menggunakan whatsapp di laptop

Cara Menggunakan Whatsapp Di Laptop Tanpa BlueStacks

Cara Menginstal dan Menggunakan Whatsapp di Laptop Tanpa BlueStacks ~ Halo pembaca klikmania apakah kalian sudah tau cara menginstall, memasang atau menggunakan Whatsapp di laptop? Ya, selama ini memang Whatsapp bisa di gunakan di laptop tetapi perlu menggunakan emulator misalnya BlueStacks. Cara ini sangat merepotkan bukan? Karena BlueStacks hanya mau jalan apabila koneksinya lancar dan cepat.

Kalian pasti sering kerepotan ketika bekerja dengan laptop dan harus selalu memeriksa notifikasi Whatsapp di smartphone. Ada kabar baik nih bagi kalian yang sering bekerja di depan laptop atau komputer dan harus selalu online untuk berkomunikasi melalui Whatsapp. Sekarang Whatsapp bisa dipasang dan digunakan di laptop tanpa harus memasang aplikasi pihak ketiga atau emulator.

Nah kali ini saya akan memberikan tutorial cara menggunakan Whatsapp di laptop tanpa menggunakan BlueStacks. Ada 2 cara untuk menggunakan aplikasi yang sudah diunduh lebih dari satu miliar kali ini, yaitu dengan Whatsapp Web dan dengan Whatsapp for PC. Di tutorial ini saya menggunakan Smartphone Asus Zenfone 2, Laptop Toshiba dan Wifi gratisan di kampus tercinta.

  1. Cara Menggunakan Whatsapp di Laptop Menggunakan Whatsapp Web

Cara yang pertama ini sebenarnya sudah bisa dilakukan bahkan sebelum Whatsapp merilis versi terbarunya. Meskipun begitu, banyak pengguna Whatsapp yang belum mengetahui cara menggunakan Whatsapp di laptop.

Dengan menggunakan Whatsapp Web, kalian dapat menerima notifikasi di desktop kalian, yang akan muncul di pojok kanan bawah laptop kalian. Apabila cukup penting kalian dapat langsung membuka dan membalasnya,atau kalian bisa mengabaikannya tanpa terganggu. Inilah tujuan utama penggunaan Whatsapp di laptop.

Nah sebelum mulai menggunakan Whatsapp Web ada beberapa hal yang perlu dipersiapkan:

  1. Kalian memiliki smartphone yang sudah terinstall Whatsapp didalamnya.
  2. Whatsapp yang digunakan minimal versi 2.11.500, dibawah versi itu silahkan diupdate dulu J.
  3. Smartphone kalian memiliki koneksi internet, baik wifi maupun data provider.
  4. Laptop kalian sudah terpasang Google Chrome versi terbaru, karena Whatsapp Web tidak dapat digunakan di Mozila Firefox, Safari, Opera Mini maupun Internet Explorer.
  5. Laptop kalian tentu saja harus terkoneksi dengan internet.
  6. Saya sarankan laptop yang digunakan adalah milik kalian pribadi, kan nggak lucu kalau Whatsapp kita dibajak oleh pemilik laptop 🙂

Langkah Langkah cara menggunakan Whatsapp di laptop menggunakan Whatsapp Web:

  1. Pastikan bahwa smartphone sudah terpasang Whatsapp versi terbaru dan memiliki koneksi internet. Kenapa harus versi terbaru? Karena Whatsapp Web adalah fitur baru untuk versi 2.11.500.
  1. Pastikan bahwa laptop kalian terkoneksi internet dan sudah terpasang Google Chrome versi terbaru.
  2. Silahkan masuk ke website web.whatsapp.com pada pc kalian, tunggu hingga website ini menampilkan QR Code.
  3. Masuk ke home Whatsapp kalian di smartphone, kemudian pilih menu (titiktiga di pojok kanan atas), setelah itu pilih Whatsapp Web. Secara otomatis akan keluar Scaner QR Code.menggunakan whatsapp di laptop
  4. Arahkan kamera smartphone untuk melakukan scaning QR Code, perhatikan jangan sampai ada yang menghalangi proses scaning, misalnya kursor maupun kecerahan layar laptop.
  5. Scaning biasanya berjalan sangat cepat dan kalian langsung masuk ke halaman depan Whatsapp. Selamat sekarang kalian dapat berkomunikasi dengan Whatsapp di laptop. Kalian dapat mengirimkan pesan, lokasi, gambar, file dan lain sebagainya melalui laptop. Kini kalian tidak perlu lagi memeriksa notifikasi Whatsapp di smartphone kalian. menggunakan whatsapp di laptop

Kelebihan dari cara yang ini adalah notifikasi muncul didesktop sehingga bisa langsung membaca isi percakapan baru. Tidak perlu membuka percakapan untuk membacanya. Namun kekurangannya adalah bagi kalian yang tidak menyukai Google Chrome harus pindah pindah browser untuk membuka dan membalas percakapan.

Perhatian: Sistem kerja Whatsapp Web ini adalah untuk menyambungkan Whatsapp di smartphone dengan laptop. Selama menggunakan Whatsapp di laptop, koneksi internet di smartphone juga harus tetap berjalan. Sehingga fungsi Whatsapp Web ini hanyalah untuk mempermudah penggunaanya.

Loading...
  1. Cara Menggunakan Whatsapp di Laptop dengan Aplikasi Whatsapp for PC tanpa BlueStacks

Cara yang kedua ini adalah alternatif bagi kalian yang tidak memiliki Google Chrome atau yang tidak ingin menggunakan browser untuk chating dan browsing sekaligus. Berbeda dengan Whatsapp Web dengan aplikasi ini kalian akan mendapat notifikasi chat di bagian taskbar laptop.

Jangan lupa siapkan dulu piranti untuk menggunakan Whatsapp di laptop dengan aplikasi Whatsapp for PC. Tidak jauh berbeda kok dengan tutorial yang pertama.

  1. Kalian memiliki smartphone yang sudah terinstal dan log in Whatsapp.
  2. Whatsapp yang terinstall minimal versi 2.11.500 atau yang paling baru.
  3. Laptop dan smartphone memiliki koneksi internet, bisa pakai wifi, data provider maupun tethering :).
  4. Dari Whatsapp mensyaratkan OS yang digunakan minimal Windows 8 atau Mac OS X 10.9, namun ini saya menggunakan Windows 7 ternyata bisa. Jadi kalian bisa menggunakan Whatsapp di laptop dengan Windows 7. Namun kalau OS lain misalnya linux, machintos, Rich OS, XTS, BeOS atau yang lainnya saya kurang tau 🙂

Langkah Langkah Cara Menggunakan Whatsapp di laptop menggunakan Aplikasi Whatsapp For PC

  1. Pastikan koneksi internet di smartphone dan laptop kalian berjalan lancar.
  2. Pastikan Whatsapp yang kalian gunakan di smartphone adalah versi terbaru.
  3. Download aplikasi Whatsapp For PC di Web Whatsapp.com, kalian dapat memilih aplikasi mana yang cocok dengan spesifikasi laptop kalian. Kalau saya menggunakan yang windows 8 32-bit, karena saya pakai windows 7 32-bit.
  4. Instal seperti aplikasi lainnya (jika ada notifikasi klik saja “Run”) dan tunggu hingga instalasi selesai.
  5. Setelah instalasi selesai nanti akan ada QR code seperti pada Whatsapp Web, scan QR code dengan masuk ke Whatsapp Web pada home Whatsapp smartphone (Titik tiga di pojok kanan atas).
  6. Kalian sudah dapat menggunakan aplikasi Whatsapp for PC seperti menggunakan Whatsapp pada smartphone.menggunakan whatsapp di laptop

Kelebihan dari Whatsapp for PC ini adalah sistemnya berbasis aplikasi, sehingga tidak memiliki ketergantungan dengan aplikasi lain di laptop. Selain itu tampilan aplikasi dapat anda atu sehingga bisa disesuaikan untuk melihat percakapan. Sedangkan kekurangannya adalah notifikasi berada pada taskbar laptop sehingga tidak bisa langsung mengetahui isi percakapan, perlu membuka aplikasinya terlebih dahulu.

Baca juga : 6 Aplikasi Smartphone Terbaik Untuk Penggemar Baca Buku

Perhatian:

Meskipun sudah berbasis aplikasi tetapi sistem kerjanya masih sama dengan Whatsapp Web, yaitu menghubungkan smarthphone dengan PC. Sehingga aplikasi ini tidak dapat berdiri sendiri tanpa koneksi dan Whatsapp dari smartphone. Percakapan yang masuk ke laptop juga masuk ke smartphone, sehingga apabila koneksi yang anda gunakan adalah data provider maka akan menjadi lebih boros, karena harus bekerja dua kali.

Sekian tadi 2 cara menggunakan Whatsapp di laptop tanpa BlueStacks. Bagi kalian penulis artikel blog, pasti sangat terbantu dengan penggunaan Whatsapp di laptop ini. Saat ini Whatsapp sudah diunduh lebih dari satu miliar kali dan diberi rating 5 bintang oleh hampir 35 juta pengguna.

Tentu saja ini menjadi bukti bahwa Whatsapp adalah aplikasi chating andalan yang sudah sangat terpercaya. So, selamat menggunakan Whatsapp di laptop sambil bekerja 🙂


Loading...

Bagikan

Tristianto Nugroho

Penulis

Mahasiswa tingkat akhir yang sedang belajar membaca dan menulis. Banyak menulis tentang tips Android seperti cara memindahkan file, aplikasi dan lain sebagainya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *