Internet

Cara Menggunakan Stiker Chat di Instagram Stories

Stiker Baru untuk Memanjakan Para Pengguna

Pada hari Rabu (3/7/2019), Instagram resmi mengeluarkan stiker baru untuk stories-nya, yaitu stiker chat. Keberadaan stiker chat ini memungkinkan para pengguna Instagram untuk memulai obrolan melalui Instagram Stories.

Dengan kehadiran stiker chat, tentu para pengguna memiliki banyak pilihan ketika mereka membuat Instagram Stories karena saat ini stiker yang dimiliki Instagram cukup banyak di antaranya ada polling, kuis, pertanyaan, hitung mundur, dan sekarang chat atau obrolan. Untuk Anda yang tertarik menggunakan stiker chat, Anda bisa menyimak pembahasannya di bawah ini.

Cara Menggunakan Stiker Chat

1. Silakan buka dan masuk ke aplikasi Instagram yang ada di smartphone Anda.

2. Jika sudah masuk, silakan ketuk ikon kamera yang terletak di pojok kiri atas.

cara menggunakan stiker chat

3. Ambil foto atau video Anda yang ingin dijadikan stories, setelah itu ketuk ikon smile berbentuk kotak terlipat.

4. Ketuk stiker chat atau obrolan.

5. Beri nama obrolan, kemudian centang.

6. Ketuk cerita Anda untuk mulai membagikannya ke publik.

7. Selesai.

Tutorial ini juga berlaku untuk Anda yang ingin menggunakan stiker lain. Jadi, apabila Anda sebelumnya tidak tahu bagaimana caranya menggunakan Instagram Stories, maka kurang lebih seperti tutorial di ataslah caranya.

Bagaimana cara kerja stiker chat?

Ketika stories Anda terkirim, maka teman atau para pengikut Anda bisa mengetuk gabung obrolan untuk mengajukan permintaan ke percakapan grup. Anda selaku pemilik grup dapat melihat siapa saja yang mengajukan permintaan bergabung.

Dari daftar yang ada, Anda dapat memilih siapa-siapa saja yang Anda terima. Dan ketika Anda menerima pengguna lain untuk bergabung ke obrolan, maka mereka akan melihat sebuah percakapan grup baru di direct message. Percakapan grup sendiri bisa Anda akhiri kapan saja. Jadi, seperti itulah cara kerja dari stiker chat.

Stories Adalah Senjata Instagram

Instagram secara teratur menambahkan stiker baru ke stories. Pada bulan Juni 2018, Instagram menambahkan stiker yang memungkinkan Anda menambahkan musik ke stories. Kemudian, pada bulan Juli 2018, Instagram menambahkan stiker yang memungkinkan Anda untuk mengajukan pertanyaan kepada pengikut Anda. Dan sekarang, Instagram kembali menambahkan stiker baru, yaitu stiker chat pada Juli 2019.

Instagram nampaknya sadar, jika saat ini para pengguna memang lebih menyukai Instagram Stories sehingga mereka memberikan inovasi-inovasi baru untuk para penggunanya agar dominasi mereka semakin sulit untuk digeser oleh para pesaingnya, seperti Snapchat.

Padahal, jika kita telusuri lagi sejarah pembuatan Instagram Stories, fitur tersebut adalah fitur yang ditiru dari Snapchat. Dan yang paling tidak terduga adalah ternyata fitur tiruan itu mampu mengalahkan sang pemilik aslinya di mana popularitas Snapchat saat ini sangat kalah jauh dari Instagram, khususnya popularitasnya di Indonesia.

Dalam sebuah interview dengan TechCrunch, Mantan CEO Instagram, Kevin Systrom pernah mengatakan bahwa “mereka (Snapchat) berhak mendapatkan penghargaan.” Kemudian Kevin menambahkan lagi, “Ini bukan tentang siapa yang menciptakan sesuatu, ini tentang sebuah format, dan bagaimana membawanya ke sebuah jaringan dan menaruh spin sendiri di atasnya.”

Baca: Cara Memblokir Komentar dari Pengguna Lain di Instagram

Itulah pembahasan yang bisa disampaikan terkait penggunaan stiker terbaru yang dimiliki Instagram, yaitu stiker chat. Dalam beberapa bulan ke depan, pasti Instagram akan meluncurkan fitur baru lagi, baik itu untuk Instagram Stories atau yang lainnya karena media sosial yang bernaung di bawah Facebook itu sangat rajin menghadirkan fitur-fitur baru untuk para penggunanya. Jadi, kita tunggu saja kabar selanjutnya dari Instagram.


Loading...
Baca selengkapnya

Artikel terkait

One Comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close