Internet

Cegah Stress di Bandara dengan 7 Cara ini, Biar Nggak Merusak Mood Traveling Kamu

Kamu yang suka traveling perlu tahu cara cegah stress di bandara. Apalagi ke luar negeri, pasti tahu bahwa bandara bisa jadi sumber stress bahkan merusak mood traveling kamu.

Cara-cara ini akan membantu kamu melewati security dan proses check-in yang panjang di bandara dengan lebih mudah, supaya mood traveling kamu tetap menyenangkan.

Beberapa hal yang harus dilakukan untuk cegah stress di bandara

stress di bandara

1. Pilih jadwal penerbangan pagi

Kalau memungkinkan, pilihlah jadwal penerbangan pagi. Memilih penerbangan yang berangkat sebelum jam 8 pagi memiliki beberapa kelebihan:

  • Tiket penerbangan pagi biasanya lebih murah.
  • Terbang tepat waktu. Pesawat yang akan berangkat pagi biasanya tiba di bandara malam sebelumnya dan akan berangkat lagi tepat waktu.
  • Bandara lebih sepi di pagi hari, artinya bisa berjalan lebih leluasa dan bisa melewati gerbang pemeriksaan lebih cepat.

2. Follow sosial media maskapai penerbangan yang dipilih

Setelah membeli tiket pesawat, bergabunglah dengan klub maskapai penerbangan yang dipilih. Biasanya maskapai penerbangan punya website, sosial media, atau forum yang merupakan fasilitas tempat berbagi informasi dan menerima keluhan. Tapi sangat disarankan follow Facebook atau Twitter mereka, biasanya lebih fast-response.

Kalau ada kemungkinan penerbangan akan ditunda atau dibatalkan, maka penumpang bisa tahu lebih cepat. Penumpang juga bisa memberi tahu pihak maskapai kalau penumpang batal terbang atau kalau ada keluhan lain. Berkomunikasi lewat FB atau Twitter biasanya lebih mudah daripada menghubungi customer service.

3. Check-in online 24 jam sebelum penerbangan

Hubungi maskapai penerbangan yang dipilih untuk melakukan check-in secara online 24 jam sebelum jadwal penerbangan yang ditentukan. Ini penting untuk konfirmasi keberangkatan dan memastikan ketersediaan kursi.

Kalau punya printer di rumah, penumpang bisa mencetak sendiri boarding pass saat proses check-in online. Hal ini bisa mempercepat proses pemeriksaan (TSA) di bandara, karena penumpang sudah memegang boarding pass yang dia cetak sendiri.

4. Sediakan alat pertahanan bandara

“Alat pertahanan bandara,” istilahnya mungkin terlalu dramatis. Tapi percayalah, kamu mungkin akan menjalani masa yang dramatis bahkan mungkin tragedi di bandara kalau tidak membawanya.

“Alat pertahanan bandara” yang perlu kamu bawa:

  • Persediaan obat untuk 24 jam

Khususnya obat sakit kepala. Ini penting bukan hanya untuk mereka yang sakit atau yang sedang menjalani berobat jalan. Sungguh, melewati proses pemeriksaan di bandara dan duduk berjam-jam dalam pesawat bisa membuatmu stress di bandara dan terkadang sakit kepala.

  • Bawa botol air minum

Berada dalam pesawat di atas ketinggian tertentu bisa membuatmu cepat haus, jadi bawalah air minum dalam botol. Air minum memang tidak diizinkan melewati gerbang pemeriksaan (TSA), tapi penumpang tetap boleh membawa air minum ke dalam pesawat.

Untuk menyiasatinya:

Bawa botol kosong supaya bisa melewati pemeriksaan, setelah itu, baru isi botol dengan air yang bisa didapat dari air mancur di bandara, atau beli di mini market banda setelah melewati gerbang pemeriksaan (TSA).

Cara terakhir adalah minta pramugari dalam pesawat untuk mengisi botol airmu. Katakan saja, kamu perlu banyak air untuk minum obat.

  • Penutup telinga atau headphone

Ini untuk mengurangi kebisingan dan cegah stress di bandara dan dalam pesawat, supaya bisa lebih fokus dan rileks. Tapi jangan gunakan untuk mendengarkan musik, karena kamu tidak akan mau melewatkan pengumuman penting selama di bandara dan dalam pesawat.

  • Pakailah seragam traveler

“Seragam traveler” adalah pakaian yang nyaman untuk dipakai selama perjalanan (bukan seragam yang sebenarnya). Celana yang nyaman, baju yang agak longgar, sepatu yang nyaman dipakai berlari, kaos kaki dan jaket adalah kebutuhan.

  • Camilan kaya protein yang bisa dimakan di bandara selama menunggu atau saat dalam pesawat.
  • Bantal leher (neck pillow)

Kalau perlu bawalah bantal leher yang bisa membuatmu tidur lebih baik selama dalam pesawat, atau membantumu duduk nyaman saat menunggu di bandara.

Masukkan “alat pertahanan bandara” tersebut ke dalam ransel atau koper kecil yang akan bersamamu selama dalam pesawat (bukan dalam koper besar yang akan disimpan di bagasi).

5. Datang ke bandara setidaknya 2 jam sebelum keberangkatan

Datang dua jam lebih awal sama sekali tidak berlebihan. Karena ada banyak prosedur pemeriksaan yang harus dilewati sebelum akhirnya bisa duduk nyaman dalam pesawat.

  • Bandara adalah tempat yang luas dengan banyak gerbang dan terminal. Banyak orang yang tersesat saat pertama kali datang ke bandara. Karena itu, sediakan waktu yang cukup untuk mengetahui lokasi gerbang dan terminal tujuan.
  • Maskapai penerbangan biasanya memerlukan waktu check-in 45 menit. Kalau tas dan barang bawaan penumpang belum selesai diperiksa 45 menit sebelum pesawat berangkat, maka penumpang bisa dilarang naik pesawat.

6. Lakukan ini begitu tiba di bandara

  • Ambil foto ditempat parkir (kalau bawa/ memarkir mobil di bandara)

Kalau membawa mobil pribadi dan memarkir mobil di tempat parkir bandar selama beberapa hari, sebaiknya ambil foto yang menunjukkan lantai, jalur, nomor tempat parkir, atau semacamnya yang menunjukkan posisi mobil ditempat parkir. Supaya lebih mudah mencari mobil saat saat pulang.

  • Ambil foto tas, koper, dan barang bawaan

Memotret tas, koper, dan barang bawaan sebelum menyerahkannya ke konter check-in bisa sangat membantu kalau tas ditahan atau hilang. Foto yang dipegang bisa jadi bukti saat komplain ke petugas.

  • Potret dokumen penting seperti KTP, passport, boarding pass dan visa.

Tahukah kamu kalau sekarang beberapa bandara dan maskapai penerbangan mengizinkan penumpangnya masuk walau hanya memiliki foto boarding pass dan passport dalam smartphone? Itu adalah kemudahan yang diberikan oleh bandara dan maskapai penerbangan untuk penumpang yang kehilangan passport dan boarding pass mereka.

Karena itu, ingatlah untuk selalu memotret dokumen penting seperti KTP, passport, boarding pass dan visa. Simpan foto dokumen tersebut di internet (cloud, drop box, email) supaya lebih aman dan tetap bisa diakses walaupun smartphone-mu hilang.

  • Antrian pemeriksaan (TSA) biasanya lebih panjang di hari Senin dan Jum’at, jadi datanglah lebih awal kalau jadwal penerbangannya di hari Senin atau Jum’at.
  • Bersikap baik saat pemeriksaan supaya lebih cepat. Tidak mengikuti aturan hanya akan membuang waktumu dan waktu orang lain.
  • Setelah melewati semua pemeriksaan, datanglah ke boarding gate 15 menit sebelum pesawat berangkat.

7. Sediakan rencana cadangan kalau penerbangan ditunda

Ada banyak hal yang bisa membuat pesawat ditunda keberangkatannya, tapi penyebab yang paling umum adalah cuaca buruk dan masalah teknis. Penerbangan bisa ditunda selama beberapa jam sampai seharian, dan memaksa penumpang menunggu di bandara, bahkan banyak penumpang yang terpaksa harus tidur di bandara.

Yang perlu diperhatikan kalau penerbangan mendadak ditunda:

  • Tetap berpikir positif, jangan marah.

Banyak orang yang melampiaskan kemarahan karena stress di bandara pada petugas bandara gara-gara pesawat datang terlambat atau keberangkatannya ditunda. Padahal mereka jelas tahu bahwa itu bukan kesalahan petugas.

Tidak ada yang bisa dilakukan kalau pesawat ditunda karena cuaca buruk atau masalah teknis. Pihak maskapai pasti ingin terbang aman untuk menjaga keselamatan penumpang juga.

Kemarahan hanya akan membuatmu lebih stress dan orang lain akan menganggapmu sebagai pribadi yang kasar. So, tetaplah berpikir positif dan bersabarlah.

  • Buat hiburan sendiri di bandara

Bandara adalah tempat yang luas, ada banyak yang bisa didatangi kalau harus menunggu lama. Beberapa ide untuk mengisi waktu luang di bandara adalah: cari hot-spot WiFi untuk cek email, jalan-jalan di sekitar terminal, berfoto ria, atau mencari kenalan baru untuk mencegah stress di bandara.

Bandara (khususnya bandara internasional) adalah tempat berkumpulnya orang dari berbagai negara. Kenapa tidak menggunakan kesempatan ini untuk berkenalan dengan orang asing? Mungkin kamu bisa dapat teman baru dari berbagai negara.

Terakhir, tetaplah berpikir positif supaya bisa menikmati perjalanan,biar nggak merusak mood traveling kamu

Selamat traveling 🙂


Loading...
Baca selengkapnya

Hobi fotografi, tapi sehari-hari menghabiskan waktu di depan komputer.

Artikel terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close