Bisnis OnlineTutorial Blog

Cara Membuat Toko Online Terpercaya dengan Blogspot [Panduan Lengkap]

Cara Membuat Toko Online – Salah satu cara yang paling populer untuk memperoleh penghasilan melalui internet, adalah dengan cara membuat toko online. Selain mudah, sebuah toko online atau online shop juga dapat dibuka atau diciptakan tanpa biaya speser pun alias gratis. Bagaimana caranya ?

Apakah anda salah satu pemilik usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) ?. Atau, apakah anda seorang ibu rumah tangga, yang saat ini memiliki rencana mendirikan toko online dengan blogspot ?

Jika Ya, maka tetaplah bersama saya di sini, dan pastikan anda membaca postingan ini hingga selesai. Karena, postingan ini berisi panduan premium, yang akan membantu anda semua mengetahui bagaimana cara membuat toko online terpercaya dengan blogspot.

Namun, sebelum anda mengetahui semua cara menciptakan toko online dengan blogspot. Terlebih dahulu saya akan mengajak anda untuk mengetahui beberapa hal penting berikut :

  • Apa Itu Blogspot
  • Apa Itu Toko Online

Blogspot “Definisi & Fungsi”

Banyak para pemilik usaha yang sudah menggunakan platform web 2.0 ini. Namun, beberapa dari mereka mungkin hanya sedikit yang dapat memberikan jawaban yang tepat, ketika ditanya apa sih sebenarnya definisi dan fungsi blogspot ?

Definisi Blogspot

Blog berasal dari dua kata yaitu kata web yang dapat diartikan sebagai jaringan dan kata log yang berarti catatan. Blog dapat didefinisikan sebagai sekumpulan catatan yang dipublikasikan secara online.

Sementara blogspot, secara sederhana dapat didefinisikan sebagai sebuah layanan berbasis web 2.0 milik Google, yang disediakan secara gratis untuk semua pengguna internet di seluruh dunia.

Fungsi Blogspot

Blogger atau Blogspot berfungsi sebagai media publikasi dan dokumentasi online, seperti untuk publikasi berita, cerita, informasi, tips, dokumentasi audio visual dan masih banyak lagi.

Loading...

Selain itu, banyaknya template toko online yang tersedia secara gratis dan dapat diinstal ke platform blogspot, hal ini membuat para pemilik UMKM dan ibu rumah tangga, dapat memfungsikan blogspot sebagai media atau sarana untuk mendirikan sebuah toko online.

Toko Online “Definisi, Perbedaan, Keunggulan dan Kelemahan”

Cara Membuat Toko Online

Toko online sendiri sebenarnya sudah ada dan dikenal sejak tahun 2000-an. Berkat kemudahan pembayaran, serta tersedianya berbagai macam jasa layanan pengiriman, dan populernya perangkat gadget. Hal ini akhirnya membuat kepopuleran toko online terus meningkat hingga sekarang.

Definisi Toko Online

Toko online adalah sebuah toko yang dibuat atau diciptakan dengan platform web, berisi produk yang diperjual belikan, dan dapat dikunjungi oleh seluruh pengguna internet dengan berbagai perangkat seperti, PC atau Komputer, tab, dan smartphone yang sudah terkoneksi dengan internet.

5 Perbedaan Toko Online dengan Toko Reguler

Dari segi tempat atau lokasi

Toko online tempatnya di dunia maya (internet) karena dibuat menggunakan platform web. Sementara toko reguler berlokasi di dunia nyata dan bangunan fisik berupa ruko benar-benar ada di dunia nyata.

Dari segi cara transaksi

Transaksi di toko online biasanya dilakukan dengan cara transfer antarbank, dimana pemilik toko dan pembeli tidak bertatap muka secara langsung.

Sementara aktifitas transaksi atau jual beli di toko reguler, dilakukan secara langsung, dimana pembeli dapat bertemu pemilik atau pelayan toko reguler langsung, dan melakukan pembayaran secara cash.

Dari segi stok atau display produk

Stok produk di toko online berupa gambar-gambar atau foto saja, dan dilengkapi dengan deskripsi produk, harga, ukuran, pilihan warna dan informasi ketersediaan stok. Sementara stok toko reguler berupa produk nyata yang biasanya ditata rapih pada sebuah etalase atau rak.

Dari segi pelayanan

Pelayanan pada toko online juga tetap dilakukan oleh manusia, hanya saja pelayanan seperti menjawab pertanyaan pelanggan seputar ketersediaan stok produk, pilihan warna, dan pertanyaan lainnya, setiap toko online menggunakan beberapa media pendukung lain seperti email, bbm, whatsapp, line dan masih banyak lagi.

Berbeda dengan toko reguler, pelayanan setiap pengunjung atau konsumen yang datang di toko reguler dilakukan oleh pelayan toko, secara langsung.

Dari Segi Jangkauan Kunjungan

Toko online jangkauannya sangat luas dan tidak terbatas. Toko online dapat dijangkau oleh seluruh konsumen yang terhubung dengan koneksi internet, dimana pun mereka berada, baik dalam dan luar provinsi, nasional atau bahkan internasional.

Sementara toko reguler jangkauannya sangat terbatas, dan hanya bisa dikunjungi oleh konsumen lokal dalam kota, dan dalam provinsi saja.

3 Keunggulan Toko Online Dibandingkan dengan Toko Reguler

Dari sisi biaya sewa

Berbeda dengan toko reguler yang biasanya membutuhkan biaya sewa tempat atau sewa ruko, toko online tidak memerlukan biaya sewa ruko. Biaya sewa yang mungkin dikeluarkan adalah, biaya sewa domain dan hosting.

Itupun biayanya juga jauh lebih murah bila dibandingkan dengan biaya sewa ruko untuk toko reguler anda.

Bahkan, toko online yang diciptakan menggunakan blogspot tidak membutuhkan biaya sewa domain dan hosting. Semuanya gratis.

Dari sisi waktu kunjungan belanja konsumen

Toko online tidak dibatasi oleh waktu kunjungan belanja. Setiap konsumen yang terhubung dengan koneksi internet dapat mengunjungi toko online kapan saja, dan jam berapa pun, mulai pagi, sore, malam, hingga pagi lagi.

Sementara toko reguler, biasanya hanya bisa dikunjungi pada jam operasional saja mulai dari jam 09.00 pagi, hingga paling malam jam 21:00. Lewat dari jam tersebut biasanya sebagian besar toko reguler sudah tutup.

Dari sisi keamanan dan kenyamanan

Bebelanja di toko online tidak mengharuskan anda melangkah keluar rumah, anda dapat bebelanja melalui gadget yang sudah terkoneksi dengan internet, melakukan transfer pembayaran via internet banking atau sms banking, dan produk anda sampai ke rumah.

Anda benar-benar mendapatkan keamanan, terutama keamanan privasi. Sementara kenyamanan yang anda dapatkan adalah, anda tidak harus terjebak macet, berdesak-desakan, atau bahkan antri.

2 Kelemahan Toko Online

Toko online juga memiliki kelemahan, dan beberapa pemilik toko online biasanya membutuhkan waktu lebih banyak dan lama dalam melakukan packaging produk dan fotografi.

Harus melakukan proses packaging produk

Setiap toko online wajib melakukan packaging produk dengan rapih dan kuat terhadap semua barang yang sudah dipesan oleh konsumen, sebelum akhirnya benar-benar dikirim menggunakan jasa pengiriman.

Proses packaging ini biasanya membutuhkan waktu lebih lama dan cukup melelahkan. Mulai dari mempersiapkan box packaging, membungkus dengan solatip atau lakban, dan membuat dan menempelkan data lengkap pemesan pada paket barang yang akan dikirim.

Harus melakukan fotografi produk & Proses Editing Foto

Fotografi produk menjadi kunci utama yang harus benar-benar diperhatikan oleh setiap pemilik toko online. Untuk mendapatkan display produk yang berkualitas, jelas, dan fokus pada barang, setiap pemilik toko online biasanya perlu melakukan teknik fotografi yang baik pula.

Peralatan fotografi nya pun tidak sedikit. Agar mendapatkan hasil optimal, biasanya anda perlu melakukan editing foto produk juga.

Cara Membuat Toko Online dengan Blogspot yang Baik dan Benar

Ada banyak keuntungan yang bisa diperoleh ketika anda memilih membuat toko online dengan blogspot dengan cara yang baik dan benar.

Toko online anda menjadi lebih dipercaya, terlihat benar-benar profesional, ramah pengguna dan ramah terhadap mesin pencari, dapat diakses oleh semua perangkat gadget dengan mudah dan cepat, dan keuntungan terakhir yang pasti anda dapatkan adalah, anda memiliki peluang untuk meningkatkan omzet penjualan toko online anda.

Tahap persiapan pembuatan online shop dengan blogspot

Cara Membuat Toko Online

Meski tidak serumit bila dibandingkan dengan persiapan membuat atau membuka sebuah toko reguler, membuat blog dengan blogspot tetap memerlukan persiapan.

Persiapan-persiapan yang akan dibahas di bawah ini, diharapkan dapat memahami cara membuat toko online yang akan anda ciptakan dengan blogspot nantinya benar-benar terlihat lebih profesional. Sehingga, pengunjung atau konsumen toko online anda dapat melakukan transaksi dengan yakin.

Menyiapkan nama atau alamat toko online anda

Agar dapat menyiapkan nama atau alamat toko online dengan baik dan benar, maka ada beberapa hal penting yang perlu diperhatikan. Diantaranya sebagai berikut :

  1. Pilih nama atau alamat toko online yang pendek dan mudah diingat.
  2. Hindari penggunaan tanda titik (.) strip dan strip (-) pada alamat toko.
  3. Gunakan brand produk anda.
  4. Pilih nama sesuai kata kunci produk toko online anda.

Contoh pemilihan nama berdasarkan kata kunci produk yang terdiri dari dua suku kata : “Sepatu Keren”

Maka nama atau alamat toko online yang bisa anda pilih adalah : Sepatukerenonline, Sepatukerenstore, Sepatukerenshop, Tokosepatukeren, dan masih banyak lagi.

Menyiapkan atau membuat judul dan deskripsi toko online anda

Ini adalah tahap penting selanjutnya setelah persiapan nama sudah berhasil dilakukan.
Judul dan deskripsi toko online memiliki peran penting dalam mendongkrak posisi toko online anda di mesin pencari.

Dalam menyiapkan atau membuat judul dan deskripsi toko online yang baik dan benar, sebaiknya anda memperhatikan hal berikut :

  1. Masukan kata kunci pada judul dan deskripsi
  2. Judul jangan terlalu panjang
  3. Buat deskripsi semenarik mungkin, ringkas, padat, jelas dan mengandung kata kunci.

Contoh : Judul toko online sepatu

Sepatu Keren Online Terbaik 2017

Contoh deskripsi :

Toko penyedia berbagai macam pilihan sepatu keren pria dan wanita, anak-anak, formal, sport, casual, terbaik edisi 2017 secara online.

Menyiapkan template untuk toko online anda

Google sebenarnya sudah menyiapkan beberapa template blog bawaan (default) untuk blogspot. Hanya saja, saya tidak merekomendasikan dalam tutorial cara membuat toko online ini. Karena, menurut saya kurang keren dan terlalu standard.

Beberapa template bawaan bahkan belum seo friendly, tidak responsive dan belum mobile friendly.

Jadi, saran saya sebaiknya anda menggunakan template yang benar-benar dirancang khusus untuk toko online dan dapat diinstal ke blogspot.

Selama melakukan pencarian atau memilih template toko online, sebaiknya anda memperhatikan beberapa hal berikut :

  1. Pilih template yang seo friendly, mobile friendly, dan responsive.
  2. Pilih template yang ringan.
  3. Pilih template yang gratis hehehe.

Untuk mempermudah anda, berikut saya sajikan salah satu template blog toko online yang paling saya rekomendasikan, dan tentunya template ini sudah memenuhi semua kriteria seperti yang sudah saya sebutkan di atas.

template-toko-online-buat-blogspot
Foto : Via Googleimage

Boutique, adalah template toko online rancangan Sora Templates yang dapat digunakan atau diinstal pada blogspot.

Tersedia dalam dua versi yaitu gratis dan premium (berbayar), template toko online boutique sangat ringan, simple, lembut, dan 100% responsif.

Menyiapkan logo toko online anda

Logo toko online yang dibuat dengan baik dan benar, terbukti cukup efektif dalam meningkatkan reputasi toko online anda.

Dalam menyiapkan logo untuk toko online baru anda, maka anda perlu memperhatikan hal-hal berikut :

  1. Hindari pemakaian efek yang berlebih.
  2. Gunakan font populer seperti Helvetica font.
  3. Gunakan logo yang mewakili toko atau bisnis online anda.

Jika anda memiliki dana khusus untuk keperluan branding, maka saya sangat merekomendasikan anda untuk menggunakan jasa desain logo.

Sementara bagi anda yang memiliki dana terbatas, anda tetap dapat membuat logo profesional untuk toko online anda, dengan cara membuatnya secara online melalui website pembuat logo online seperti :

  • DesignMantic
  • OnlineLogoMaker
  • Logaster
  • LogoGarden
  • Logonut
  • Onlinelogomaker

Menyiapkan foto-foto produk toko online anda

Kualitas foto produk sangat berperan penting untuk menciptakan sales pada sebuah toko online.

Setiap pemilik toko online besar dan berpengalaman biasanya sudah piawai dalam menampilkan foto produk, bahkan ada yang sudah menggunakan model.

Nah, saya yang masih merasa sebagai pemula, akhirnya berhasil mengambil beberapa pelajaran setelah berkunjung ke toko online terbesar yang ada di Indonesia. Dan saya berharap anda juga bisa menerapkannya pada toko online anda.

Dalam menyiapkan foto yang berkualitas, maka anda perlu memperhatikan hal-hal berikut :

  1. Gunakan background populer berwarna putih. Agar konsumen lebih fokus ke produk.
  2. Pengambilan foto produk sebaiknya dilakukan pada tempat dengan cahaya yang terang.
  3. Tambahkan logo atau info kontak pada foto produk anda.

Berikut beberapa contoh hasil foto produk yang pernah saya ambil menggunakan kamera handphone android biasa.

contoh-foto-produk-toko-online

contoh-foto-produk-toko-online-2

Tahap proses merancang toko online dengan blogspot

Pada bagian ini saya akan mulai cara membuat toko online dengan blogspot berdasarkan tiga tahap. Tahap pertama pembuatan, tahap kedua instalasi template, tahap ketiga membuat halaman baru toko online, dan terakhir membuat postingan produk ke dalam toko online.

Tahap Pertama

Silahkan buka browser favorit anda, lalu akses layanan blogger milik Google, dengan cara mengetikan www.blogger.com pada browser anda.

mengakses-www-blogger-com
Lalu silahkan masukan alamat email dan password email gmail anda, lalu klik masuk. Seperti contoh gambar dibawah ini :

masukan-email-gmail-untuk-masuk-ke-blogger

masukan-password-email-gmail-untuk-masuk-ke-blogger
Pilih atau klik “Blog Baru” yang terletak pada dashboard blogger bagian atas sebelah kiri. Seperti contoh gambar dibawah ini :

menu-blog-baru-untuk-membuat-toko-online-pada-blogspot
Masukan judul toko online anda dan alamat toko online anda yang sudah kita buat sebelumnya, lalu klik tombol “Buat Blog” di bagian bawah. Lihat gambar :

proses-memasukan-judul-dan-alamat-toko-online-yang-akan-dibuat-dengan-blogspot
Klik pada gambar untuk memperbesar

Toko sepatu online baru anda sudah berhasil dibuat dengan blogspot. Untuk mengetahui bagaimana tampilan awal toko sepatu online anda, dan tampilan dashboard nya, silahkan lihat gambar dibawah ini :

toko-sepatu-online-blogspot-anda-sudah-berhasil-dibuat

dashboard-utama-toko-online-blogspot-sepatu-online
Klik pada gambar untuk memperbesar

Tahap Kedua

Silahkan pilih menu “Template” yang terletak pada menu dashboard blogspot di bagian kiri, untuk memulai proses instalasi template toko online.

Lalu pilih menu “Cadangkan / Pulihkan” yang terletak pada dashboard bagian atas sebelah kanan, untuk menampilkan jendela menu “backup dan restore” (cadangkan / pulihkan). Silahkan lihat contoh gambar :

upload-template-untuk-toko-online-di-blogspot
Klik pada gambar untuk memperbesar
jendela-menu-backup-dan-restore-tempalate-toko-online-di-blogspot
Klik pada gambar untuk memperbesar

Setelah jendela menu “Upload dan Restore” muncul, lalu klik menu Choose File, lalu lanjutkan dengan memilih template yang akan diinstal, yang masih tersimpan pada disk drive komputer anda, lalu “Klik Open“. Untuk memulai proses uplaoad template toko online, silahkan klik “Unggah” (Upload). Lihat contoh gambar :

upload-1

upload-2
Klik pada gambar untuk memperbesar

Setelah proses upload selesai, maka tampilan toko online anda akan otomatis diubah dengan tampilan template khusus toko online, yang baru saja selesai anda upload tadi. Berikut hasil gambarnya :

template-toko-online-berhasil-di-upload-dan-dirubah

 

template-standard-dan-template-khusus-toko-online

Sampai disini anda masih tertarik untuk membaca cara membuat toko online? jika anda lelah, anda bisa membookmark tulisan ini pada browser anda, agar anda bisa melanjutkan membaca postingan ini dilain waktu.

Tapi jika anda masih tertarik, maka pastikan anda dalam posisi santai, karena selanjutnya anda akan mengetahui bagaimana mengatur kategori produk pada toko online yang dibuat dengan blogspot, agar terlihat menjadi lebih rapih, dan ramah terhadap pengguna.

Tahap Ketiga

Pada tahap ini kita akan mengorganisir kategori template toko online yang masih berantakan, dan membuatnya menjadi lebih rapih dan terstruktur, dan juga membuat halaman-halaman baru berisi informasi yang dibutuhkan oleh konsumen anda.

Karena toko online yang kita buat adalah toko sepatu, maka kategorinya adalah sepatu cowok, sepatu cewek, dan sepatu anak. Sepatu cowok terdiri dari 4 sub kategori yaitu : formal, boots, sport, dan casual.

Sementara sepatu cewek, terdiri dari dua sub kategori yaitu, formal dan casual. Dan kategori sepatu anak juga terdiri dari 2 sub kategori yaitu, sepatu anak cewek dan sepatu anak cowok.

Template simple gird rancangan arlinadzgn ini sudah dilengkapi dengan menu drodown, jadi kita cukup melakukan perubahan pada menu fitur, menu 1, menu 2, dan menambah satu menu dropdown lagi.

Sementara menu sitemap, site link, dan erorpage nya kita hapus saja. Berikut gambar kategori sebelum dilakukan pengaturan :

kategori-template-toko-online

Langkah pengaturan kategori :

Silahkan pilih menu “Template” lalu klik menu “Edit HTML”. Anda akan otomatis masuk ke halaman edit html yang berisi kode html template blog toko online anda, seperti gambar di bawah ini :

mengatur-kategori-toko-online
Klik pada gambar untuk memperbesar

Selanjutnya klik sembarang di bagian dalam kode html, lalu tekan tombol shortcut Ctrl + F (Find) pada keyboard. Kita perlu menemukan kode kategori. Caranya, silahkan ketik menu 1 pada kotak box search. Silahkan lihat contoh gambar :

menu-1
Klik pada gambar untuk memperbesar

Ganti kata Fitur dengan kata sepatu cowok, lalu rubah sub menu sitemap 1 dan 2, dan tag styling, dengan sub kategori yang sudah disiapkan sebelumnya, tambahkan juga satu sub menu. Lihat contoh gambar :

kategori-fix
Klik pada gambar untuk memperbesar

Setelah semua kategori dirubah, maka klik “save tamplate”.

Kategori otomatis berubah pada tampilan template toko online anda menjadi seperti gambar di bawah ini :

kategori-fix
Selanjutnya, mengatur navigasi halaman. Template ini sudah sempurna, hanya saja kita perlu mengganti navigasi “disclaimer” menjadi “cara pembelian”.

Caranya sama seperti saat kita melakukan editing kategori. Masuk menu “Template” lalu tekan shortcut Ctrl + F pada keyboard, lalu ketik kata “Disclaimers”

Rubah kata Disclaimer dengan kata Cara Pembelian. Jangan lupa rubah title nya juga. Lalu klik save template. Lihat contoh gambar :

disclaimer
Klik pada gambar untuk memperbesar
disclaimer-dirubah-menjadi-cara-pembelian
Klik pada gambar untuk memperbesar

Sekarang template toko online sepatu anda hampir mendekati sempurna. Perlu diingat, navigasi kategori belum sepenuhnya bekerja. Karena link atau url masing-masing kategori belum kita salin ke dalam kode html kategori.

Saya biasanya menghidupkan link navigasi setelah semua kategori terisi minimal dengan satu produk, untuk selanjutnya mendapatkan url link kategorinya.

Membuat halaman About, Contact, Sitemaps dan Cara Pembelian

Karena ini berupa panduan, maka saya hanya akan membahas sekilas saja mengenai pengertian dan fungsi masing-masing halaman tersebut dalam bagian tutorial cara membuat toko online ini.

  • About, adalah halaman yang dibuat untuk diisi dengan informasi penting tentang perusahaan atau toko online anda. Misalnya informasi seberapa berpengalaman anda dibidang bisnis atau industri ini, lalu informasi organisasi toko online anda, dan lainnya.
  • Contact, adalah halaman yang berisi informasi kontak toko online anda. Halaman ini dapat membantu setiap konsumen toko online anda dapat terhubung secara cepat dengan anda.
  • Sitemaps, ini adalah halaman peta yang berfungsi untuk memudahkan robot mesin pencari ketika merayapi seluruh isi di dalam blog toko online anda.
  • Cara Pembelian, halaman ini berisi panduan pembelian untuk seluruh konsumen toko online anda.

Untuk dapat membuat halaman baru, anda cukup pilih atau klik menu “Laman” pada dashboard, lalu klik “Laman Baru“.

halaman-baru

pilih-laman-baru

Lalu isi judul dengan kata About, dan masukan gambar, informasi toko sepatu online anda, dan nama perusahaan serta alamat perusahan. Lihat contoh :

mengisi-halaman-about-baru
Klik pada gambar untuk memperbesar

Untuk memasukan gambar silahkan klik “insert image” (klik icon yang diberi kotak merah), lalu pilih image yang ada pada disk drive komputer anda, selanjutnya klik “open“, maka image akan otomatis terupload. Lihat gambar :

insert-image
Klik pada gambar untuk memperbesar

mengisi-halaman-about-baru-bergambar

Setelah semua konten About terisi, maka selanjutnya klik “publikasikan“. Dan berikut tampilan halaman about toko sepatu online anda :

halaman-about-fix-1

Membuat halaman kontak juga langkahnya sama seperti langkah membuat halaman about. Begitu juga dengan halaman-halaman lainnya.

Membuat halaman sitemap

Khusus halaman sitemap, pada bagian isi anda perlu sedikit melakukan perubahan dalam mengisi postingan. Karena halaman ini berisi navigasi website untuk robot mesin pencari.

Berikut salah contoh halaman sitemaps yang memiliki tampilan menarik, yang bisa kita terapkan pada blog toko online kita :

sitemaps

Cara membuatnya, silahkan anda buat halaman baru, isi judul dengan Sitemaps, lalu pilih mode html, dan copy seluruh kode di bawah ini kedalamnya :

<style type="text/css">
 #toc{
 width:99%;
 margin:5px auto;
 border:1px solid #2D96DF;
 -webkit-box-shadow:4px 4px 8px 2px rgba(0,0,0, 0.2);
 -moz-box-shadow:4px 4px 8px 2px rgba(0,0,0, 0.2);
 box-shadow:4px 4px 8px 2px rgba(0,0,0, 0.2);
 }
 .labl{
 color:#FF5F00;
 font-weight:bold;
 margin:0 -5px;
 padding:1px 0 2px 11px;
 background:-moz-linear-gradient(right,#C2EAFE 0%,#055A85 40%);
 background:-webkit-gradient(linear,left 10,right 80,color-stop(0.20,#055A85),color-stop(1,#C2EAFE));
 border:1px solid #2D96DF;
 border-radius:4px;-moz-border-radius:4px;
 -webkit-border-radius:4px;box-shadow:3px 3px 1px #bbb;
 -moz-box-shadow:3px 3px 1px #bbb;-webkit-box-shadow:3px 3px 1px #bbb;display:block;
 }
 .labl a{
 color:#fff;
 }
 .labl:first-letter{t
 ext-transform:uppercase;
 }
 .new{
 color:#FF5F00;
 font-weight:bold;
 font-style:italic;
 }
 .postname{
 font-weight:normal;
 background:-moz-linear-gradient(right,#C2EAFE 0%,#fff 40%);
 background:-webkit-gradient(linear,left 80,right 10,color-stop(0.60,#fff),color-stop(1,#C2EAFE));
 }
 .postname li{
 border-bottom: #ddd 1px dotted;
 margin-right:5px
 }

</style>
 <br />
 <div id="toc">
 <script src="https://googledrive.com/host/0B2ww3WS8P1MJM2JkeHlyUVp4dnc/" type="text/javascript"></script>
 <script src="https://www.sepatukerenstore.blogspot.com/feeds/posts/default?max-results=9999&amp;alt=json-in-script&amp;callback=loadtoc">
 </script></div>

Jangan lupa ganti alamat web yang berwarna Orange dengan alamat toko online anda, lalu klik “Publikasikan“.  Lihat contoh gambar :

membuat-sitemaps-toko-online
Klik pada gambar untuk memperbesar

Sampai pada tahap ini saya asumsikan anda sudah memahami cara membuat toko online dan bagaimana membuat masing-masing halaman baru untuk toko online anda.

Mengaktifkan link navigasi

Nah, ketika semua halaman sudah siap maka selanjutnya mengaktifkan navigasi dengan menambahkan masing url atau link halaman, ke dalam kode html halaman.

halaman-toko-online-sudah-dibuat-full
Klik pada gambar untuk memperbesar

Silahkan pilih “Template“, lalu klik “Edit HTML“, selanjutnya tekan shortcut keyboard Ctrl + F, lalu ketik “sitemap“. Lihat contoh gambar :

memasukan-url-halaman-ke-dalam-kode-html-1
Klik pada gambar untuk memperbesar

Setelah ketemu semua kode menu halaman, maka selanjutnya rubah tanda pagar pada (<a href=’#’) dengan url atau link masing-masing halaman anda. Caranya silahkan lihat contoh gambar :