Peluang usahaUlasan Bisnis

Cara Memulai Usaha Roti: Strategi, Tips, Analisa dan Alat

Bisnis dan Usaha Roti dengan Omzet Menjanjikan

Pilihan bagi Anda yang sedang mencari bisnis yang menguntungkan, memulai usaha roti bisa menjadi pilihan dalam usaha skala kecil.

Memulai bisnis roti masuk dalam kategori “Residence industri” yaitu sebuah bisnis yang memiliki modal yang tidak terlampau besar dan Anda dapat menggunakan ruangan yang terbatas.

Dengan konsep yang sederhana, Anda dapat menjalankan bisnis rumahan dan modal yang di miliki pastikan dapat dimanfaatkan semaksimal mungkin. Berikut tips dibawah ini dalam memulai bisnis roti.

Analisis dan peluang usaha roti

Jenis bisnis ini juga dapat dioperasikan di berbagai lokasi karena pangsa pasarnya yang besar. Anda harus menyadari hal ini di toko roti di sepanjang jalan, dalam berbagai rasa seperti cokelat, susu, moca, dll. Roti dihargai dengan harga mulai dari 1.000 hingga 10.000 tergantung pada ukuran dan jenisnya.

Ini adalah salah satu hasil dari produk roti rumah ini, rata-rata penjual memasarkan rotinya dengan sistem point-of-sale; setiap hari, seorang memeriksa jumlah roti yang terjual sehari sebelumnya dan juga mengisinya jika stok roti habis.

Cakupan pemasaran tergantung pada ukuran bisnis pembuatan roti. Jika daya produksi roti masih rendah, ruang lingkup penjualan biasanya hanya tempat pembuatan, kendaraan yang digunakan untuk penjualan cukup untuk menggunakan kendaraan roda dua seperti sepeda motor atau sepeda.

Sementara perusahaan roti memiliki skala yang cukup besar, bidang penjualan mereka umumnya lebih luas karena kapasitas mereka untuk produksi roti lebih besar, armada yang digunakan untuk penjualan umumnya dalam bentuk kendaraan roda empat, bisnis pembuatan roti dengan ukuran ini dan bahkan pemasarannya di luar kota.

Langkah Memulai Usaha Roti

Hal pertama yang harus Anda miliki adalah Jenis roti yang akan dijual. tentukan varian roti dan berbeda dari pasaran. Selain itu,  keahlian dalam pembuatan roti, jika Anda tidak memiliki keahlian ini.

Loading...

Anda dapat merekrut Staff atau SDM yang memiliki keahlian bidang ini. Untuk merekrut SDM yang lebih luas, Anda dapat membuka lowongan kerja di Web loker ternama Indonesia salah satunya adalah jobs.id.

Menyiapkan konsep bisnis

Selain Anda ingin menjalankan bisnis ini dirumah, mungkin Anda ingin menjalankan dengan konsep lain seperti: Kedai atau gerobak. Jika ingin menggunakan kedai atau gerobak, Anda mungkin memerlukan modal lebih dalam pembuatannya

Menyiapkan Alat atau Mesin

Untuk menunjang bisnis ini, mesin dan peralatan lainnya harus Anda siapkan. Mengenai mesin, inilah alat yang memang benar-benar menguras dana dalam pembuatan roti dan setiap harganya pun sangat bervariasi. Diantara lainnya dapat digunakan:

  • Mixer: Untuk adonan pertama dalam pembuatan roti
  • Mesin Proofer (lemari untuk mengembangkan roti) yang memiliki peran penting dalam pengembangan adonan sebelum dimasukan ke oven.
  • Dough Diver: Mesin untuk pembagi adonan roti agar ukuran sama rata dan untuk pembentukan roti.
  • Oven: Untuk pemanggan pembuatan roti dan langkah akhir pembuatan roti.

Memberikan Tester

Bisnis dan Usaha Roti

Usaha Anda telah berjalan, jangan lupa memberikan tester ke pelanggan. Hal ini untuk meyakinkan dan memastikan bahwa roti yang dibuat sangat lezat untuk di nikmati. Dan Anda pun dapat meminta ulasan mengenai tekstur dan rasa ke pelanggan.

Mendengarkan kritik dan saran dari pelanggan adalah suatu hal yang bijak agar mendapatkan nilai postif untuk kedepannya dan keberlangsungan suatu bisnis

Inovasi dan berkreasi

Menghindari rasa bosan dari pelanggan, berinovasi dan berkreasi pilihan terbaik dalam memilih menu roti. Selain itu, memberikan inovasi rasa atau isian topping yang banyak di gemari seperti: Green tea, Coklat, keju, dll. Jangan lupa Anda dapat membErikan kemasan yang modern dan kekinian.

Memulai bisni roti sudah banyak digandrungi banyak orang dan peluang usaha roti pun tetap meningkat walaupun persaingan ketat. Tentu Anda harus memiliki strategi tersendiri untuk bersaing dan sebisa mungkin Anda memiliki tampilan roti yang unik dan berbeda dengan yang lainnya.



Loading...

Baca selengkapnya

Syarif Sabirin

Suka nongkrong

Artikel terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button