Internet

Fitur Pesan di Aplikasi YouTube Akan Segera Dihapus, Sudah Tahu?

Fitur yang Jarang Digunakan oleh Pengguna

Aplikasi YouTube adalah salah satu aplikasi wajib yang harus dipasang di smartphone karena YouTube adalah solusi tontonan di era saat ini. Berbicara tentang masalah YouTube, Anda pasti sudah tidak asing lagi dengan keberadaan fitur pesan.

Keberadaan fitur pesan sebenarnya sangat bermanfaat karena fitur tersebut ditujukan oleh pihak YouTube untuk memudahkan komunikasi antar pengguna. Namun sayangnya, fitur pesan di aplikasi YouTube ini sangat jarang sekali digunakan. Bahkan, sebagian pengguna mungkin ada yang tidak mengetahui bagaimana caranya menggunakan fitur tersebut.

Fitur Pesan di Aplikasi YouTube Akan Dihapus

Silakan Anda buka aplikasi YouTube, kemudian cobalah kunjungi tab kotak masuk, maka di sana Anda akan melihat adanya pemberitahuan jika fitur pesan akan segera dihapus pada 18 September 2019. Dalam pemberitahuan tersebut, para pengguna juga bisa mengetuk learn more atau pelajari lebih lanjut.

Ketika Anda mengetuk learn more, maka Anda akan dibawa ke halaman panduan yang menjelaskan tentang tata cara menyimpan percakapan yang sudah pernah Anda lakukan di fitur pesan aplikasi YouTube. Jika selama ini Anda aktif atau sering menggunakan fitur pesan di aplikasi YouTube, maka silakan Anda menyimpan percakapan Anda itu dengan mengikuti petunjuk yang sudah diberikan.

Mengapa Fitur Pesan Harus Dihapus?

Sejauh ini belum ada konfirmasi atau pernyataan resmi dari pihak Google terkait penghapusan fitur pesan ini. Namun jika kita melihat kebiasaan Google, maka penghapusan dilakukan karena fitur tersebut tidak berhasil menarik minat para pengguna untuk menggunakannya.

Seperti yang sudah kita ketahui bersama, Google memang gemar sekali menutup produk atau layanannya yang gagal di pasaran. Hal yang demikian itu memang sudah bukan rahasia lagi, bahkan jika dihitung secara keseluruhannya, produk atau layanan Google yang ditutup sudah mencapai ratusan. Baru-baru ini mereka juga sudah menyuntik mati beberapa produknya, seperti:

  • Google Trips.
  • Blog Compass.
  • YouTube Gaming.

Baca juga: Daftar Produk Google yang Dimatikan Mencapai Ratusan, Sudah Tahu?

Jika ingin melihat daftar produk Google yang akan dan sudah dimatikan, Anda bisa mengunjungi situs Google Graveyard – Killed by Google. Jika Anda mengunjungi situs tersebut, maka Anda akan mendapati nama fitur pesan YouTube yang akan dimatikan pada September 2019.

Selain fitur pesan yang akan dimatikan, masih ada beberapa nama lain yang juga akan dimatikan, yaitu:

  • Google Hangouts – Desember 2020.
  • Fabric – Maret 2020.
  • Hangouts on Air – Desember 2019.
  • Google Fusion Tables – Desember 2019.
  • Follow Your World – September 2019.
  • Works with Nest API – Agustus 2019.

Untuk saat ini, produk atau layanan yang akan dimatikan oleh Google ada tujuh yang memiliki waktu penghentian yang berbeda-beda, seperti tahun 2019 dan 2020. Dalam beberapa bulan ke depan, mungkin jumlahnya juga akan bertambah, mengingat raksasa teknologi tersebut memiliki produk dan layanan yang begitu banyak.


Loading...
Baca selengkapnya

Artikel terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close