Internet

Google Translate Hadirkan Fitur Baru, Transkripsi Secara Real-Time

Google baru saja memperbarui layanan terjemahannya, yakni Google Translate dengan menambahkan beberapa bahasa baru. Bahasa yang baru saja ditambahkan oleh Google adalah bahasa Kinyarwanda, Odia, Tatar, Turkmen, dan Uighur.

Usai menambahkan fitur baru yang berupa penambahan bahasa, kali ini pihak Google juga kembali menambahkan fitur barunya, yakni fitur transkripsi secara real-time. Dengan kehadiran fitur baru ini, maka proses penerjemahan akan semakin mudah.

Baca juga: Termasuk Uighur, Google Translate Tambah 5 Bahasa Baru

Fitur Transkripsi Tersedia untuk Pengguna Android

Dilansir dari Phone Arena, (18/3/2020), fitur transkripsi secara real-time akan secara otomatis tersedia untuk para pengguna Android. Nantinya, fitur transkripsi akan muncul dengan ikon “Transcribe” yang terletak di pojok kanan bawah.

Letaknya akan tepat berada di samping ikon “Camera” dan juga ikon “Conversation.” Fitur baru yang digarap oleh Google ini juga sudah ditenagai dengan teknologi AI yang kompatibel dengan bahasa Inggris, Prancis, Jerman, Hindi, Portugis, Rusia, Spanyol, dan Thailand. Ke depannya, pihak Google akan menambahkan opsi bahasa lain.

Pihak perusahaan juga mengungkapkan bahwasanya mereka berencana untuk memperkaya pengalaman Google Translate ini untuk pengguna iPhone dan juga iPad dalam waktu mendatang. Adapun untuk para pengguna Android, para pengguna hanya perlu untuk memperbarui aplikasi Google Translate-nya, serta memperbaiki koneksi internet agar stabil sehingga transkripsi secara real-time bisa berjalan dengan lancar.

Baca juga: Cara Menggunakan Google Translate Agar Internetan Menyenangkan

Dengan adanya fitur transkripsi ini, maka para pengguna Google Translate akan benar-benar terbantu. Pasalnya, para pengguna tidak perlu mengunggah file audio ke Google Translate hanya untuk menerjemahkannya ke suatu bahasa yang ingin dimengerti karena mereka bisa melakukannya secara langsung (melalui ucapan).

Selain memudahkan para pengguna dalam menerjemahkan bahasa, fitur transkripsi ini juga dapat dengan mudah menjeda dan memulai kembali transkripsi dengan mengetuk ikon “microphone.” Bukan hanya itu saja, para pengguna juga masih disuguhi manfaat lain, yaitu fitur transkripsi dapat memeriksa transkripsi asli sebelum diterjemahkan ke dalam bahasa lain.


Loading...
Baca selengkapnya

Artikel terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close