Internet

Cara Mengurangi Penggunaan Gadget pada Anak, Ternyata Mudah

Keberadaan Gadget Tidak Bagus untuk Anak-Anak

Mendidik anak di era teknologi seperti sekarang ini tidaklah mudah karena ada banyak gangguan yang datang, baik itu dari dalam maupun dari luar. Salah satu gangguan yang sering datang menghampiri anak adalah gadget.

Saat ini, kebanyakan anak-anak sudah terpapar oleh gadget. Dan orang pertama kali yang memperkenalkan anak-anak dengan gadget biasanya orang tuanya sendiri. Orang tua pun ketika memberi gadget kepada anak-anak memiliki alasan, seperti untuk menghentikan tangis, agar anak tidak rewel, bisa menjadi anak yang tidak gaptek, dan mash banyak lagi.

Semua alasan yang dipaparkan sangat masuk akal. Namun yang harus diketahui adalah ketika anak-anak sudah kecanduan gadget, yang namanya mengatasi kecanduan akan sangat sulit untuk dilakukan. Jika saat ini anak Anda mengalami kecanduan, maka cara yang paling tepat adalah mengurangi penggunaan gadget kepada anak secara perlahan terlebih dahulu.

Dengan mengurangi penggunaan gadget kepada anak secara perlahan, maka yang namanya kecanduan akan bisa dihilangkan sedikit demi sedikit sehingga masa kecil anak benar-benar terasa menyenangkan tanpa harus direnggut oleh keberadaan gadget.

Cara Mengurangi Penggunaan Gadget

Biasanya untuk mengurangi penggunaan gadget, orang tua lebih memilih adanya pembatasan waktu kepada anak-anak mereka, seperti memberikan waktu selama 1 jam tiap hari untuk mengakses gadget atau hanya boleh bermain gadget pada hari libur saja dengan batasan waktu yang sudah ditentukan.

Jika Anda sudah menerapkan cara di atas, maka itu sudah bagus. Namun jika Anda ingin anak benar-benar bisa mengurangi interaksinya dengan gadget, maka tidak ada salahnya jika Anda membuatkan mainan untuk anak-anak Anda.

Cara yang satu ini sedikit merepotkan memang, namun ketika Anda sudah berhasil menerapkannya, maka Anda akan merasakan kepuasan tersendiri. Selain itu, Anda juga akan bisa menikmati kebersamaan dengan anak, sehingga masa-masa kecilnya tidak berlalu begitu saja.

Meniru Ayah dari Negara China

Seorang ayah dari provinsi Henan di China, sukses membuat netizen terkagum-kagum berkat kreasi yang sudah ia buat. Bukan hanya membuat orang lain kagum, namun bapak yang satu ini juga sangat menginspirasi orang tua lain yang ada di seluruh penjuru dunia untuk lebih peduli terhadap masa kecil anak-anaknya.

Dilansir dari South China Morning Post, sang ayah yang memiliki lebih dari 2,3 juta pengikut di media sosial itu menjadi viral karena telah membuat versi 3D tetris, permainan labirin, dan teka-teki unik lainnya dari bahan kertas kardus.

Lihat videonya di bawah ini:

Sang ayah mengatakan:

Saya membuat mainan sehingga anak-anak lebih sedikit menggunakan ponsel dan memberi mereka masa kecil yang istimewa. Saya senang menciptakan berbagai hal sejak saya masih kecil, dan bukan hanya mainan.

Tertarik?

Seperti yang sudah disebutkan, cara yang satu ini memang sedikit merepotkan. Namun, bukankah sekarang untuk membuat mainan dari barang bekas bisa dilakukan dengan mudah melalui bantuan video di YouTube?

Selain untuk mengurangi penggunaan gadget, mainan yang sudah dibuat juga bisa dijual. Sang ayah yang tidak diketahui namanya dari China itu sudah melakukannya di mana ia menjual kreasinya sebagai paket do it yourself atau DIY bagi pelanggan untuk merakit mainan itu sendiri.

Baca juga: Panduan Menggunakan YouTube Kids, Orang Tua Harus Tahu

Itulah cara agar anak-anak tidak terlalu sering bermain gadget. Jika Anda tidak bisa membuat mainan untuk anak-anak, maka berusahalah meskipun itu jelek. Ada banyak sekali keuntungan ketika kita membuatkan mainan untuk anak-anak, yaitu kebersamaan, membuat hati anak gembira, dan merangsang daya pikirnya untuk menjadi lebih baik.


Loading...
Baca selengkapnya

Artikel terkait

One Comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close