InternetPeluang usaha

Cara Menjadi iOS Developer: 5 Langkah Jitu Menjadi Pengembang iOS

Keahlian iOS developer makin dibutuhkan, artinya kini peluang kerja di bidang pengembangan sistem operasi iOS makin terbuka lebar. Cara menjadi iOS developer tidak sulit kalau anda mau serius menjalaninya.

Di artikel ini akan saya berbagi kiat jitu untuk memulai karier sebagai iOS developer. Supaya anda bisa belajar sebanyak mungkin tentang pengembangan iOS, dan supaya anda bisa segera menjadi iOS developer dalam waktu singkat.

Sebagai informasi bagi yang belum tahu

Selain Android, iOS adalah salah satu sistem operasi yang paling banyak digunakan di pasar sistem operasi smartphone. Para pengembang (developer) sistem operasi smartphone memiliki peran yang sangat penting dalam hal ini.

Bahkan kini telah banyak perusahaan membangun departemen khusus pengembangan smartphone, dan merekrut para iOS developer untuk bisa memenuhi permintaan pasar smartphone berbasis sistem operasi iOS.

5 Tips Menjadi iOS Developer

iOS Developers

Seperti yang disarankan oleh seorang ahli dari thebalance.com, inilah beberapa hal yang harus anda lakukan jika serius ingin menjadi iOS developer:

1. Belajar Objective-C

Objective-C adalah bahasa pemrograman standar untuk produk iOS dan OSX. Jika serius tertarik untuk jadi iOS developer, maka tempat pertama yang harus anda datangi untuk mulai belajar Objective-C adalah website Code School.

Kelebihan Code School dari sekian banyak sumber belajar Objective-C adalah Code School mengubah pembelajaran dasar-dasar Objective-C jadi permainan yang rapi. Sehingga belajar Objective-C jadi lebih mudah dan menyenangkan.

2. Belajar Swift

Setelah mengenal bahasa pemrograman Objective-C, maka yang perlu anda pelajari selanjutnya adalah Swift. Bahasa pemrograman Swift dirilis pada tahun 2014, dan telah banyak digunakan sebagai pengganti Objective-C.

Mungkin anda berpikir tidak perlu lagi belajar Objective-C jika akan belajar Swift. Atau sebaliknya. Tapi justru tidak bisa seperti itu. Justru anda perlu belajar keduanya, karena Swift belum sepenuhnya jadi pengganti Objective-C.

Mahir Objective-C dan Swift penting untuk jadi iOS developer. Paling tidak anda harus tahu sintaks, paham Foundation framework (objek, koleksi, jaringan, JSON, tipe data), serta paham konsep dasar berorientasi objek.

Anda bisa ikut kursus Swift di website Treehouse sebagai permulaan atau sebagai pratinjau jika anda tertarik untuk belajar menjadi pengembang iOS lebih lanjut.

3. Banyak Latihan

Setelah anda paham betul dengan Objective-C dan Swift, maka hal berikut yang harus anda lakukan adalah berlatih sebanyak mungkin. Latihan bisa mempertajam keterampilan coding dan bisa membantu anda membangun portfolio.

Cara latihan yang terbaik untuk menjadi pengembang iOS adalah dengan membuat aplikasi anda sendiri, lalu poskan ke App Store. Makin banyak aplikasi berkualitas baik yang anda buat, berarti makin bagus untuk latihan anda.

Setelah banyak orang menggunakan aplikasi buatan anda, akan ada banyak saran dan kritik yang bisa anda dapat. Jangan kesal kalau dapat kritik, karena saran dan kritik bisa membantu anda jadi pengembang iOS yang lebih baik.

Dengan begitu anda bisa membiasakan diri dengan segala sesuatu yang perlu diketahui oleh pengembang iOS, khususnya dalam hal desain dan pemeliharaan aplikasi.

4. Bergabung dengan Komunitas Coding

Salah satu komunitas coding online terbesar adalah GitHub. Di komunitas GitHub anda bisa bergabung dengan orang-orang yang bisa membantu anda dalam banyak hal tentang coding, seperti menguji aplikasi dan program buatan anda.

Anda juga bisa meminta saran untuk memecahkan masalah coding atau pun saran karier sebagai pengembang. Banyak yang bisa membantu anda, karena komunitas GitHub memang tempat para ahli berkumpul dan berbagi keahlian.

Jadi intinya, siapa pun yang tertarik pada karier coding atau app developer, harus bergabung dengan komunitas coding seperti GitHub. Komunitas untuk orang yang memiliki minat sama dengan minat anda.

Baca jugaSitus Belajar Bahasa Pemrograman Terbaik yang Akan Bantu Anda Belajar Coding

5. Tawarkan Layanan Gratis Sesuai Keahlian Anda

Supaya bisa dapat tawaran kerja atau proyek, anda perlu memiliki pengalaman dan membangun portfolio yang bagus. Dengan begitu, orang atau perusahaan akan tahu bahwa anda memiliki keahlian di bidang coding dan pengembangan iOS.

Cara paling bagus untuk membangun portofolio dan pengalaman kerja relevan di dunia nyata adalah dengan memberikan layanan secara sukarela di bidang pengembangan iOS kepada organisasi nirlaba dan bisnis lokal.

Strategi layanan sukarela ini mirip dengan magang. Bedanya adalah anda datang sendiri dan menawarkan jasa kepada organisasi. Bantu mereka dalam proyek yang berkaitan dengan coding dan pengembangan iOS.

Meski anda tak bisa hasilkan uang dari layanan sukarela ini, tapi anda bisa tunjukkan keahlian iOS anda kepada pengusaha, berinteraksi dengan klien, mendapat banyak referensi, dan membangun koneksi yang penting untuk dapat pekerjaan.

Jadi kesimpulannya adalah:

Belajar, berlatih, bergabung dengan komunitas yang memiliki minat sama, lalu bangun portfolio dengan cara promosikan keahlian anda kepada perusahaan dan organisasi.

Jika semua itu sudah anda lakukan dengan baik, maka anda akan segera mendapat tawaran proyek atau tawaran pekerjaan sebagai iOS developer.


Loading...
Baca selengkapnya

Hobi fotografi, tapi sehari-hari menghabiskan waktu di depan komputer.

Artikel terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close