Internet

Hutan Mangrove Kulon Progo Beserta Spot Romantisnya

Wisata Hutan Mangrove Kulon Progo – Mendengar kata Jogja identik dengan sebutan kota Gudeg dan kota pelajar. Memang, dua kata istilah ini yang menjadikan kota Jogja populer sejak dulu sampai sekarang. Selain itu, ada banyak keistimewaan tentang kota satu ini. Salah satunya adalah adanya tempat wisata yang baru, unik dan kekinian.

Bila Anda berencana liburan di kota Gudeg ini, ada tempat wisata unik dan menarik yang jangan sampai Anda lewatkan. Hutan Mangove Kulon Progo namanya, tepatnya berada di tepi pesisir pantai Pasir Mendit Kulon Progo. Disini ada beberapa nama objek wisata yang berbeda namun berada di satu deretan mangrove yang sama.

Lokasi wisata Hutan Mangrove Kulon Progo

Untuk wisata hutan mangrove ini tepat berlokasi di Desa Jangkaran, Kecamatan Temon, Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Rute perjalanan :
Dari pusat Kota Jogja menuju Jl.Wates-Purworejo, sampai pom bensin kanan jalan bersebelahan dengan rumah makan murah meriah belok kiri. Sampai Jl.Daendels melewati Balai Desa Jangkaran dan melewati Jembatan Bogowonto. Sampai Balai Desa Jogoboyo jalan lurus sampai Pustu Jogoboyo ambil kiri. Lurus ikuti petunjuk arah, sampai di lokasi mangrove.

Lama perjalanan sekitar 1,5 jam sampai 2 jam dari pusat kota Jogja. Bagi Anda yang belum pernah kesini, bisa searching di google maps yang akan memudahkan pencarian lokasi.

Tempat wisata alam hutan mangrove kulon progo ini diperkenalkan pada awal tahun 2016 dan sampai saat ini sudah sangat banyak para wisatawan yang datang ke tempat ini untuk berburu foto dan refreshing. Walaupun masih termasuk baru, tempat wisata mangrove ini tak pernah sepi oleh pengunjung.

Spot Menarik dan Goa Mangrove di Wana Tirta

mangrove wana tirta
Mangrove Wana Tirta via woowhii.blogspot.co.id

Hutan Mangrove Wana Tirta terletak di paling barat dari deretan pesisir pantai Pasir Mendit Kulon Progo. Objek wisata ini buka dari jam 06.00 pagi sampai jam 18.00 sore. Dan harga tiket masuknya pun cukup murah, hanya membayar 10 ribu rupiah sudah termasuk tarif parkir.

Pertama yang akan terlihat disini adalah pemandangan hijau yang luas membentang dan jalan berupa jembatan bambu. Salah satu keunikan tempat ini adalah adanya jalan unik yang berupa jembatan panjang terbuat dari bambu-bambu artistik untuk menyusuri kawasan hutan mangrove kulon progo ini.

Loading...

Selain itu, ada spot-spot menarik yang bisa Anda gunakan sebagai tempat berfoto-foto. Jadi, bagi Anda yang ingin datang kesini jangan lupa siapkan kamera atau smartphone dan baterai cadangan jika lowbat.

Uniknya, di mangrove ini Anda akan menjumpai spot menarik dengan berbagai macam tulisan dengan kaa-kata kekinian. Tak heran jika di media sosial instagram ataupun facebook sudah banyak yang mengunggah foto-foto yang hits dari tempat ini.

Bila Anda ingin melihat pantai Pasir Mendit pun bisa lewat dari mangrove ini, cukup berjalan ke arah selatan. Di pantai ini para pengunjung dilarang mandi karena berbahaya.

Selain itu, untuk Anda yang ingin menyusuri kawasan hutan bakau bersama keluarga dengan perahu, disini ada penyewaannya dan harganya pun relatif murah. Bisa juga mencoba mancing disini jika saat pengunjung sepi, ada penyewaannya juga. Seru bukan.

Di mangrove ini terdapat jutaan pohon bakau yang berdaun hijau, agak lebar dan tebal. Di dasar mangrove seringkali akan menjumpai penghuni dari tempat ini. Seperti sumpil (faunus ater), kepiting bakau (uca crassipes) dan ikan Glodog (periopthalmus sp).

goa mangrove kulon progo
Goa Hutan Mangrove Kulon Progo via woowhii.blogspot.co.id

Ada satu keunikan tersendiri di tempat mangrove Wana Tirta ini, yaitu adanya Goa Mangrove yang tersembunyi. Untuk menemukan goa mangrove ini Anda perlu berjalan kaki menuju ke arah barat dan mengikuti papan petunjuk. Sebelum sampai ke goa, Anda akan menemui beberapa tulisan-tulisan menarik. Antara lain ada Jembatan Kenangan yang merupakan jembatan menuju ke goa mangrove.

Gunakan Anti Nyamuk Oles Sebelum Memasuki Goa Mangrove

Sebelum memasuki kawasan goa, sebaiknya Anda sudah mengoleskan obat anti nyamuk ke badan sehingga tak kena gigitan para nyamuk. Karena banyak kubangan air di rawa ini yang digunakan nyamuk bersarang. Tak hanya itu saja, ikan Glodog, sumpil dan kepiting bakau pun juga banyak ditemui di goa ini.

Setelah memasuki goa, Anda akan berjalan menyusuri jalan setapak yang unik dan berkelak-kelok. Di dalam nya Anda bisa menemui berbagai spot menarik untuk berfoto, ada jembatan yang berbentuk love, ada ayunan dari tali di sebelah utara goa, dan ada beberapa gazebo unik yang bisa Anda singgahi untuk beristirahat sejenak sambil menikmati pemandangan rawa.

Pohon bakau di goa berdaun lebih tipis dan berakar menjulang ke tanah dan keras, berbeda dengan pohon bakau yang berada di tepi aliran sungai yang berdaun lebar dan tebal.

Nah, setelah puas menyusuri tempat ini Anda bisa memesan makanan atau minuman di warung yang sudah berjajar di samping tempat parkir. Selain itu, disini juga tersedia mushola dan toilet. Fasilitas di tempat wisata Wana Tirta ini juga bisa dibilang termasuk memadai.

Mangrove Jembatan Api-Api yang Penuh Spot Menarik

jembatan api-api hutan mangrove kulon progo
Jembatan Api-api Kulon Progo via woowhii.blogspot.co.id

Setelah puas berkeliling di Mangrove Wana Tirta, saatnya menyusuri spot menarik yang ada di Mangrove Jembatan Api-Api. Mangrove ini masih berada di satu deretan dengan wisata mangrove Wana Tirta, kurang lebih sekitar 500 meter ke arah timur saja.

Objek wisata Jembatan Api-Api buka mulai jam 06.00 pagi sampai jam 18.00 sore. Sama dengan wisata Wana Tirta harga tiket masuknya hanya perlu membayar 10 ribu rupiah sudah termasuk biaya parkir.

Mangrove Jembatan Api-Api ini adalah objek wisata mangrove yang paling luas dan terkenal di kawasan hutan mangrove Kulon Progo. Ada banyak spot menarik yang bisa memuaskan liburan Anda.

Dari depan pintu masuk sudah diperlihatkan keunikan dari tempat wisata satu ini. Untuk memasuki wisata ini para pengunjung masuk melewati jembatan atas yang unik dan panjang namanya Tol Japin Atas. Jembatan panjang sekitar 20 meter ini terbuat dari rangkaian bambu dan kayu yang dikaitkan oleh tali. Di antara jembatan ini pun ada tambak-tambak udang dari pengelola wisata ini.

Berbagai Spot Romantis Akan Menyambutmu

bingkai asmara hutan mangrove kulon progo
Bingkai Asmara Mangrove via woowhii.blogspot.co.id

Setelah melewati jembatan panjang ini Anda akan di sambut dengan tulisan unik sebagai pintu memasuki kawasan wisata mangrove ini. Pertama ada spot unik jembatan berbentuk love yang di sebelah timurnya ada menara Titian Segitiga yang bisa digunakan untuk mengambil foto atau gambar yang bagus dari atas. Di sebelah tempat ini ada gazebo di antara pohon bakau yang bisa digunakan untuk tempat istirahat.

Di sebelah timurnya lagi ada spot unik bernama Bingkai Asmara yang berupa tempat duduk seperti pengantin. Bisa juga untuk foto berdua dengan pasangan. Berjalan ke arah timur lagi ada spot unik menyerupai sangkar berbentuk segitiga.

Ajaklah Si Dia Untuk Diayunkan Hatinya Di Ayunan Teletubies

ayunan teletubies
Spot Ayunanan Teletubies via woowhii.blogspot.co.id

Berjalan ke selatan ada Ayunan Teletubies, ayunan ini berukuran besar dengan rangka besi dan dibentuk dengan anyaman bambu. Di samping ayunan ini ada spot Gembok Cinta yang disampingnya ada sepeda onthel terpajang dan ada gembok-gembok bertuliskan kata-kata.

Di sampingnya lagi ada Satria Bergitar dengan warna gitar putih dan merah muda di dalam kotak ukuran sekitar 2 meter x 2 meter. Di samping gitar ini ada Kapal Layar Kuning dan di dekatnya ada tempat duduk untuk bersantai.

Menyusuri ke arah barat ada tempat unik dengan hiasan bunga di tulisan I LOVE U, tempat ini biasanya banyak pengunjung yang antri untuk bisa berfoto disini. Bila Anda ingin berburu foto di Jembatan Api-Api ini sebaiknya pas sepi pengunjung agar puas ber foto-foto.

Bagi para pengunjung yang ingin melihat tepi pantai pasir mendit ini juga bisa berjalan ke selatan. Sebelum ke pantai ada pula spot unik berupa Ayunan berbentuk agak elips dan di samping nya ada jalan rimbun menuju pantai. Di tepi pantai Pasir Mendit ini terdapat ayunan kecil dan bangku dari bambu yang bisa disinggahi sambil melihat sunset di sore hari.

Sebagian besar pohon mangrove di Jembatan Api-Api ini berdaun kecil dan tipis, karena jenisnya adalah mangrove api-api. Disini pun banyak ditemui ikan Glodog, sumpil dan kepiting bakau. Di beberapa tempat di kawasan ini sudah mulai dibangun spot menarik lagi yang tentu akan menambah daya tarik para wisatawan.

Puas menyusuri banyak spot menarik, para pengunjung melewati pintu keluar yang bawah atau diebut Tol Japin Bawah. Dengan jalan yang berbeda ini bertujuan agar para pengunjung merasa nyaman dan tidak berdesakan saat ramai pengujung. Selain itu agar para pengunjung merasakan keunikan tersendiri di tempat wisata ini.

Bagi pengunjung yang ingin mengisi perut, di tempat ini sudah ada banyak warung yang siap melayani dengan harga yang relatif murah. Berwisata ke mangrove ini dijamin puas dan isi kantong pun pas.

Bagi Anda yang belum pernah ke hutan mangrove Kulon Progo dan penasaran seperti apa, bisa datang langsung ke Kota Jogja yang istimewa ini.



Loading...

Tags
Baca selengkapnya

Artikel terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *