Pembuatan Pupuk Kompos Botanika

Manfaatkan Kotoran Sapi, Kelompok KKN 106 UMM Lakukan Demo Pembuatan Pupuk Kompos Botanika pada Petani Kopi Desa Pait

Pembuatan Pupuk Kompos Botanika – Desa Pait merupakan desa yang memiliki banyak potensi alam karena letaknya yang ada di dataran tinggi.

Dari survey yang telah dilakukan oleh kelompok KKN 106 Universitas Muhammadiyah Malang mendapati data dari 5 dusun yang ada di desa Pait rata-rata bermata pencaharian sebagai petani dan peternak sapi.

Melimpahnya potensi yang ada seperti kopi menjadi referensi utama pembentukan program kerja unggulan kami yaitu pemberdayaan petani kopi desa Pait.

Selain dari program unggulan, kelompok KKN 106 memiliki beberapa program kerja salah satunya “Pembuatan Pupuk Kompos Botanika” .

Kegiatan ini ditujukan untuk petani kopi dengan tujuan mempermudah proses penanaman kopi di lahan mereka.

Dari hasil wawancara dengan Bapak Kepala Dusun Pait Utara yang juga berprofesi sebagai petani kopi, selama ini mereka menanam kopi tanpa menggunakan pupuk atau bisa dikatakan secara asal-asalan sehingga hasil panen yang didapat kurang maksimal.

Baca jugaKKN Universitas Muhammadiyah Malang (UMM), Pemberdayaan Komoditi Kopi Ekselsa

Demo Pembuatan Pupuk Kompos Botanika

Mengingat ada beberapa anggota kelompok 106 yang sudah memiliki kemampuan untuk pembuatan pupuk kompos botanika, maka dilakukanlah demo di 2 dusun yang berbeda.

Loading...

Kegiatan ini dalam rangka berbagi informasi kepada petani kopi pada tanggal 22 Juli 2018 dan 26 Juli 2018 di kediaman Bapak Kepala Dusun Pait Utara dan di kediaman warga dusun Selatri, bapak Kasi’in diikuti oleh 20 warga yang antusias mengikuti pelatihan.

Pemateri yang terjun ke lapangan dari divisi sosial, budaya, dan lingkungan memberi pengarahan mulai dari bahan yang dibutuhkan.

Bahan tersebut diantaranya adalah daun kering, jerami, EM-4, gula pasir, tanah, feses hewan (sapi, kambing), dolomit, air sampai cara pembuatan pupuk kompos botanika.

Kegiatan berlangsung selama 30 menit, setelah pemateri memberi pengarahan dilanjutkan sesi tanya jawab.

Begitu banyak pertanyaan yang muncul membuat kami senang karena secara tidak langsung program kerja yang kami lakukan dapat diterima dengan baik oleh warga desa Pait.

Masyarakat desa ini mulai menyadari untuk terus meningkatkan kualitas kehidupan mereka dan menyadari bahwa semakin berkembangnya bidang-bidang IPTEK dan bidang lainnya.

Maka secara otomatis mereka akan memiliki tuntutan untuk terus memperbaiki dan meningkatkan taraf kehidupan ekonominya.

  • Dosen Pembimbing Lapang : Teguh Hadi Saputra
  • Penyunting : Divisi Humas KKN 106 UMM

Loading...

Bagikan

Penulis

Jesica Putri
Jesica Putri
Global Internet Marketing Network, Share internet marketing untuk perusahaan UMKM, Official Editor di Klik Mania dan Bisanego.com"
Jesica Putri

Penulis

Global Internet Marketing Network, Share internet marketing untuk perusahaan UMKM, Official Editor di Klik Mania dan Bisanego.com"

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *