Internet

Aplikasi Kok Bayar, Kenapa Tidak Gratis Saja? Ini Alasannya

Aplikasi kok bayar – Sebagai pengguna komputer kalian pasti pernah banget berhubungan dengan yang namanya aplikasi atau software bukan. Ya, aplikasi/software adalah sebuah program perangkat lunak yang wajib di miliki oleh sebuah komputer. Tanpa aplikasi, perangkat elektronik seperti komputer atau bahkan smartphone sekalipun bukanlah apa-apa melainkan hanya barang rongsokan belaka.

Itu fakta loh, karena dengan adanya aplikasi, komputer bisa beroperasi serta menjalankan fungsi-fungsi sebagaimana mestinya. Tapi yang disayangkan adalah enggak semua aplikasi itu tersedia secara gratis. Meskipun faktanya yang gratis ada banyak, tapi yang berbayar juga tak kalah banyak.

Maka dari itu, terkadang beberapa pengguna komputer seringkali merasa kesal setelah mendownload suatu aplikasi yang ukurannya gede namun ketika dibuka ternyata ia diharuskan untuk membayar atau yang lebih beruntung ia akan menemui versi trial yang kadang-kadang fiturnya terbatas.

Tentu saja pengalaman ngeselin seperti itu sudah biasa dialami oleh sebagian besar pengguna komputer. Tapi, jika terjadi berulang kali, bukannya tidak mungkin itu akan memancing emosi mereka karena seolah-olah merasa tertipu setelah menghabiskan banyak waktu dan paket data internet hanya untuk hal yang tidak bisa digunakan. Terkait dengan hal itu, kalian tentunya penasaran bukan mengenai kenapa harus ada aplikasi berbayar dan mengapa tidak digratiskan saja?

Alasan Mengapa Ada Aplikasi Berbayar

Seperti yang pernah disebutkan sebelumnya bahwa aplikasi itu sangat penting bagi komputer. Karena itu aplikasi pun sangat dibutuhkan bagi semua orang, terutama bagi mereka yang punya komputer. Untuk memenuhi kebutuhan semua orang akan aplikasi tentunya itu enggak bisa dilakukan dengan gratis, loh kok gitu?

Jadi begini, aplikasi itu asalnya dibuat dengan teknik pemrograman oleh manusia. Teknik atau cara memprogram aplikasi ini enggak bisa dibilang mudah bahkan untuk mengerjakannya saja membutuhkan waktu yang tidak singkat. Dalam beberapa kasus, kadang ada aplikasi yang siap dalam waktu pengerjaan bertahun-tahun, berbulan-bulan, berhari-hari atau bahkan berjam-jam.

Itu semua tergantung dari jenis dan seribet apa aplikasinya. Kalau aplikasinya sederhana, entah itu dari segi fungsi dan tampilan, maka proses pengerjaannya akan memakan waktu yang cepat. Beda halnya kalau aplikasinya memiliki banyak fungsi atau fitur apalagi dengan tampilan yang keren, maka itu akan membutuhkan waktu yang panjang untuk menyelesaikannya.

Butuh pengetahuan dan keahlian khusus

Oh ya, membuat aplikasi dengan cara memprogram itu juga enggak bisa dilakukan mudah dan oleh sembarang orang loh. Hanya orang-orang tertentu yang memiliki keahlian khusus dalam bidang programming saja yang bisa melakukannya. Jadi, siapapun orangnya asalkan mereka tahu mengenai seluk beluk bahasa pemrograman, maka dia bisa membuat sebuah aplikasi.

aplikasi kok bayar
Ilustrasi bahasa pemrograman

Tapi, untuk mendapatkan ilmu memprogram aplikasi itu juga enggak mudah. Selain kemauan pastinya, kemampuan otak sangat dipertimbangkan dalam bidang ini. Jadi, buat kalian yang pengin membuat aplikasi, pelajari dulu ilmunya, entah kepada teman, guru atau siapapun yang ahli dalam bidang tersebut.

Kalau mau yang formal, kalian juga bisa mempelajari cara memprogram aplikasi diberbagai tempat, mulai dari buku, internet, sekolah atau universitas. Mempelajari ilmu programming sudah pasti membutuhkan waktu dan biaya, enggak peduli kalian mau belajar sama siapa, baik itu teman hingga universitas, semuanya butuh uang.

Jadi, kalau semisalkan kalian sudah punya ilmu programming dan kemudian membuat sebuah aplikasi yang kemudian sudah jadi. Apa hal selanjutnya yang akan kalian lakukan terhadap aplikasi tersebut? Apakah kalian memilih untuk membagikan aplikasinya secara gratis atau menjualnya?


Loading...
Baca selengkapnya

Artikel terkait

One Comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close