Internet

Tips dan Cara Memilih Destinasi Wisata yang Tepat

Bagi sebagian orang, memilih destinasi wisata adalah hal yang dianggap tidak terlalu penting. Mereka hanya menganggap tempat yang mahal itu yang isinya bagus dan juga bisa memberikan ketenangan bagi mereka. Namun sebenarnya tidak seperti itu.

Ada juga tempat yang mahal mahal tapi tidak bisa memberikan kepuasan yang sebanding dengan uang yang mereka keluarkan, begitupun sebaliknya, ada begitu banyak tempat yang menarik tapi harganya bersahabat. Maka dari itu, anda perlu mengetahui tips memilih destinasi wisata yang tepat seperti yang akan saya berikan pada artikel ini.

Wisata adalah suatu hal yang identik dengan waktu libur seperti saat ini. Jalan jalan ramai macet berisi mereka yang ingin berwisata kesana kemari. Banyak orang yang memanfaatkan hal ini untuk mendapatkan keuntungan lebih seperti dari pihak pengelola tempat wisata itu sendiri.

Dalam hal ini, yang dirugikan adalah si pihak yang ingin berlibur. Karena mau tidak mau mereka pasti berani membayar sedikit lebih mahal untuk masuk ke tempat wisata tersebut demi mendapatkan apa yang mereka cari.

Jenis-jenis destinasi wisata

Sebelum membahas mengenai tips memilih destinasi wisata, saya ingin memberikan sedikit info kepada anda semuanya mengenai jenis jenis tempat destinasi wisata, baik di Indonesia dan diluar negeri. Hal ini agar bisa menjadi referensi untuk anda pilih saat berlibur nantinya. Jadi kalau saja mungkin anda bingung akan berlibur kemana, maka pilih saja tempat ini. Silakan simak.

1. Wisata sejarah

Memilih Destinasi Wisata

Bagi sebagian orang, wisata sejarah adalah hal yang diinginkan sebagai destinasi wisata saat liburan kali ini. Terutama bagi anak anak sekolah, memang kebanyakan tempat ini dikunjungi oleh anak anak sekolah dan juga wisatawa asing yang ingin tahu mengenai berbagai tempat bersejarah di Indonesia. Misalnya candi, peninggalan benda di museum, gedung, dan sebagainya yang memiliki nilai dan makna sejarah di masa lalu.

Anda bisa memilih destinasi wisata ini untuk lebih tahu mengenai sejarah. Sebenarnya poin ini juga dapat dipadukan dengan poin nomor 3. bahkan kebanyakan orang juga melakukan wisata religi dicampur dengan wisata sejarah. Misalnya berkunjung ke masjid bersejarah, candi-candi hindu budha, gereja bersejarah maupun tempat lainnya yang ada kaitannya dengan unsur agama dan juga unsur sejarah.

Loading...

Kalau di musim liburan seperti ini, tempat tempat bersejarah ini cukup ramai dikunjungi. Peringkatnya mungkin tidak sebanyak di berbagai tempat hiburan seperti di tempat tempat yang dijadikan tujuan anak anak. Tapi bagaimanapun tempat ini menjadi tempat yang banyak dikunjungi.

2. Wisata alam

Memilih Destinasi Wisata

Anda juga bisa memilih destinasi wisata ini. Pilihan yang tersedia juga banyak. Misalnya dengan menelusuri gua, menyelam di kedalaman laut, bercengkrama dengan binatang dan tumbuhan langka berselancar, mendaki gunung, mengunjungi hutan maupun suaka alam, atau mengunjungi spot-spot menarik di alam ini seperti melihat sunset dari sudut yang tepat, mandi di air terjun, mengikuti alur sungai dan sebagainya. Memang bagi sebagian orang ini adalah hal yang sangat menarik perhatian mereka.

Ada banyak hal yang bisa dirasakan dengan memilih destinasi wisata satu ini. Misalnya kepuasan, menambah pengalaman, menambah rasa syukur atas indahnya ciptaan Tuhan, melatih rasa percaya diri, dan juga bisa dijadikan sarana olahraga. Bahkan ada yang melakukan hal wisata alam ini dengan begitu ekstrem. Misalnya mendaki gunung tertinggi, menyelam paling dalam, dan sebagainya. Hal ini akan memberikan kepuasan bagi mereka sendiri.

Selain itu, banyak orang yang berwisata alam hanya untuk mengabadikan dalam bentuk foto. Bagi seorang fotografer, mereka yang berani mengambil risiko itu akan mendapatkan penghasilan yang mahal. Misalnya berani berfoto di tempat yang berbahaya. Atau berfoto dalam kondisi dan waktu yang teramat sangat langka. Nah untuk mengabadikan fenomena alam seperti ini anda juga harus berlatih dan berlatih dan seni fotografi.

Sebenarnya biaya untuk berkunjung ke tempat tempat wisata alam ini tidak terlalu mahal. Namun anda juga harus berhati hati, karena wisata alam ini cukup berisiko apalagi jika tidak diberikan asuransi oleh si pihak pengelola tempat wisata alam tersebut.

Contohnya saja di desa saya ada air terjun yang bagus. Namun karena akses lokasi yang jauh, dan medan yang dilalui juga sulit, maka tidak ada yang mengelolanya. Pernah ada orang yang jatuh dan tewas dan tidak ada yang bertanggung jawab akan hal ini. Maka dari itu, jika anda mau berkunjung ke tempat wisata, maka anda sebaiknya pilih tempat yang ada asuransinya. Walau sedikit mahal hal itu tidak menjadi masalah yang berarti.

3. Wisata religi

Wisata religi ini juga identik dengan ziarah dan sebagainya. Misalnya berkunjung ke makam leluhur, masjid bersejarah, bangunan bersejarah seperti candi, tempat pemujaan dan sebagainya. Wisata religi ini bukan hanya sekedar mengambil foto dan spot dalam lokasi itu. Melainkan mengambil hikmat dengan apa yang ada didalamnya.

Wisata religi ini kan hubungannya erat dengan soal keagamaan, jadi wisata ini tidak hanya dijadikan sebagai ajang hiburan, tapi sebagai ajang untuk lebih tahu tentang nilai sejarah agamanya masing masing.

Sebenarnya tak hanya di musim musim perayaan agama saja yang ramai dikunjungi. Saat saat liburan seperti ini pun tempat wisata yang berbau religi ini ramai dikunjungi. Apalagi tempat pemakanan pemakaman. Mereka yang berziarah biasanya berasal dari kalangan anak sekolah dan santri.

4. Wisata seni dan budaya

Memilih Destinasi Wisata

Anda juga dapat memilih destinasi wisata yang satu ini untuk mendapatkan pengetahuan akan kekayaan wisata budaya dan kesenian di negeri tercinta negeri kita ini. Sebenarnya untuk hal ini anda tidak akan menghabiskan banyak uang ke tempat ini.

Karena sebenarnya ini bukanlah tempat khusus wisata. Misal anda ingin melihat kesenian reog ponorogo maka anda pergi ke ponorogo, misal anda ingin pergi melihat lengger, maka anda bisa pergi ke Banjarnegara, dan apabila ingin melihat barong maka bisa pergi ke pulau Bali.

Namun tidak semua hari ada acara seperti ini. Maka dari itu, anda harus benar-benar mencari tahu terlebih dahulu mengenai kapan kesenain itu akan diadakan. Jadi anda tidak susah susah kesana tapi tidak mendapatkan apa yang dicari.

Selain itu, anda juga bisa mendapatkan banyak sekali soal seni kerajinan tangan di Indonesia. Misalnya ukiran, pembuatan keramik, pembuatan cindera mata khas daerah tertentu dan sebagainya.

Ini sangat penting untuk anda yang ingin tahu lebih lanjut mengenai kesenian di Indoesia agar semakin cinta terhadap negera kita sendiri.

5. Wisata hiburan

Bioskop, tempat main, studio, dunia game, dunia fantasi dan sebagainya adalah termasuk golongan wisata hiburan. Anda dapat menggunakan wisata ini untuk menjadikan hiburan dan menambah relaksasi pikiran. Misalnya anda menggunakan ini untuk melepaskan segala beban pikiran dari rutinitas sekolah ataupun kerjaan sehari hari. Ini sangat penting untuk menambah produktivitas harian anda setelah masuk kerja nantinya.

Wisata hiburan ini tersedia di banyak sekali tempat di Indonesia dan luar negeri. Apalagi di saat liburan seperti ini, tempat wisata jenis ini merupakan tempat yang paling diburu oleh banyak orang. Anda bisa menggunakan hal ini untuk menjadikan diri anda lebih fresh dan menghilangkan ketegangan.

6. Wisata kuliner

Memilih Destinasi Wisata

Yang terakhir adalah wisata kuliner. Namun wisata ini bukan konsumsi semua orang. Hal ini lebih banyak menuju ke orang yang memiliki blog, vlog atau mereka yang memiliki tugas untuk menjadi hal host suatu acara.

Untuk anda yang memilih destinasi wisata ini, pastikan anda mengabadikan segala hal tentang makanan, foto, alamat restaurant, nama rumah makan dan sebagainya. Karena itulah yang akan dibagikan kepada orang lain. Berbeda dengan jenis wisata lain yang tidak mengharuskan anda untuk membagikan segala hal yang pernah ditemui. Untuk jenis wisata satu ini, anda harus memuat segala hal yang pernah anda temui untuk bisa dilihat oleh orang banyak.

Anda bisa menuangkan segala sesuatu di blog, youtube, instagram dan sebagainya. Hal inilah yang akan menjadikan anda terkenal nantinya. Bahkan seorang yang menjadi food blogger juga bisa meraup pendapatan hingga puluhan bahkan ratusan juta rupiah perbulan loh. Jadi kedepannya hal ini memiliki potensi yang bagus kedepannya.

Anda juga bisa membaca mengenai pentingnya asuransi dalam artikel mengenai Tips liburan yang hemat dan menyenangkan.

Setelah membahas sedikit hal mengenai jenis jenis destinasi wisata, silakan simak informasi lebih lanjut mengenai tips memilih destinasi wisata seperti dibawah ini.

Tips memilih destinasi wisata sesuai kebutuhan

Memilih Destinasi Wisata
Via http://www.familysmart.net

Inilah beberapa tips memilih destinasi wisata yang perlu anda perhatikan agar sesuai dengan kondisi keuangan dan juga kebutuhan anda dalam hal wisata itu sendiri.

1. Pilih jenis destinasi yang ingin dituju

Ini penting sekali bagi anda yang bingung memilih destinasi wisata. Pasalnya dengan berbagai jenis tempat tujuan dan destinasi wisata seperti yang sudah saya jelaskan seperti di atas, maka anda harus dapat memilih salah satu dari berbagai jenis itu. Jika anda ingin mengenal lebih jauh mengenai kebudayaan negeri, maka anda bisa menuju ke wisata seni dan budaya. Atau jika anda ingin memanjakan diri anda agar lebih rileks dan santai, wisata alam menjadi salah satu solusinya.

Jangan pernah salah pilih dalam memilih jenis destinasi seperti ini. Pasalnya jika anda salah pilih, bisa bisa anda tidak mendapatka apa yang anda butuhkan. Jadi silakan anda pahami terlebih dahulu mengenai berbagai jenis tempat wisata yang cocok untuk anda tuju.

2. Kalau ada, coba tempat yang baru berdiri

Mungkin bagi sebagian orang, banyak yang memilih destinasi wisata di tempat yang sudah terkenal. Padahal tempat itu sudah sering dilihat di televisi dan internet. Tapi karena rasa penasaran ingin mengunjungi dan membuktikan kebenaran informasi, maka banyak orang yang ingin mengunjungi tempat tersebut. Maka dari itu, anda harus mengubah persepsi semacam itu.

Walau bisa dibilang kalau tempat yang baru berdiri itu kurang bagus, dan belum lengkap, namun ada semacam kepuasan tersendiri bila anda mau mendatanginya. Apalagi jika anda adalah orang yang bisa menjadikan tempat itu menjadi terkenal, maka anda akan mendapatkan kepuasan yang lebih. Maka dari itu, jangan bilang kalau memilih destinasi wisata baru itu gak seru. Bahkan lebih seru dari yang dibayangkan. Apalagi tempatnya masih sepi, harganya masih murah, dan tentunya masih steril.

Saya sarankan anda untuk mencoba memilih destinasi wisata yang baru berdiri. Atau setidaknya yang kurang dari satu tahun. Namun hal ini juga harus disesuaikan dengan poin nomor 1 diatas mengenai jenis jenis tempatnya. Jadi kalau ada tempat yang baru dan anda sukai, maka silakan langsung saja kunjungi tempat wisata itu mumpung liburan masih panjang.

3. Gunakan aplikasi travelling

Ada banyak sekali aplikasi travelling yang membantu menjadi rujukan bagi anda untuk mencari tahu mengenai beberapa jenis penginapan, harga tiket dan sebagainya. Sebut saja traveloka, agoda dan lainnya. Hal ini dimaksudkan agar anda bisa lebih berhemat dalam memilih destinasi wisata yang ingin anda tuju. Misal ingin pergi ke pantai tertentu, maka anda bisa melihat berbagai hotel dan biaya transportasi menuju kesana.

Hal ini sangat penting untuk dilakukan. Karena bagaimanapun juga, anda akan melihat banyak perbedaan antara menggunakan perbandingan seperti ini dengan tidak menggunakannya. Jadi anda perlu memilih destinasi wisata dari berbagai jenis dan sudut yang berbeda, jangan karena hanya anda suka tempat itu saja, salah satunya adalah mengenai seperti apa anda disana. Misalnya naik apa, menginap dimana, bawa apa saja, gimana tarifnya, dan sebagainya.

Dengan memakai aplikasi travelling seperti ini, maka anda lebih terbantu dalam hal ini. Jika anda tidak bisa menggunakan hal ini sebaik mungkin, maka akan rugi sendiri nantinya.

4. Sesuaikan dengan kondisi keuangan

Punya simpanan uang sedikit inginnya wisata ke tempat yang mahal mahal. Ini sangat menganggu keuangan nantinya. Karena jika hasrat liburan ke tempat yang mahal dituruti, pasti segala cara anda akan menurutinya. Misalnya rela ngutang ke teman atau saudara. Dan nantinya suatu saat akan kesulitan dan membebani dengan hutang hutang itu. Sungguh membahayakan perekonomian jika anda terus membiarkan diri anda seperti ini.

Maka dari itu, mulai sekarang, usahakan untuk bisa mengatur keungan anda sebaik mungkin. Karena jika anda terus membiarkan diri anda kedalam hal yang mengundang risiko terhadap laju keuangan anda, maka masa depan anda akan suram.

Memang liburan itu penting, namun bukan berarti harus merelakan segalanya buat mengejar liburan. Anda harus bisa menggunakan sebaik mungkin waktu waktu efektif anda untuk mendapatkan uang sebanyak mungkin. Jadi jauh jauh hari sebelum menggunakan waktu liburan dimulai, anda juga harus sudah mulai memikirkan uang khusus untuk liburan nantinya.

Jadi anda harus sudah mulai menyisihkan uang anda untuk ditabung buat liburan. Jadi jika waktu liburan sudah tiba seperti saat ini, maka anda tidak perlu mencari cari uang buat mengunjungi tempat wisata. Dan yang penting, sesuaikan dengan biaya masuk tempat wisata ya. Jangan sampai berlebihan.

5. Pilih wisata yang dekat

Kalau di sekitar tempat tinggal anda ada wisata yang dekat, baik itu di kecamatan ataupun di kabupaten, maka anda harus memilih destinasi wisata itu. Karena anda juga turut mengembangkan dan menambah penghasilan daerah anda sendiri.

Memang sih banyak orang yang menganggap kalau berkunjung ke tempat sendiri itu tidak keren, tidak gaul dan tidak asyik. Namun itu tidak benar. Wisata di daerah sendiri juga bisa mengasyikan. Dan yang paling penting bisa menghemat biaya anda. Namun kalau anda memang tidak ingin berwisata ke tempat sendiri, alangkah baiknya untuk mengunjungi tempat wisata yang gak terlalu jauh dari lokasi anda demi penghematan.

Demikianlah pembahasan mengenai tips memilih destinasi wisata. Jadi bagi anda yang sedang bingung mau liburan ke mana dengan memanfaatkan waktu liburan kali ini, maka anda bisa mengetahui berbagai tips memilih destinasi wisata seperti diatas.

Semoga pembahasa tentang tips memilih destinasi wisata ini bermanfaat buat kita semuanya. Jangan lupa untuk selalu mengunjungi blog ini untuk mendapatkan segala informasi terbaru. Terima kasih.



Loading...

Baca selengkapnya

Blogedewek

Salam kenal semuanya, Saya Mas Mus. Hobi saya membaca. Suka nulis juga di klikmania tercinta ini. Saya juga pemilik dari tokofora.com, sebuah toko online terpercaya.

Artikel terkait

2 Comments

  1. Wisata alam dengan mendaki gunung dan menjelajahi alam dengan sepeda merupakan mimpi yang belum terwujud.
    terima kasih sharingnya mas

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *