Internet

Apa Sih Maksud 3G, 4G, 5G?

Di zaman teknologi seperti sekarang ini, internet merupakan salah satu kebutuhan penting bagi manusia. Saat ponsel terhubung dengan internet, kecepatan internet sangat dipengaruhi oleh kekuatan sinyal yang terlihat pada ponsel dalam bentuk seperti 3G, 4G, atau 5G.

Penggunaan huruf G ini merujuk pada kata “Generasi”. Namun, banyak dari pengguna internet yang masih belum memahami dengan baik apa itu jaringan 3G, 4G, atau 5G. Agar lebih paham, yuk simak ulasan berikut.

Memahami Perbedaan 3G, 4G, dan 5G

jaringan Internet dunia

1. Jaringan Seluler 3G

Jaringan seluler ini pertama kali digunakan pada tahun 2003. Namun, sebenarnya 3G sudah diperkenalkan di dunia sejak 1998. Hadirnya jaringan seluler 3G menjadi harapan baru bagi para penggemar video call.

Awalnya banyak pengguna telepon seluler yang kurang berminat dengan jaringan seluler ini, mengingat pemahaman mengenai video call dan streaming masih minim. Hingga pada akhirnya penggunaannya ini semakin meluas, terutama pada teknologi nirkabel.

Ciri khas yang dimiliki 3G yaitu terletak pada penanganan data broadband dan merupakan syarat bagi smartphone yang memproses aplikasi berat data yang terhubung dengan jejaring sosial, streaming musik video dan sistem GPS.

Pemakaian jaringan internet ini memiliki kecepatan maksimal internet mencapai 0,2 Mbps. Bahkan beberapa kartu perdana internet sudah dapat menggunakan kecepatan internet lebih dari itu atau bisa disebut dengan 3,5 G atau 3,75 G.

2. Jaringan Seluler 4G

4G merupakan jaringan seluler generasi ke-4 yang baru diperkenalkan di Indonesia pada tahun 2008, dengan mengembangkan WIMAX (Worldwide Interoperability for Microwave Access).

Namun, teknologi LTE yang setara WIMAX menjadi lebih populer. Jaringan ini sangat mendukung performa layanan mobile internet yang mulai dikenal pada era 3G. 4G menyediakan jaringan internet berkecepatan tinggi, kapasitas tinggi dan kualitas tinggi kepada pengguna.

4G menawarkan standar kecepatan akses searching, pelayanan games, video dengan kualitas tinggi hingga TV support. Jaringan ini digadang memiliki kecepatan maksimal hingga 100 Mbps.

Dengan demikian, berbagai pekerjaan menjadi semakin lancar jika ponsel pintar menggunakan jaringan seluler 4G. Selain itu, penggunaan jaringan ini juga tetap menjaga tingkat keamanan, mengurangi biaya layanan suara dan data, serta internet dan multimedia melalui IP.

3. Jaringan Seluler 5G

5G merupakan jaringan seluler generasi berikutnya yang menawarkan kecepatan internet yang lebih tinggi. Selain itu, perangkat yang menggunakan jaringan 5G dinilai memiliki koneksi yang lebih baik dibandingkan generasi sebelumnya.

Hal ini tidak terlepas dari penggabungan teknologi jaringan mutakhir dan penelitian penelitian terbaru. Jaringan 5G memiliki kecepatan maksimal mencapai 35.46 Gbps. Itu artinya kecepatannya jaringan ini 35 kali lipat dari jaringan 4G.

Memang jaringan ini masih belum dikomersialkan di pasaran. Namun, jaringan 5G diperkirakan dapat berpengaruh besar terhadap perkembangan internet of thing dan smart homes di masa yang akan datang.

Kemungkinan teknologi jaringan ini akan terus ditingkatkan hingga level yang belum diperkirakan sebelumnya. Dan bukan tidak mungkin jika nantinya banyak kartu perdana internet yang menyediakan jaringan ini, untuk mendukung kegiatan komunikasi agar semakin cepat dan mudah.

Hadirnya jaringan 3G. 4G, dan 5G tidak terlepas dari meningkatnya kebutuhan manusia untuk komunikasi jarak jauh. Jaringan yang baru diperkenalkan untuk menjawab kekurangan pada generasi sebelumnya.

Generasi baru memiliki kecepatan, kualitas dan kapasitas yang lebih tinggi dari jaringan sebelumnya, terutama jaringan 5G dengan kecepatan hingga 35.46 Gbps. Dengan demikian, pekerjaan manusia terkait dengan penggunaan internet menjadi lebih cepat dan mudah.


Loading...
Baca selengkapnya

Global Internet Marketing Network, Share internet marketing untuk perusahaan UMKM, Official Editor di Klik Mania dan Bisanego.com"

Artikel terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close