Internet

Apa itu Pengertian Server dan Hosting ? Dan Apa Fungsinya Bagi Website ?

Bagi pelaku bisnis yang berkecimpung di dunia jasa pembuatan website istilah hosting dan server bukanlah suatu hal yang asing. Keduanya memiliki keterkaitan satu sama yang lainnya. Terus Apa itu server ? dan Apa itu hosting ?

Server adalah sebuah sistem komputer yang menyediakan layanan tertentu dalam satu jaringan komputer. Server memiliki hardware dan software yang berfungsi untuk pemberi data ke web client ( Browser ) agar bisa menampilkan atau menunjukan halaman situs atau website tertentu.

Hardware ( Perangkat keras ) server memiliki RAM dan Prosesor yang bertugas menjalankan sebuah sistem operasi yang disebut “ network operating system “.

Software ( Perangkat lunak ) server bertugas untuk mengontrol akses file – file yang ada di dalam website. Contoh perangkat lunak yang sering digunakan untuk server, seperti : NginX, Zeus,Apache, Apache Tomcat dan lainnya.

Seperti apa cara kerja server ? secara umum server akan bekerja sesuai permintaan client ( browser ) yang kita pakai. Misalnya : Mozilla Firefox, Chrome, internet Explorer dan browser lainnya.

Dan ketika kita akan mengetikanan sebuah nama website pada browser, maka server akan merespon dengan mengirimkan informasi yang kita minta ke halaman browser kita.

Secara garis besar, server akan bekerja ketika ada permintaan dari client. Client di sini adalah browser yang biasa kamu pakai. Seperti Chrome, Mozilla Firefox, Internet Explorer, Safari dan masih banyak yang lain.

Ketika kamu mengetik sebuah alamat website, maka server segera merespon permintaan kamu dan mengirimkan isi website pada halaman browser.

Hosting adalah tempat , media atau lokasi untuk menyimpan file – file data website dalam bentuk gambar, video, tulisan maupun kode – kode pemrograman.

Hosting merupakan sebuah server dengan teknologi tinggi dan disediakan oleh penyedia jasa layanan hosting.

Penyedia layanan hosting terbaik di Indonesia yang bisa kalian coba adalah www.domainesia.com/hosting yang menawarkan paket pilihan hosting sesuai kebutuhan kita dengan harga yang terjangkau.

Secara umum layanan dari jasa penyedia hosting yang bisa kita nikmati seperti : Dedicated hosting, shared hosting, Vps ( virtual Private server ) dan Colocation server.

Kalau diumpamakan sebuah toko buku, hosting itu seperti sebuah Toko Buku dan website adalah buku – bukunya.

Jadi, hosting sangatlah penting bagi website karena berfungsi untuk membuat website agar selalu bisa online dan bisa diakses dimana saja selagi hosting tetap terjaga dan tidak mengalami kendala atau masalah.

Oh ya, pernah mendengar kata “ Server Hosting indonesia, Server Hosting Singapura dan Server Hosting USA “ ?

Server hosting Indonesia maksudnya adalah komputer web server yang digunakan untuk menyimpan data website dan berlokasi ( terletak ) di Indonesia.

Kelebihannya adalah cepat diakses oleh pengguna internet dari Indonesia karena jaraknya pendek, cocok untuk website yang pengunjungnya lebih banyak dari Indonesia,

Server hosting Singapore adalah Komputer Web Server yang digunakan untuk menyimpan data website dan yang terletak di Singapore.

Kelebihannya adalah cocok untuk website yang penjungnya berasal dari negara Indonesia dan Wilayah Asia pasifik.

Server hosting USA adalah Komputer Web server yang digunakan untuk menyimpan data website yang terletak di USA. Kelebihannya adalah cepat diakses dari seluruh dunia karena pusat server internet dunia berada di USA dan cocok untuk website dengan pengunjung dari seluruh dunia.

Demikianlah artikel tentang pengertian server dan hosting serta Fungsinya Untuk Website. Semoga bermanfaat.


Loading...
Baca selengkapnya

Global Internet Marketing Network, Share internet marketing untuk perusahaan UMKM, Official Editor di Klik Mania dan Bisanego.com"

Artikel terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close