in

Air Terjun Seloprojo Wisata Segar dan Sejuk di Magelang Cocok untuk Keluarga

Sudahkah anda mengunjungi tempat wisata air terjun yang satu ini? kalau kamu anak magelang dan sekitarnya kamu harus mengunjungi wisata air yang sangat sejuk nan segar ini, namanya adalah wisata air terjun seloprojo.

Wisata air terjun seloprojo adalah satu air terjun yang berada di lereng gunung telomoyo dan gunung andong, tempatnya tidak jauh dari jalan raya, jadi tidak perlu khawatir dengan akses jalan menuju tempat ini.

Magelang memang banyak sekali tempat wisata, entah itu yang alami atau memang dibuat seperti putuk-putuk yang terkenal sekarang ini. Contoh seperti putuk yang digunakan untuk syuting film AADC beberapa bulan terakhir.

Kota yang dihimpit oleh gunung-gunung ini memang cukup menarik untuk di kunjungi, karena wisatanya yang banyak. Salah satunya gunung andong yang cukup terkenal karena aksesnya puncaknya yang mudah dan di sekitarnya seperti bumi perkemahan mangli yang tak kalah sejuknya.

Di sebelah Utara Gunung andong ada beberapa rentetan wisata yang cukup menarik salah satunya adalah air terjun Seloprojo atau dikenal dengan curug sumuran. Air terjun sumuran ini terletak di desa seloprojo kecamatan ngablak, kabupaten magelang. Karena tempat ini terletak di desa seloprojo ada juga yang mengatakan kalau curug ini adalah curug seloprojo.

Air terjun seloprojo memiliki ketinggian sekitar 35 meter, dengan di bawahnya sudah terbangun seperti kolam yang indah bisa untuk bermain anak-anak. Letaknya yang berada di daerah pegunungan membuat air di air terjun seloprojo ini sangat dingin dan sejuk, anda tidak akan kecewa dengan kesejukan nan damai di tempat wisata ini.

Kenapa di namakan dengan air tejun sumuran? di namakan dengan air terjun sumuran di karenakan pada air terjun ini terdapat lubang seperti sumur berkedalaman sekitar 8 sampai 10 meter.

air terjun seloprojo
Air terjun seloprojo via mathiasfix kompasiana

Lokasi dan Rute menuju air terjun seloprojo

Lokasi wisata air terjun sumuran Terletak di Desa Seloprojo, Kecamaan Ngablak, Kabupaten Magelang, Propinsi Jawa Tengah.

Akses jalan untuk menuju tempat ini menurut saya standar pegunungungan dengan ciri khas jalan yang berkelok-kelok. Tapi asik kok pemandangan di perjalananya juga membuat kita senang walaupun anda tidak berkunjung sampai di tenpat tujuan. Di kelilingi kebun-kebun kubis, dan area persawahan yang luas membuat kesan sejuk menjadi lebih terasa.

Akses Menuju air terjun sumuran

Data dibawah ini adalah data yang saya ambil dari blog pribadhi saya, karena saya sendiri anak daerah situ yaitu kecamatan grabag. Jadi anda tidak usah takut sampai kesasar karena kebanyakan masyarakat grabag sudah tahu dengan curug seloprojo ini.

Untuk daerah-daerah teman-teman silakan ambil rutenya masing-masing di bawah ini.

Dari arah magelang, temanggung, wonosobo

Untuk temen-temen yang dari arah magelang dan temangung bisa menuju ke seloprojo dengan melewati rute arah secang. Setelah sampai di perempatan lampu merah secang ambil arah semarang sampai di pertigaan kerincaing, ambil kanan arah grabag, lurus terus sampai menemukan pasar grabag.

Setelah sampai arah grabag, ambil kiri atau sampai menemukan pertigaan. Ambil kanan arah ke air terjun sekarlangi  dan lurus terus skitar 4km ke desa seloprojo. Untuk jalan sedikit bekelok-kelok dan naik tajam, harap berhati-hati.

Dari arah semarang

Untuk dari arah semarang sama mudahnya, anda hanya haru menuju ke grabag dan lainya seperti arah temanggung dan magelang di atas. Atau simplenya jika mau bertanya ke penduduk setempat yaitu lewat depan Puskesmas Grabag menuju ke Seloprojo. Jalan-jalan di area ini sudah beraspal tetapi berkelok-kelok ciri khas pegunungan.

Kalau sudah sampai di Desa Seloprojo dilanjutkan dengan berjalan kaki menyusuri jalan setapak.  Untuk yang mengendari mobil dapat parkir kendaraanya dihalaman rumah penduduk stempat.  Jarak dari desa ini ke air terjun sekitar 1,5 km. Jika naik motor dapat langsung diparkir di dekat loket penjualan tiket atau dikendarai menyusuri jalan tanah hingga ke areal hutan pinus, tidak jauh dari air terjun.

Fasilitas yang di sediakan

Fasilitas yang di sediakan pada wisata ini sudah memenuhi standar wisata air. Diantaranya adalah kamar kecil untuk mandi bilas dan membersihkan diri setelah bermain. Area camping ground yang cocok sekali untuk tempat bermain anak sekolah dan kolam yang berada dibawah air terjun tentunya yang airnya sangat segar sekali.

Dan tidak lupa jembatan kecil dari besi berada di depan air terjun sebagi spot foto keren yang membuat sobat semakin hits nantinya . hehehe

Tiket dan Parkir

Harga tiket masuk pada air terjun sumuran seloprojo ini bisa dibilang sangat murah. Anda tidak harus merogoh dompet dalam-dalam untuk bermain di wisata seloprojo. Harganya adalah  Rp 2.200 per orang dan parkir sepeda motor Rp 1.000. Lokasi parkir dan air terjun bisa saya bilang cukup dekat tapi juga cukup jauh, sekitr 500 meter, ya cocoklah untuk ngobrol-ngobrol sambil jalan.

Untuk ke tempat ini anda juga bisa mengajak anak-anak, keluarga besar atau bersama teman-teman sekelas. Karena kondisi airnya juga bersih dan tidak pada sungai besar, saya rasa tempat ini cocok untuk bermain bersama.

Author mas qirun

Hanya seorang pemuda yang masih labil dan penuh dengan ketidak pastian, tetapi saya masih terus belajar dan berupaya untuk berbagi berupa, pengalaman, tempat yang pernah di kunjungi, atau hanya sekedar menulis opini pribadhi