in

9 Kunci Sukses Bisnis Online bagi Pemula yang Efektif

kunci sukses bisnis online

Kunci sukses bisnis online – Berbicara mengenai bisnis online, sekarang ini adalah hal yang sangat populer saat ini. Bahkan saat ini, banyak sekali anak anak muda yang saat ini terjun ke hal ini. Karena saya lihat di sosial media seperti di facebook maupun di instagram itu banyak sekali orang yang jualan barang, mulai dari alat untuk game hingga jualan berbagai produk fashion dan sebagainya.

Namun kemudahan dalam segala hal di era digital ini pun tak semata mata mudah. Namun ada banyak hal lain yang nanti pasti kita temui. Misalnya saja adalah ketertarikan pelanggan itu sendiri. Jika kita memiliki suatu barang atau jasa yang ingin dijual secara online, walau kelihatan menarik di mata kita, namun kalau orang lain tidak tertarik maka gak akan terjadi penjualan.

Itu benar!

Karena menurut pengalaman saya sendiri dalam melihat trend bisnis online ini memang semakin tahun pertumbuhannya semakin meningkat. Tapi saat saya telusuri di berbagai forum forum bisnis online, saya sering mendapati banyak yang berhasil, namun sangat banyak sekali yang gagal. Dan setelah saya telusuri lebih dalam lagi, orang yang beberapa kali gagal dalam bisnis online mereka akhirnya berhenti, baik sejenak ataupun berhenti permanen.

Sebenarnya mereka yang gagal itu karena mereka tidak tahu akan kunci sukses bisnis online. Mereka hanya melihat orang sukses lalu ingin mempraktikannya. Udah gitu aja. Tanpa mereka belajar terlebih dahulu dan menganalisa dari berbagai sudut pandang.

Hal itulah yang menyebabkan grafik dari pertumbuhan pelaku bisnis online yang meningkat namun yang gagal meningkat. Karena orang yang mencoba itu juga terus menerus ada dan orang yang gagal juga terus menerus ada. Hanya beberapa orang saja yang bertahan.

Kunci sukses bisnis online

Kalau untuk mereka yang sudah berpengalaman dan sudah lama berkecimpung dalam dunia bisnis online mereka kadang awet walau banyak pendatang baru. Karena mereka sudah tahu mengenai seni dan kunci bisnis online. Namun mereka juga terus memperbarui pengetahuan dan ilmu yang dimiliki untuk bisa bersaing. Namun bagi mereka yang tidak mau mengupgrade wawasan mengenai perkembangan zaman, maka walaupun mereka sudah lama dan sudah besar, mereka pun akan bangkrut.

1. Belajar dan menambah pengalaman

kunci sukses bisnis online

Ingatlah, bahwa hal yang harus anda lakukan untuk membuat bisnis online yang sedang anda kembangkan maju itu bukan soal uang dan keuntungan penghasilan semata, namun belajar dan menambah pengalaman adalah hal yang diutamakan. Itu penting, karena dengan ilmu dan pengalaman yang anda miliki, maka uang pun yang akan mengejar anda nantinya, jadi anda tak perlu repot repot yang mengejar uang.

Anda perlu membiasakan diri dengan belajar dan menambah pengalaman. Itu merupakan kunci sukses bisnis online yang dapat anda menuntun anda untuk dapat terus melaju dalam mengembangkan bisnis online.

Karena pengguna bisnis online itu sangat besar, baik dari segi penjual maupun pembeli, maka hal ini akan menjadikan anda dituntunt untuk lebih baik daripada yang lain. Karena jika anda kalah dengan pesaing, maka semakin lama usaha anda pun akan semakin bangkrut.

Menurut saya belajar bisnis online itu bisa darimana saja. Gak perlu guru privat untuk les materi bisnis online. Karena mereka yang sudah pandai dan sudah benar benar sukses dalam hal bisnis online biasanya akan membagikan tata cara dan ilmunya kepada banyak orang dengan gratis. Karena kalau mereka masih membuka les privat baik online maupun offline padahal dia sudah mendapatkan banyak penghasilan dari bisnis onlinenya itu, maka itu menjadi tanya tanya besar.

Belajar dari forum-forum bisnis seperti ads.id dan dari sumber lain di internet itu sudah bagus bahkan lebih lengkap. Namun yang perlu anda perhatikan adalah anda harus pandai pandai dalam mengatur dan memfilter segala hal yang masuk ke pikiran. Yang baik di ambil, sedangkan yang buruk di tinggalkan.

2. Sabar

kunci sukses bisnis online

80% orang gagal dalam bisnis online itu karena tidak mengetahui bagaimana cara menahan kesabaran mereka di saat keterpurukan menerpa. Mungkin hanya butuh waktu beberapa langkah lagi di depan mata, namun mereka berbalik arah dan meninggalkan keberuntungan yang telah dekat. Ini yang sering dilakukan oleh banyak orang.

Sebenarnya mereka sudah tahu langkah langkah untuk mencapai kesuksesan, namun mereka tidak mampu menahan kesabaran itu untuk tetap ada pada dirinya. Saya juga sering mengalami hal demikian. Misalnya saya sudah berjualan dengan benar, tiap hari promosi dan selalu mengikuti panduan sukses berjualan. Namun hasil yang didapat tidak ada perubahan.

Nah dikondisi itulah biasaya seseorang berkecamuk banyak hal, misalnya pikiran yang berlebih lebihan rasa takut, rasa khawatir dan sebagainya. Karena bagaimanapun jika kita sudah berusaha lama tapi tak kunjung juga menghasilkan uang, maka diri kita akan goyah, selain jadi omongan orang lain, kita juga merasa hal yang selama ini kita lakukan itu sia sia.

Dibalik layar orang sukses ada kesabaran yang luar biasa

Kita tahu bahwa orang sukses itu melewati perjuangan berat hingga ia benar benar bisa sukses. Namun banyak orang hanya melihat kesuksesannya sebatas itu saja, tanpa melihat bagaimana perjuangan yang telah ia capai.

Namun jika anda terus menerus menghadapi kegagalan, maka silakan lakukan instropeksi terhadap diri anda sendiri. Karena mungkin ada hal yang salah yang kita lakukan sehingga menyebabkan hal tersebut terjadi pada kita.

Jadi selain sabar, kita juga perlu bertindak untuk melakukan perubahan cara yang biasa kita lakukan. Karena mungkin dari situlah penyebab kita sulit sekali mencapai kesuksesan. Atau kalau kita memang sudah melakukan segalanya dengan benar dan terus melakukan perubahan ke arah yang lebih baik tapi masih gagal dan gagal, maka hanya waktu yang tinggal menentukannya.

Jangan pernah melupakan kunci sukses bisnis online satu ini karena ini sangat penting untuk dimiliki dalam sifat anda sendiri. Jangan pernah putus asa walau ada banyak sekali rintangan yang mungkin menghalangi diri anda di tengah jalan nantinya.

3. Menemukan passion

kunci sukses bisnis online

Dibagian ini anda sudah mulai terbiasa dalam hal bisnis online. Namun anda tetap harus belajar dan belajar. Disini anda seperti sudah punya pembimbing untuk diri sendiri yang menuntun diri anda, sehingga anda dapat menentukan hal terbaik dan menemukan hal hal yang terbaik.

Nah disini pula anda harus sudah mampu melihat kondisi pasar dengan baik, memprediksi permintaan pasar, trend, dan juga kompetisi. Perlu anda tahu, bahwa sukses atau tidaknya anda dalam berbisnis online itu tergantung dari validasi pasar atau memprediksi ketepatan pasar disuatu saat nanti. Jika anda sudah punya passion yang matang dalam hal ini, maka melakukan hal seperti itu akan sangat mudah.

Jadi kalau memang bisnis yang sedang anda lakoni itu adalah sebuah trend sesaat, maka anda pun tidak bisa mengelak lagi bahwa di masa yang akan datang bisnis itu akan gulung tikar. Ya memang sekarang kita tahu bahwa banyak sekali perusahaan yang gulung tikar hanya karena mereka tidak bisa beradaptasi dengan baik dan tidak mampu menemukan hal terbaik untuk mengatasi masalahnya tersebut.

Jadi jika setidaknya 3 bulan atau 6 bulan dalam menjalankan bisnis online, maka anda akan memiliki passion. Karakter anda akan ini semakin kuat. Hal ini pun biasanya dirasakan oleh semua orang yang telah memiliki waktu cukup dalam berbisnis online.

Bagi anda yang tergolong pemula, maka anda harus terus menerus berlatih dan terus menerus memberikan segala sesuatu yang terbaik. Karena itu adalah kunci sukses bisnis online yang tidak bisa dilakukan dalam sekali jadi. Namun perlu konsistensi yang dilakukan secara berkesinambungan sehingga anda bisa sukses dalam hal ini.

4. Terus berinovasi

Pebisnis online itu dituntut untuk bisa berinovasi. Kenapa? Dengan inovasi itulah mereka akan terus berkembang terhadap segala gempuran persaingan yang ada. Tanpa adanya inovasi, seseorang akan sulit berkembang.

Seorang ahli intenet marketing mereka selalu mencari solusi untuk bisa mendapatkan pelanggan sebanyak mungkin, demikian pula para copywriting, ahli SEO dan sebagainya. Jadi kalau anda tidak pernah mencoba membuat terobosan baru untuk membuat segalanya menjadi mudah, maka hal itu tidak akan pernah bisa mendapatkan kemajuan.

Misal anda jualan online, maka anda dituntunt harus bisa menjual lebih banyak dari waktu ke waktu. Jika anda buka jasa online, anda harus tahu bagaimana cara membesarkan jasa tersebut hingga mendapatkan banyak pelanggan. Jadi anda jangan diam di tempat untuk menunggu perubahan, tapi andalah sendiri yang harus berbuat perubahan.

Ya inilah kunci sukses bisnis online yang sebenarnya. Mereka para perusahaan yang dulunya kecil sekarang menjadi besar itu karena mereka terus berinovasi dan memperluas dirinya. Bahkan mereka yang sudah memiliki nama besar pun jika tidak terus melakukan inovasi, maka mereka akan tumbang pada masanya.

Jadi silakan anda lakukan inovasi untuk bisnis online anda dan segera lakukan perubahan. Apakah anda sudah siap untuk berubah?

5. Pelayanan yang tidak ribet dan berbelit-belit

kunci sukses bisnis online

Pernah gak anda menemukan suatu toko online yang ribed dan terkesan berbelit belit? Saya sendiri sering menemui seperti ini. Seperti metode pembayaran yang tidak tersedia secara lengkap, website yang rumit dan sebagainya. Nah saya sendiri akan menghindari hal semacam itu bila memang tidak benar-benar dibutuhkan sekali.

Segala jenis bisnis, baik itu lingkup kecil maupun lingkup besar, pasti tetap ada suatu hubungan dengan orang lain. Nah hubungan dengan orang lain itulah yang mengakibatkan kita harus bisa memberikan pelayanan yang terbaik kepada mereka.

Inilah kunci sukses bisnis online yang jarang diperhatikan oleh seseorang yang baru terjun ke dunia bisnis online. Mereka kadang hanya memberikan banyak perhatian kepada pengembangan usahanya, tapi melupakan pelayanan kepada para pelanggannya. Hal inilah yang akan menjadikan mereka tidak bisa berkembang lebih lama, tidak lama pasti akan bangkrut.

Jika anda membangun bisnis online, usahakan anda mau menyediakan kontak di facebook dan BBM/whatsapp. Jangan hanya menyediakan form atau email saja. Karena banyak orang yang kesulitan akan hal tersebut. Hal ini memang masalah sepele, namun akan berdampak pada bisnis online kedepannya.

Contohnya lagi adalah mengenai sistim pembayaran. Kita perlu mencontoh para toko online yang sudah mapan seperti lazada dan sebagainya. Mereka menyediakan pembayaran yang beragam, mulai dari kartu kredit hingga alfamart.

Namun jika anda tidak ingin repot untuk membuat banyak sekali akun, maka cukup menggunakan 1 akun per masing masing jenis saja. Misalnya saja untuk bank bisa menggunakan bank BCA, ATM bersama, untuk pembayaran online melalui paypal, dan juga menyediakan pembayaran melalui keinginan pembeli. Karena pengunjung yang tidak memiliki sistem pembayaran biasanya akan memilih ke yang lainnya.

6. Mengutamakan kualitas

Jangan sampai karena mengedepankan pesanan anda akan menggunakan kuantitas yang didahulukan daripada kualitas. Ini sangat tidak baik menurut saya. Menurut saya lebih baik mengutamakan kualitas daripada kuantitas. Kenapa? Karena kualitas itu akan menimbulkan kepercayaan yang terus menerus kepada mereka yang pernah menggunakan jasa bisnis online anda. Namun jika mementingkan kuantitas, lalu mereka tidak puas, maka mereka akan menjadi penyebar hal buruk. Ini sudah terbukti.

Jadi mengutamakan kualitas adalah hal yang benar benar diutamakan. Karena tanpa kualitas yang baik, maka reputasi kita semakin lama semakin menurun. Perlu anda tahu, bahwa menaikan reputasi itu sangat sulit, namun reputasi itu akan sangat mudah turun. Sama halnya kita membuat istana pasir laut. Kalau terkena air langsung ambruk, padahal kita sudah membangunnya dengan detail dan dalam waktu yang sangat lama.

Misalnya anda membuka jasa tulis artikel. Jika anda tidak mengutamakan kualitas, maka anda akan kehilangan banyak pelanggan lagi nantinya. Karena jika 1 orang tidak puas, pasti mereka tidak akan merekomendasikan kita. Lalu jika hal ini terus berlanjut dari mulut ke mulut, maka reputasi kita akan semakin buruk sehingga kita tidak akan mendapatkan pembeli.

Baca : Strategi Marketing Lazada yang Dapat Anda Contoh

7. Cepat dan tanggap

Ini adalah kunci sukses bisnis online yang perlu anda perhatikan baik baik. Karena seseorang itu akan beralih ke jasa/penjual lain yang serupa apabila mereka tidak menanggapi permintaan penjualan dalam waktu 10 menit. Ini benar. Jadi hal ini memaksa anda untuk stay di depan monitor untuk menunggu seseorang menghubungi anda.

Nah kebutuhan untuk cepat tanggap ini memang harus dimaksimalkan. Jika terlambat, maka anda akan kehilangan pembeli.

Sebenarnya, saat seseorang ingin membeli sesuatu, mereka memiliki kebiasaan banyak bertanya dan mereka menghubungi banyak penjual. Dan menurut pengamatan, bahwa mereka yang menjawab pertama kali, akan berpeluang lebih besar untuk terjadi transaksi daripada yang kedua atau seterusnya. Selain itu, kita juga harus ramah kepada pembeli, dan juga mau menjawab dengan santai setiap pertanyaan pengunjung.

Namun jika anda tidak ingin hal itu dilakukan secara terus menerus, karena jika tidak punya cs sendiri, maka ini akan sangat menyusahkan. Maka anda bisa menyiasati dengan menggunakan bot untuk menjawab setiap pertanyaan. Jadi ini akan memudahkan anda saat anda sedang beristirahat dan sebagainya.

8. Kerja sama, jangan melakukan segalanya sendiri

kunci sukses bisnis online

Banyak perusahaan besar itu mereka bangun dari hasil kerja sama dengan sesama rekan. Misalnya google, apple, microsoft, facebook. Mereka itu pada awalnya adalah suatu proyek yang dikerjakan dengan teman teman mereka. Karena kerja sama itulah membuat mereka menjadi perusahaan besar yang jadi tujuan investasi banyak orang.

Kunci sukses bisnis online adalah kerja sama. Anda bisa menggaet teman lain, atau perusahaan lain untuk bekerja sama dengan anda. Hal inilah yang nantinya akan menjadikan diri anda lebih mudah mencapai kesuksesan. Namun perhatikan betul dalam bekerja sama. Yang penting dapat berlangsung terus menerus dan saling menguntungkan. Buat surat perjanjian dulu sebelum melakukan kerja sama. Jadi anda dapat dengan mudah melakukan penuntutan jika ada penghianatan dalam kerja sama.

9. Punya tujuan jangka pendek maupun jangka panjang

Punya visi dan misi yang jelas kedepan meruapakan kunci sukses bisnis online yang harus dimiliki oleh seorang pebisnis online. Jadi harus tahu buat apa kita melakukan hal itu, dan apa hal yang harus diraih dalam beberapa waktu kedepan.

Ini penting agar anda memiliki suatu target tersendiri untuk mencapai tujuan itu. Karena kalau punya bisnis online tapi tidak punya tujuan itu sama halnya dengan melakukan perjalanan jauh tapi tidak punya tujuan kemana tempat yang ingin dituju dan tidak tahu arah.

Baca : Strategi Bisnis Orang Tiong Hoa yang Menjadikannya Sukses

Demikianlah pembahasan mengenai kunci sukses bisnis online bagi pemula. Semoga artikel ini bermanfaat bagi anda yang sedang ingin berjualan barang atau jasa lewat online. Terus manfaatkan dunia internet, karena kedepannya hal ini akan terus berkembang dan memberikan profit yang tinggi.

Author Blogedewek

Salam kenal semuanya, Saya Blogedewek. Hobi saya membaca, berkebun, dan tidur. Suka nulis juga di blog klikmania tercinta ini. Saya juga pemilik dari tokofora yang menjual padi basmati.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Loading…

0