Internet

Dark Mode Aplikasi Gmail Resmi Hadir, Begini Cara Mengaktifkannya

Dark Mode Tersedia untuk Versi 2019.08.18.267044774

Bulan Juni 2019 kemarin, dark mode pada aplikasi Gmail sedang digarap oleh pihak Google di mana mereka melakukan ujicoba kepada para pengguna terpilih. Saat itu, beredar kabar jika dark mode akan diluncurkan bersamaan dengan Android Q.

Namun ternyata, semua kabar yang berhembus itu tidak ada yang akurat karena ketika Android Q diluncurkan dengan nama Android 11, fitur dark mode tetap belum memunculkan tanda-tanda akan diluncurkan oleh pihak Google.

Selang beberapa hari setelah peluncuran Android 11, kabar tentang kejelasan dark mode di aplikasi Gmail akhirnya terjawab. Adalah 9to5Google yang menjelaskan itu semua. 9to5Google sendiri adalah situs yang membahas berita tentang Alphabet, Google, Android, Pixel, dan Chrome di mana mereka mengatakan jika dark mode sudah diluncurkan oleh pihak Google.

Cara Mengaktifkan Dark Mode Aplikasi Gmail

1. Buka aplikasi Gmail di ponsel Anda.

2. Ketuk tiga garis yang terletak di sisi kiri, kemudian pilih setelan.

3. Ketuk setelan umum.

4. Fitur dark mode terletak di posisi paling atas (di atas tindakan notifikasi default).

5. Akan terdapat 3 pilihan tema, yaitu light, dark, dan juga system default.

6. Silakan pilih dark, maka aplikasi Gmail akan masuk ke mode gelap.

7. Selesai.

Tampilan mode gelap aplikasi Gmail:

Tidak Bisa Akses Dark Mode?

Jika Anda sudah pergi ke setelan aplikasi Gmail, maka Anda akan mendapati fitur dark mode yang tidak muncul. Tidak munculnya fitur dark mode ini disebabkan penyebaran update yang belum merata. Sampai artikel ini ditulis pun, fitur mode gelap masih belum muncul meskipun aplikasi Gmail sudah diperbarui.

Kemungkinan besar, mode gelap akan hadir dalam hitungan hari saja. Jadi, bagi Anda yang tidak sabar untuk menggunakan mode gelap di aplikasi Gmail harus sering-sering meluangkan waktu untuk mengecek menu setelan yang terdapat pada aplikasi Gmail.

9to5Google juga menyampaikan jika dibutuhkan aplikasi Gmail versi 2019.08.18.267044774. Sekarang, coba Anda cek versi berapakah aplikasi Gmail yang Anda gunakan. Jika versi yang Anda gunakan sudah sesuai dengan apa yang disampaikan 9to5Google, maka Anda hanya tinggal menunggu waktu saja.

Baca juga: Chrome Android Punya Fitur Dark Mode, Begini Cara Mengaktifkannya

Ketika Anda memperbarui aplikasi Gmail, maka Anda akan mendapati keterangan release candidate di pengaturan ponsel. Itu artinya, para pengguna hanya perlu menunggu aplikasi Gmail menjadi stable atau benar-benar siap dipasarkan tanpa harus mengalami permasalahan bug.


Loading...
Baca selengkapnya

Artikel terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close