Internet

Begini Cara Mengaktifkan Dark Mode di Browser Chrome

Mode Gelap Lebih Bersahabat untuk Mata

Fitur dark mode atau mode gelap adalah fitur yang mengubah tema warna dari latar putih dan teks hitam menjadi latar hitam dan teks putih. Fitur ini juga memiliki nama lain, yaitu night mode. Keberadaan fitur mode gelap bagi sebagian orang amat sangat penting karena mode gelap memiliki banyak manfaat, di antaranya adalah:

  • Meningkatkan fokus baca.
  • Mengurangi ketegangan pada mata.
  • Menghemat baterai.

Ketika mengakses internet di PC atau laptop, apakah browser yang paling sering Anda gunakan? Jika Anda sering mengaksesnya melalui Google Chrome, maka Anda sudah bisa mengaktifkan mode gelap di browser buatan Google tersebut. Sudah tahu caranya? Jika belum, silakan simak pembahasannya di bawah ini.

Cara Mengaktifkan Dark Mode di Browser Chrome

1. Silakan buka browser Chrome Anda.

2. Buka tautan Dark Reader.

3. Klik tambahkan ke Chrome.

4. Akan muncul pop-up, silakan Anda klik tambahkan ekstensi.

5. Tunggu proses pengunduhan dan pemasangan.

6. Jika proses pengunduhan dan pemasangan selesai, ikon Dark Reader akan muncul di pojok kanan atas dan Dark Reader akan aktif secara otomatis.

7. Untuk melihat hasilnya, silakan buka situs tertentu di browser Chrome Anda. Hasilnya, situs yang Anda buka itu akan langsung masuk ke mode gelap.

8. Selesai.

Masih Mengandalkan Pihak Ketiga

Cara mengaktifkan dark mode di browser Chrome pada tutorial di atas masih mengandalkan ekstensi yang berasal dari Chrome Web Store. Jadi, sampai saat ini Chrome masih mengandalkan aplikasi dari pihak ketiga. Namun menurut kabar yang berhembus, Google akan segera menghadirkan fitur dark mode pada browser mereka tanpa mengandalkan aplikasi dari pihak ketiga meskipun belum diketahui secara pasti kapan fitur tersebut akan muncul.

Dengan menerapkan tutorial di atas, kini Anda bisa mencari informasi di internet dengan sangat mudah karena mode gelap akan membantu mata kita lebih nyaman karena ketegangan mata bisa sedikit dikurangi ketimbang kita menggunakan mode siang atau cerah.

Selain mengaktifkan dark mode di browser Chrome yang Anda gunakan, Anda juga bisa mengaktifkan dark mode di Chrome Android. Adapun untuk tutorialnya sudah pernah dibahas, dan apabila Anda belum mengaktifkannya, maka Anda bisa mengaktifkannya sekarang juga.

Baca: Chrome Android Punya Fitur Dark Mode, Begini Cara Mengaktifkannya

Itulah pembahasan yang bisa disampaikan tentang cara mengaktifkan dark mode di browser Chrome. Dan semoga apa yang disampaikan pada kesempatan kali ini bermanfaat, dan jangan lupa untuk membagikannya kepada orang lain.


Loading...
Baca selengkapnya

Artikel terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close