in

Berikut Ini Tips untuk Mengatasi Rambut Rontok Parah Akibat Smoothing

mengatasi rambut rontok parah
UNSPLASH/@KATERSSS

Tiap orang memiliki jenis rambut yang berbeda-beda satu sama lainnya di mana ada yang berambut lurus, ikal, bergelombang, hingga keriting. Namun dari jenis rambut yang sudah disebutkan, orang-orang yang berambut keriting biasanya lebih sibuk, khususnya para wanita.

Seperti yang sudah diketahui, para wanita yang berambut keriting biasanya akan memilih untuk meluruskan rambutnya. Ada banyak alasan dari tindakan yang dilakukan tersebut, dimulai dari agar lebih percaya diri, lebih cantik, atau memang menginginkan rambut lurus.

Smoothing Menjadi Pilihan Banyak Wanita

Smoothing adalah salah satu cara untuk meluruskan rambut yang banyak dipilih oleh kebanyakan wanita. Hasil dari smoothing sendiri memang bagus, karena rambut akan lebih rapi, lurus, dan mudah diatur.

Akan tetapi, rambut dari hasil smoothing hanya bisa bertahan selama beberapa bulan saja. Artinya, rambut yang sebelumnya terlihat lurus rapi akan kembali lagi dalam kondisi semula, yaitu keriting.

Selain hasilnya yang tidak bisa bertahan lama, smoothing juga memberikan efek yang buruk bagi rambut, yaitu rambut bisa mengalami kerontokan yang sangat parah lantaran bahan kimia yang digunakan ketika proses smoothing menyebabkan rambut kering.

Cara Mengatasi Rambut Rontok Parah

Ada beberapa cara untuk mengatasi rambut rontok parah akibat smoothing, dan berikut ini beberapa cara yang bisa Anda lakukan di rumah:

1. Gunakan Sampo dan Kondisioner yang Tepat

Ketika proses smoothing sudah selesai, rambut tetap membutuhkan perawatan, karena tanpa adanya perawatan, kondisi rambut akan semakin rontok parah akibat bahan kimia yang digunakan saat proses smoothing.

Adapun untuk melakukan perawatan, Anda bisa menggunakan sampo dan juga kondisioner. Adapun untuk sampo dan kondisioner yang tepat untuk rambut pasca smoothing, Anda bisa menggunakan Tresemme Hair Fall Control dan Tresemme Keratin Smooth Conditioner.

2. Gunakan Vitamin Rambut

Ketika sudah menggunakan sampo dan kondisioner yang tepat, langkah selanjutnya adalah memberikan vitamin pada rambut. Keberadaan vitamin di sini sangat penting sekali, karena vitamin bisa mengembalikan kesehatan rambut.

Adapun untuk jenis vitamin yang dibutuhkan oleh rambut adalah vitamin B dan juga vitamin E. Kedua vitamin tersebut bisa memperkuat dan menjaga kesehatan rambut. Apabila ingin menggunakan vitamin rambut, gunakanlah sesudah memakai sampo dan kondisioner.

3. Jangan Berlebihan Ketika Mengikat Rambut

Mengikat rambut memberikan dampak yang tidak bagus, di antaranya adalah membuat rambut lemah dan juga mudah rontok. Oleh karena itu apabila Anda baru saja menyelesaikan smoothing, usahakan jangan mengikat rambut.

Tentu Anda tidak ingin rambut lurus yang sudah diidam-idamkan lama menjadi rusak hanya karena tindakan sepele bukan? Oleh karena itu, agar hasil smoothing bertahan lebih lama, biarkan rambut Anda tergerai. Dengan demikian, rambut bisa bernapas dan terhindar dari kerontokan.

4. Gunakan Sisir yang Bergigi Jarang

Agar rambut hasil smoothing tidak mengalami kerusakan, usahakan untuk menggunakan sisir yang bergigi jarang. Dengan menggunakan sisir yang bergigi jarang, peluang rambut tertarik akan minim.

Seperti yang sudah diketahui, ketika sisir bergigi rapat digunakan merapikan rambut yang kusut atau acak-acakan, sisir tersebut akan menarik beberapa helai rambut sehingga menimbulkan kerontokan. Oleh karena itu menggunakan sisir bergigi jarang sangat disarankan.

5. Rutin Melakukan Hair Mask dan Juga Creambath

Hair mask merupakan perawatan yang sangat cocok digunakan untuk orang-orang yang sering bereksperimen dengan rambutnya, seperti smoothing. Dengan rutin melakukan hair mask, kesehatan rambut akan semakin baik mengingat hair mask bisa menjaga kelembaban dan ketebalan rambut.

Selain melakukan hair mask, jangan lupa pula untuk merutinkan creambath. Creambath sama baiknya dengan hair mask di mana creambath juga akan menjaga rambut dari kerusakan, seperti kerontokan parah.

Mengatasi rambut rontok parah akibat smoothing bisa dilakukan dengan lima langkah yang sudah disebutkan. Agar langkah-langkah yang disebutkan memberikan hasil maksimal, tentu Anda harus berusaha sekuat tenaga dalam menerapkannya.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Loading…

0