Internet

Bocor, Kominfo dan BSSN Akan Evaluasi Keamanan Tokopedia

Tokopedia baru saja mengalami kejadian yang tidak mengenakkan di mana platform yang mereka kelola telah mengalami peretasan yang menyebabkan belasan juta akun penggunanya bocor. Bahkan berdasarkan laporan terbaru dari Under the Breach, data pengguna Tokopedia yang bocor mencapai puluhan juta.

Kasus yang dialami Tokopedia pun tidak dibiarkan begitu saja oleh pemerintah RI. Perusahaan rintisan yang kini berstatus unicorn itu pun akan mendapatkan evaluasi dari pemerintah guna mendapatkan sistem keamanan yang lebih kuat.

Kominfo dan BSSN Serius Evaluasi Keamanan Tokopedia

Senin lalu (5/5), Menkominfo Johnny Plate mengatakan bahwasanya pihak Kominfo, BSSN, dan Tokopedia akan melakukan evaluasi terkait keamanan yang ada pada perusahaan pimpinan William Tanuwijaya tersebut.

“Kominfo, BSSN, dan Tokopedia secara serius akan melakukan evaluasi, investigasi, mitigasi teknis dan akan melakukan update perkembangannya,” ucap Johnny Plate seperti yang dikutip dari Telset, Selasa (5/5).

Menkominfo juga mengatakan bahwa pihaknya juga sudah memanggil pihak Tokopedia untuk memberikan klarifikasi. Berdasarkan laporan, pihak Tokopedia mengaku jika data keuangan dan akun pengguna aman dan sulit diretas.

Meski pihak perusahaan mengklaim data keuangan dan akun pengguna aman, Menkominfo menduga jika data lain seperti nama dan nomor telepon pengguna mungkin sebagiannya telah mengalami peretasan.

Menkominfo juga menambahkan bahwasanya kasus peretasan merupakan hal yang bisa menimpa siapa saja. Plate memberikan contoh, bahwasanya ada banyak platform e-commerce yang mengalami hal serupa. Bahkan, situs pemerintahan pun juga kerap mengalami kasus peretasan.

Mengingat kasus peretasan bisa dialami oleh semua pihak, dalam hal ini adalah e-commerce. Pemerintah pun mengaku akan terus melakukan kerja sama dengan e-commerce yang ada di Indonesia guna meningkatkan data keamanan mereka sehingga kasus peretasan seperti Tokopedia tidak terulang kembali.

Baca juga: Alami Peretasan, Tokopedia Klaim Data Pengguna Aman

Pihak pemerintah sendiri memang harus turun tangan. Pasalnya, Tokopedia telah banyak digunakan oleh masyarakat Indonesia. Dengan adanya evaluasi, setidaknya akun-akun lain yang belum mengalami peretasan bisa terhindari dari peretasan tersebut.

Evaluasi makin penting untuk dilakukan setelah Under the Breach menyampaikan bahwasanya akun yang bocor di Tokopedia mencapai 15 juta lebih. Kemudian, layanan pengawasan dan pencegahan kebocoran data tersebut memperbarui laporannya jika para peretas telah menjual data pengguna Tokopedia sebanyak 91 juta.


Loading...
Baca selengkapnya

Artikel terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close