Tekno

Amankah Menggunakan Smartphone Saat Hujan? Berikut Penjelasannya!

Beberapa hari ini memang sering terjadi hujan di beberapa wilayah Indonesia, ketika hujan deras bahkan disertai dengan petir kita harus menjaga diri agar terhindar dari bahaya. Belakangan ini, banyak beredar berita miring menggunakan smartphone saat hujan bisa tersambar petir. Benarkah?? Berikut penjelasannya!

Ketika kita berada diluar ruangan saat hujan petir misalnya berada di ketinggian, di bawah pohon, berada didekat infrastruktur logam besar dapat meningkatkan resiko tersambar petir.

Amankah Menggunakan Smartphone Saat Hujan?

Amankah Menggunakan Smartphone Saat Hujan
Amankah Menggunakan Smartphone Saat Hujan

Banyak orang beranggapan, bahwa menggunakan smartphone ketika hujan turun dapat menyebabkan tersambar petir. Hal ini tergantung dimana kamu menggunakannya, akan beresiko ketika menggunakan smartphone diluar ruangan.

Apalagi kamu berada di dekat dengan struktur logam atau dibawah pohon, hal itu akan memicu terjadinya sambaran petir. Tapi ketika akmu menggunakan smarphone didalam ruangan, maka tidak akan beresiko tersambar petir.

Smartphone terbukti tidak mengandung logam dengan jumlah yang banyak, juga merupakan perangkat dengan daya yang rendah. Jadi tidak akan memicu sambaran petir.

Benda-benda lain yang mengandung logam dalam jumlah yang kecil. Seperti perhiasan, ponsel, perak, dan sebagainya tidak akan menarik sambaran petir.

Meskipun menggunakan smartphone didalam ruangan tidak memicu tersambar petir, tapi kamu tidak boleh menggunakan smartphone saat dihubungkan dengan pengisi daya ( charge ). Karena aliran listrik tersebut bisa menyebabkan sambaran petir.

Baca juga : Inilah Alasan Tidak Boleh Menggunakan Charger Sembarangan untuk Ponsel

Tips Agar Aman Dari Sambaran Petir
Tips Agar Aman Dari Sambaran Petir

Pasti pernah dengar kan kasus orang tersambar petir? Walaupun hal itu jarang terjadi, tapi setiap orang yang tersambar petir pasti langsung hangus, bahkan bisa tewas. Itu karena mereka berada ditempat yang salah, pada waktu yang tidak tepat pula.

  1. Ketika berada didalam rumah, sebaiknya cabut alat elektronik dari sumber listrik terutama televisi. Antena televisi yang dipasang terlalu tinggi dapat memicu tersambar petir, untuk itu sebaiknya matikan televisi ketika hujan petir.
  2. Saat berada diluar ruangan, sebaiknya jangan berlindung dibawah pohon atau didekat struktur logam. CariĀ  tempat berteduh yang aman, ketika kamu dipinggir jalan dan di ruangan terbuka lebih baik kamu berjongkok.
  3. Apabila saat hujan petir kamu sedang berada di kolam renang, sebaiknya kamu langsung meninggalkan kolam renang. Karena air dapat menghantarkan listrik secara sempurna, sehingga lebih besar kemungkinan kamu bisa tersambar petir.
  4. Berlindung didalam mobil lebih aman, karena petir yang menyambar tidak akan menembus ke dalam kendaraan.

Loading...

Menyukai Traveling dan Fotography

Artikel terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close