selain itu kita juga dapat menambahkan SSL agar dapat dibuka dengan aman melalui browser. Untuk membuat web design, Anda juga bisa menggunakan Jasa Pembuatan Website Solo.

Domain memiliki fungsi agar alamat sebuah website dapat diakses oleh pengunjung, selain itu domain juga akan memudahkan seseorang untuk mengingat nama website tersebut.

Dengan kata lain, domain akan lebih praktis untuk mengidentifikasi sebuah website daripada harus mengingat angka-angka IP Address sebagai alamat website.

Tetapi dengan alasan lain, beberapa orang beralasan untuk mengakses website hanya dengan menggunakan alamat IP address saja (alamat IP).

Ada beberapa situasi di mana Anda harus mengakses website hanya menggunakan IP address tanpa menggunakan domain.

Beberapa alasan yang seringkali disebutkan oleh beberapa blogger adalah karena website dengan domain yang mereka kelola diblokir oleh pihak provider sehingga tidak dapat diakses lagi.

Lantas apa saja yang diperlukan untuk membuat website dengan IP address dan SSL?

Anda membutuhkan Dedicated IP Address

Untuk membuat website hanya dengan menggunakan IP address, maka Anda membutuhkan alamat Dedicated IP.

Dengan IP dedicated maka akan memungkinkan Anda untuk bisa mengakses sebuah website hanya melalui IP addressnya saja.

IP dedicated biasanya tterdapat pada layanan VPS hosting, dengan kata lain hanya dengan menggunakan atau menyewa sebuah VPS, maka Anda secara otomatis akan mendapatkan dedicated IP.

Panel Hosting untuk Mengkonfigurasi Website dan SSL

Sayangnya, VPS hosting tidak menyediakan panel hosting secara gratis seperti cPanel pada shared hosting. Tetapi Anda dapat menngintsal dan menggunakan panel hosting lain secara gratis.

Alternatif cPanel gratis yang dapat Anda gunakan diantaranya adalah AA Panel, vesta Panel atau Cyberpanel.

Untuk rekomendasi, Anda dapat menggunakan Cyberpanel dengan fitur web server openlitespeed

Perlu diketahui, hasil benmarch openlitespeed jauh ebih unggul dibandingkan dengan APache atau NGIX untuk website WordPress. Itu artinya akses loading website WordPress Anda juga jauh lebih cepat.

membuat website dengan IP address

Nah, apabila Anda ingin menggunakan VPS dengan Dedicated IP sekaligus Cyberpanel untuk panel hosting, maka Anda dapat menggunakan VPS Digital Ocean.

Apabila Anda menggunakan link tersebut akan langsung mendapatkan credit $100 dari Digital Ocean yang dapat digunakan selama 2 bulan. (pembayaran bisa melalui PayPal).

SSL untuk IP Public

Cara memasang SSL pada IP address sebenarnya sangat mudah, tetapi tidak semua SSL dapat digunakan untuk IP Address, karena IP address sendiri bersifat dinamis dan dapat berubah mengikuti perubahan alamat IP.

SSL gratis seperti Lets Encrypt juga tidak dapat dipasang untuk IP Address, karena SSL tersebut hanya dapat dipasang untuk nama domain saja.

Sebagai gantinya, Anda dapat menggunakan SSL gratis dari Zero SSL atau SSL for Free yang dapat dipasangkan untuk IP Address sebagai pengganti domain.

Untuk SSL berbayar, Anda dapat menggunakan GoGetSSL dengan produk GoGetSSL Public IP SAN atau public IP SSL dari Sectigo.

Cara membuat Website dengan IP Address dan Cara memasang SSL untuk IP Address

Untuk tutorial pembuatan website dengan IP Address dengan pemasangan public IP SLL secara lengkap bisa Anda lihat pada video berikut ini.

 

– Terima Jasa Migrasi Web dari Hosting ke VPS (Cyberpanel)

– Terima Jasa Pembuatan Website dengan IP Address + Migrasi Web Domain lama ke Web IP Address Baru Tanpa Kehilangan Traffic (Cyberpanel)

– Waktu pengerjaan mak 1×24 jam (Akun VPS dibeli sendiri ya, saya hanya terima jasa saja) Kontak WA : 0851 5690 9639 (Chat Only)

Author ganisebastian

Menulis dari berbagai pengalaman pribadi dan bisa dipertanggung jawabkan, jika bermanfaat bagi Anda silahkan share.

Komentar

Tulis Komentar
  1. Buat artikel serupa tapi versi Amazon web service dong min

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Loading…

0