InternetTekno

HOT NEWS! Kamera Smartphone Beresolusi 64MP dan 108MP Akan Muncul Tahun Depan

Ultra High Resolution Smartphone Camera

 

Kamera Smartphone saat ini memiliki ukuran sensor megapixel yang sangat tinggi di mulai dari 30MP hingga 48MP.

Bagaimana tidak? permintaan akan kualitas gambar yang jernih, tajam, jelas walau di saat kondisi gelap sekalipun terus diharapkan oleh para penggemar foto.

Mulai dari para Selfie Lovers dan Photo Holic terus mengharapkan agar mereka dapat mengambil gambar berkualitas tinggi hanya dengan satu sentuhan jari.

Akhir-akhir ini, Qualcomm salah satu perusahaan raksasa milik amerika yang telah bertanggung jawab dalam memberikan consumer kepuasaan yg mereka cari di kategori smartphone mengatakan pernyataan sebagai berikut.

Di interviewnya Senior Director of Product Management Judd Heape mengatakan bahwa smartphone dengan resolusi kamera berukuran 108MP dan 64MB sudah mulai di garap dan kabarnya akan dirilis tahun depan.

Berikut penampakan nya.

Kamera Smartphone
Source: GSMARENA

Sekilas terlihat seperti Samsung Galaxy S10 bukan?

Akan tetapi kamera beresolusi super tinggi untuk smartphone bukan salah satu arah mereka (Qualcomm) untuk maju di pasaran, Terus mengapa?

Apa yg bisa kamu harapkan dengan hadirnya kamera smartphone beresolusi tinggi tersebut?

Apakah hal tersebut dapat memberikan kualitas gambar yg lebih baik? atau hanya akal-akalan (Marketing Gimmick) yg dibuat mereka untuk tetap eksis dan bertahan di dunia smartphone ini?

Mari kita bahas!

Keuntungan Kamera Smartphone Beresolusi Tinggi

Untuk generasi 70,80,90 -an pasti kalian sangat merasakan betapa pesatnya perkembangan teknologi di bumi kita ini.

Bagaimana tidak? dulunya kita bingung cari alamat namun sekarang hanya dengan sentuhan jari dan sudah ada yang memandu kita.

Lapar? ingin makan di luar tapi males pergi? hal tersebut sudah tidak menjadi masalah lagi, sekarang makanan itu datang dengan sendirinya hahaha.

Sekarang mengambil foto itu juga bisa di bilang proses yg instant, kalau dulu sebelum ada kamera digital kita bahkan tidak bisa melihat hasil foto yg kita ambil. Kita harus menunggu paling cepat 1 minggu agar foto kita selesai di cuci dan akhirnya bisa dilihat hasilnya, itupun kalau bagus xD.

Membahas foto, pasti ada alasan kenapa ukuran sensor dalam smartphone yang kalian punya itu menjadi semakin besar dan besar.

Memang benar, dengan ukuran sensor yang lebih besar tidak hanya menjadikan foto kalian lebih..well besar akan tetapi juga lebih jelas dan tajam.

Secara singkatnya semakin besar resolusi suatu sensor maka akan lebih mudah untuk sensor dalam menangkap cahaya dan sebenarnya cahaya adalah salah satu unsur terpenting dalam fotografi.

Maka dari itu tidak heran jika kamera smartphone beresolusi tinggi dapat mengambil gambar ditempat gelap sekalipun dan hasilnya akan tetap terlihat jelas dan tajam.

Namun kali ini yang membuat adanya perbedaan adalah teknologi Pixel Binning.

Apa itu Pixel Binning?

Pixel Binning
Source: Qualcomm

Kamera smartphone di Redmi Note 7, Mi 9, Vivo V15 Pro, dll telah menggunakan teknologi Pixel Binning.

Namun apa sebenarnya Pixel Binning Itu?

Untuk mempermudah dan mempersingkat Arti dan fungsi dari Pixel Binning, saya akan menjelaskanya dengan bahasa yg mudah dipahami.

Secara singkat Pixel Binning adalah proses dimana saat smartphone kita mengambil gambar dengan sensor beresolusi tinggi pada kamera smartphone tersebut lalu mengecilkanya untuk menghemat tempat penyimpanan. Namun akan tetap menghasilkan kualitas gambar yang jelas dan tajam.

Mengapa Pixel Binning Diperlukan?

Pixel Binning
Source: Android Authority

Alasan utama diciptakanya teknologi Pixel Binning adalah kamera smartphone itu sendiri.

Secara umum, semakin besar resolusi sensor maka semakin besar juga ukuran sensor tersebut.
Akan tetapi jika kamera pada smartphone itu terlalu besar maka akan mengurangi keindahan estetika smartphone tersebut.

Bayangkan terdapat lensa yg super besar di smartphone kamu.
Smartphone adalah telefon pintar yang mengkombinasikan berbagai macam teknologi menjadi satu dengan ukuran sebesar telefon genggam.

Oleh karena itu para perusahaan harus menemukan solusi untuk hal tersebut dan lahirlah Pixel Binning.

Penjelasan singkatnya, Pixel Binning adalah proses dimana smartphone melihat data dari empat pixel lalu dikombinasikan menjadi satu.

Jadi kamera sensor yg mempunyai 0.9 micron pixels akan menghasilkan gambar yg setara 1.8 Micron Pixels ketika menggunakan Pixel Binning.

Intinya ukuran kamera smartphone akan tetap kecil namun akan menghasilkan kualitas gambar yang setara dengan kamera yg mempunyai sensor lebih besar. Mudah kan?

Penutup

Mengambil gambar berkualitas tinggi menjadi semakin mudah, dan teknologi tersebut akan terus dikembangkan selama masih diharapkan. Jadi apakah kamu merasa senang akan kabar tersebut?

Kabarnya smartphone dengan kamera 64MP akan dirilis pada 2H 2019 ini dan 108MP akan dirilis tahun depan. Namun belum ada kabar pasti kapan tanggal dan bulan nya.

Qualcomm juga membocorkan fitur HDR10 video recording yang akan di-support oleh SoC flagship mereka yang akan datang yaitu Snapdragon 865.

Terima kasih sudah membaca dan sampai jumpa di artikel berikutnya.


Loading...
Baca selengkapnya

Only a writer and a drop of water in the endless sea :) Business Contact: Sweetestnier@gmail.com

Artikel terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close