google analytic

Google Analytic, Rank Tool Untuk Mengetahui Kualitas Website

Google Analytic – Untuk membuat website menarik bagi pengiklan yang ingin mempromosikan produknya, tentu kualitas website menjadi pertimbangan strategi marketing yang terpenting bagi pengiklan. Kualitas website tersebut bergantung pada beberapa hal yaitu konten dan juga trafik. Apabila konten memenuhi syarat dari pengiklan dan trafik juga memungkinkan, tentu saja akan menarik pengiklan untuk menjadikan website tersebut sebagai advertiser produknya.

Yang banyak diketahui oleh banyak orang untuk mengetahu trafik suatu website adalah menggunakan rank tool Alexa. Alexa menjadi rujukan banyak pemilik website untuk mengetahui kualitas websitenya karena memang mudah digunakan dan menjadi rekomendasi dari mulut ke mulut. Selain itu alexa juga memiliki daftar peringkat website yang memudahkan pemilik website untuk membuat perbandingan.

Untuk rank tool tidak berbayar, pengiklan dapat memperoleh hasil yang lebih baik dari Alexa dengan menggunakan SimilarWeb.com. Layanan tool rank ini dianggap lebih powerful jika dibandingkan dengan Alexa. Tetapi ternyata ada yang lebih akurat lagi dibandingkan dengan sekian tool rank yang ada, yaitu GA (Google Analytic).

Google Analytic

Google Analytic merupakan layanan gratis yang disediakan oleh Google yang dapat menampilkan statistik pengunjung suatu website. Jika digabungkan dengan AdWords, Google Analytic juga dapat bermanfaat untuk menganalisis efektifitas iklan Adwords yang dipasang di Google. Dengan adanya layanan ini, pengguna juga dapat mengetahui kata kunci yang paling banyak merujuk ke website.

Untuk mendaftar Google Analytic cukup mudah, pengguna hanya perlu memiliki akun Google. Setelah itu barulah dapat mengaksesnya melalui http://google.com/analytics untuk mengakses dashboard dan juga memasukkan tracking code pada website yang ingin diketahui lalu lintas pengunjungnya.

Tool rank ini dapat dengan cerdas membedakan cara pengunjung website berdasarkan halaman pengacu seperti melalui search engine, iklan, jaringan advertising PPC (Pay Per Click), email marketing, maupun tautan yang terkandung dalam dokumen offline semacam PDF.

Google Analytic bisa dikatakan sebagai rank tool terbaik yang dimiliki oleh google karena dapat dengan mudah melacak dan memeriksa statistik pengunjung yang lebih akurat dan bahkan dengan waktu berkunjungnya berdasarkan trafik website.

Selain itu, tool rank ini mampu mengetahui seberapa tinggi loncatan pada website dan mendekteksi pengunjung unik seperti yang telah dijelaskan diatas.

Loading...
google_analytics_v2_new_returning_visitors
Pengunjung yang tercatat di Google Analytic via http://www.kaushik.net

Memang sekilas dashboard yang dimiliki oleh Google Analytic sulit dipahami dengan melihat banyaknya angka statistik dan grafik. Akan tetapi, seorang blogger cukup mengetahui perilaku pengunjung website saja. Setelah memahami, rank tool ini menjadi sangat berguna dengan adanya beberapa statistik penting yang antara lain

  • Total kunjungan
  • Total kunjungan dari pengunjung yang baru masuk ke website
  • Halaman web yang paling sering dikunjungi
  • Rata-rata waktu kunjungan
  • Kesetiaan pengunjung yang dapat dilihat dari seberapa seringnya pengunjung tersebut mengunjungi website
  • Asal dan bahasa yang digunakan oleh pengunjung
  • Jenis media yang digunakan oleh pengunjung baik komputer, telepon pintar ataupun media yang lainnya beserta ISP pengunjung
  • Resolusi monitor pengunjung
  • Jenis browser yang digunakan oleh pengunjung
  • Kecepatan koneksi pengunjung

Cara Mendaftar Google Analytic

  • Kunjungi halaman Google Analytic dengan mengakses halaman http://google.com/analytics
  • Setelah masuk pada halaman GA, klik tombol tombol ‘MASUK’ di bagian kanan atas.
  • Kemudian klik tombol ‘PENDAFTARAN’ untuk membuat akun baru di Google Analytic.
  • Setelah formulir pendaftaran lengkap, pastikan untuk memilih opsi ‘WEBSITE’, bukan ‘APLIKASI’.
  • Kemudian roll ke bawah dan pilih opsi ‘UNIVERSAL ANALYTIC’ untuk fitur yang tanpa bayar.
  • Untuk mengakhirinya, baca dan setujui ‘PRIVACY POLICE’
Tracking Code
Tracking Code via https://www.klipfolio.com

Setelah itu pengguna akan diantar ke halaman beranda akun Google Analytic yang telah dibuat dan akan diberikan tracking code yang harus dipasang pada website pengguna.

Referensi lain : Beberapa Fitur Anyar Google Apps Yang Tersembunyi

Demikian sekilas yang dapat penulis sampaikan untuk tool rank terbaik Google Analytic yang merupakan fitur dari Google. Semoga bermanfaat bagi pembaca, terutama para blogger yang ingin mengetahui kualitas websitenya menggunakan tool rank yang akurat dan canggih.


Loading...

Bagikan

Penulis

ArifaNida
ArifaNida
"Menulislah, karena tanpa menulis engkau akan hilang dari pusaran sejarah." -Pramoedya Ananta Toer-
Email: [email protected]
IG: @arifa_nida
ArifaNida

Penulis

"Menulislah, karena tanpa menulis engkau akan hilang dari pusaran sejarah." -Pramoedya Ananta Toer- Email: [email protected] IG: @arifa_nida

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *