Internet

Gosok Gigi yang Benar, Langkah Awal untuk Mendapatkan Gigi Sehat

Makan adalah salah satu kebutuhan primer yang harus dipenuhi oleh setiap manusia. Tanpa makan, manusia tidak akan bisa bertahan hidup sebagaimana manusia tidak bisa hidup tanpa pakaian dan juga tempat tinggal.

Di era seperti sekarang ini, untuk memenuhi kebutuhan makanan pun juga sangat mudah untuk dilakukan di mana kita bisa memanfaatkan kemajuan teknologi. Dengan memanfaatkan kemajuan teknologi, kita bisa memesan makanan melalui online.

Harus Tetap Menjaga Makanan yang Dikonsumsi

Meski saat ini untuk memesan makanan sudah sangat mudah, tentu kita harus tetap membatasi diri. Pembatasan harus dilakukan agar kesehatan tubuh tetap terjaga, karena apabila terlalu berlebihan dalam mengkonsumsi makanan, tubuh bisa mendapatkan banyak gangguan kesehatan.

Salah satu gangguan kesehatan yang akan kita alami apabila terlalu berlebihan dalam makan adalah sakit gigi. Apabila gigi sudah mengalami sakit, tentu makanan yang ada di hadapan tidak akan terasa enak lantaran rasa sakit yang ditimbulkannya.

Oleh karena itu, menjaga kesehatan gigi sangat penting untuk dilakukan. Dan langkah awal agar gigi kita selalu sehat adalah dengan rutin menggosok gigi di mana kita bisa menggosoknya pada pagi hari setelah sarapan dan juga pada malam hari sebelum tidur.

Berikut Ini Cara Gosok Gigi yang Benar

Dental ID menyampaikan sebuah data bahwasanya dari 100 orang Indonesia yang setiap harinya sikat gigi, hanya terdapat 2 sampai 3 orang yang melakukan sikat gigi dengan cara yang benar.

Berdasarkan data tersebut, maka wajib bagi setiap orang untuk mengetahui bagaimana caranya menggosok gigi dengan benar. Dan berikut ini cara menggosok gigi dengan benar agar mendapatkan gigi yang sehat.

1. Pilih Sikat Gigi yang Baik

Sikat gigi yang baik adalah sikat gigi yang sesuai dengan keadaan mulut kita. Mulut tiap individu sendiri berbeda-beda keadaannya di mana ada yang nyaman menggunakan sikat gigi berkepala persegi panjang, dan adapula yang nyaman menggunakan sikat gigi berkepala lonjong.

Selain itu, adapula yang  nyaman menggunakan sikat gigi berbulu lembut, dan adapula yang nyaman menggunakan sikat gigi berbulu kasar. Intinya, kita harus mengetahui model sikat gigi manakah yang paling nyaman ketika digunakan.

Dan untuk mengetahui model sikat gigi yang paling nyaman sendiri tidak bisa dilakukan dalam waktu yang singkat, karena kita harus sering bergonta-ganti sikat gigi terlebih dahulu untuk menemukan model yang paling pas.

2. Pilih Pasta Gigi yang Baik

Sama seperti sikat gigi, dalam memilih pasta gigi yang baik pun kita juga harus mengutamakan kebutuhan terlebih dahulu mengingat kondisi gigi tiap individu berbeda-beda di mana ada yang normal dan adapula yang sensitif.

Kalaupun gigi kamu normal, maka gunakan pasta gigi yang mampu melindungi dari kuman serta memberikan kesegaran pada nafas dalam jangka waktu yang lama. Dan yang terpenting adalah pastikan pasta gigi kamu itu mengandung fluoride, karena fluoride bisa mencegah gigi berlubang dan menghambat pertumbuhan karang.

3. Gosok Gigi dengan Lembut

Sebagian orang beranggapan bahwasanya menggosok gigi harus dengan gerakan yang kasar. Menggosok gigi dengan kasar, memang mampu membersihkan gigi. Namun, ada beberapa efek yang ditimbulkan, di antaranya adalah melukai gusi dan merusak enamel.

Cara terbaik dalam menggosok gigi bukan dengan gerakan yang kasar, namun dengan gerakan yang lembut. Adapun untuk gerakan yang lembut, kamu bisa menggosoknya ke arah vertikal, horizontal, dan juga memutar. Usahakan menggosok gigi dengan lembut selama 2 hingga 3 menit untuk mendapatkan hasil maksimal.

4. Gunakan Alat Tambahan

Alat tambahan yang dimaksud adalah benang gigi. Dengan menggunakan benang gigi, maka sisa makanan yang berada di sela-sela gigi akan bisa dihilangkan. Seperti yang sudah diketahui, sisa makanan yang berada di sela-sela gigi hanya bisa dihilangkan menggunakan benang gigi.

Usai menggosok gigi dengan lembut, serta menggunakan benang gigi, jangan lupa pula untuk menggosok lidah. Fungsi utama membersihkan lidah adalah untuk menghilangkan bau mulut, karena sisa makanan yang menempel. Adapun untuk menggosok lidah, kamu bisa menggunakan kepala belakang sikat atau bulu sikat.

Gosok gigi harusnya tidak dijadikan sebagai rutinitas biasa, melainkan sebuah kewajiban yang harus dilaksanakan demi mendapatkan gigi yang sehat. Dan kesadaran tersebut sudah harus ditanamkan sejak dini kepada anak-anak sehingga mereka akan lebih peduli terhadap kesehatan giginya.

Gigi yang sehat itu penting, karena dengan memiliki gigi sehat, kita lebih percaya diri ketika bertemu dengan orang lain, serta bisa menikmati hidup karena bisa memakan hidangan yang ada di hadapan kita. Selain itu, dengan memiliki gigi yang sehat, kita juga tidak perlu mengeluarkan biaya untuk berobat sehingga uang yang kita miliki bisa dialokasikan untuk kebutuhan yang lain.


Loading...

Artikel terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close