Peluang usaha

Cara Sukses Melakukan Tes Wawancara Kerja

Setiap orang pasti memiliki impian pekerjaan. Banyak hal yang mempengaruhi mereka menginginkan sebuah pekerjaan, misalkan saja karena hobi, karena ingin seperti seseorang, mungkin juga karena kemauan orangtuanya, Bahkan tak jarang karena iming- iming gaji besar. Namun sayangnya, tak semua orang tahu cara sukses melakukan tes wawancara kerja.

Beberapa langkah sebelum mendapatkan pekerjaan tentu melamar pekerjaan atau memasukkan lamaran pekerjaan kepada instansi terkait. Setelah itu umumnya dari pihak instansi akan melakukan penyaringan calon karyawan atau yang sering disebut dengan tes administrasi.

Setelah anda melalui tes administrasi, anda akan melalui tes tertulis. Biasanya beberapa instansi tidak menggunakan nya. Untuk bahan yang digunakan tes itu sendiri bermacam-macam. Anda bisa menanyakan langsung pada pihak HRD instansi terkait bahan yang digunakan dan biasanya sudah ada ketentuannya sendiri.

Selanjutnya terdapat tes yang disebut dengan tes wawancara. Tes ini mengharuskan anda bertatap muka secara langsung dengan HRD instansi terkait yang kemudian akan di berikan beberapa pertanyaan terkait diri anda, pekerjaan dan perusahaan atau instansi tersebut.

Faktor utama kegagalan tes wawancara kerja

Dalam tahap wawancara 70 persen orang gagal menghadapinya atau gugur dalam tes wawancara kerja. Gagal nya pun bermacam macam yang menjadi penyebab utamanya. Diantaranya kurang kesiapan dan jawaban yang diberikan kepada pihak HRD tidak memuaskan atau terkesan di lebih lebihkan. Untuk dapat melewati tes wawancara dengan sukses, anda perlu mencoba beberapa cara sukses melakukan tes wawancara kerja berikut ini.

Cara Sukses Melakukan Tes Wawancara Kerja

Siapkan mental, pikiran, tenaga, lahir dan batin untuk menghadapi tes wawancara kerja. Setelah itu, berikanlah penampilan terbaik anda. Anda harus rapi dan sopan. Tentu penampilan adalah hal yang sangat penting, karena ketika orang lain melihat kita, yang pertama kali mereka nilai dan mereka perhatikan adalah penampilan.

Penampilan tidak perlu heboh atau terkesan di lebih lebihkan. Berikan kesan sederhana dalam penampilan, rapi dan bersih. Selanjutnya, usahakan setengah jam sebelum jam tes wawancara kerja atau bisa juga 5 menit sebelum wawancara kerja dimulai, anda sudah berada di tempat, supaya HRD menilai anda adalah seseorang yang tepat waktu dan dapat menghargai waktu.

Tips atau cara sukses melakukan tes wawancara kerja berikutnya ialah berlaku lah dengan sopan dan mengikuti aturan yang telah di instruksikan oleh pihak instansi. Hindari mata yang tak fokus, seperti melihat kesana kemari. Jawablah segala pertannyaan yang di ungkapkan pada anda dengan lugas, singkat dan tepat. Usahakan hindari memberikan jawaban yang bertele-tele, gagap dan tak berhubungan dengan pertanyaan.

Loading...

Referensi lain : Pertanyaan Wawancara Kerja yang Sepele tapi Menjebak

Itu saja yang bisa penulis bagikan pada kesempatan kali ini tentang cara sukses melakukan tes wawancara kerja. Semoga beberapa cara tersebut membuat anda sukses menghadapi tes dan tentu ingat untuk  berdoa kepada Tuhan Yang Maha Esa.

Image credit : https://www.cpl.ie



Loading...

Tags
Baca selengkapnya

Nino Artikel adalah seorang pria yang memiliki hobi membaca dan menulis. Minat serta tekat menjadi blogger profesional sudah dilalui dari tahun 2011. Selain seorang freelancer, sesuai dengan namanya, juga adalah seorang penulis artikel.

Artikel terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button