in

Kenali Materi Soal Tes Potensi Skolastik untuk Persiapan UTBK

materi soal Tes Potensi Skolastik

Tes Potensi Skolastik (TPS) merupakan tes yang bertujuan untuk menguji kemampuan dasar peserta UTBK dalam logika, analisis, dan lainnya. Calon mahasiswa perlu memahami dan materi soal tes potensi skolastik untuk persiapan UTBK mendatang.

Ujian seleksi masuk perguruan tinggi favorit memang menjadi hal yang mendebarkan. Apalagi kalau tanpa persiapan jauh-jauh hari sebelumnya, tentunya akan menemui berbagai kendala.

Pentingnya Belajar Tes Potensi Skolastik

TBK ( Ujian Tes Berbasis Kompetensi ) bukanlah hal yang asing lagi dan pastinya sangat identik dengan Tes Potensi Skolastik (TPS).

Nah, apa sih sebenarnya TPS itu? Tes Potensi Skolastik adalah tes untuk mengukur kemampuan kognitif yang mencakup penalaran umum dan kemampuan pemahaman.

Jadi, pada dasarnya materi Tes Potensi Skolastik UTBK itu sendiri masih dalam ruang lingkup keduanya. Selain TPS, terdapat tes lain dalam bahasa Inggris, dan Tes Kemampuan Akademik (TKA).

Jadi sangat penting untuk belajar Tes Potensi Skolastik, karena tes ini bertujuan untuk mengukur kemampuan yang diperlukan bagi calon mahasiswa yang diprediksi mampu menyelesaikan studi di perguruan tinggi.

Materi Soal Tes Potensi Skolastik

Berikut ini adalah beberapa materi soal Tes Potensi Skolastik. Perlu diketahui, setiap materi TPS UTBK memiliki tujuan pengukurannya masing-masing.

1. Penalaran Umum

Materi penalaran umum adalah kemampuan penalaran dan kecakapan dalam memilih dan menggunakan informasi yang relevan untuk memecahkan masalah secara logis (masuk akal).

Setiap peserta harus mampu memahami bagaimana memperoleh informasi. Tidak hanya dari paragraf atau teks saja, tetapi juga dari kurva, grafik, dan tabel.

2. Pengetahuan Kuantitatif

Materi pengetahuan kuantitatif bertujuan untuk mengukur kemampuan dan pemahaman konsep matematika sederhana. Materi kuantitatif  ini mencakup aljabar, logika, peluang, statistika, dan geometri.

3. Pengetahuan dan Pemahaman Umum

Materi pengetahuan dan pemahaman umum meliputi bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris. Tujuannya adalah untuk memperluas wawasan dengan berbagai bacaan seperti antonim, sinonim, idiom, dan PUEBI (Pedoman Umum Ejaan Bahasa Indonesia).

4. Memahami Bacaan dan Menulis

Materi TPS UTBK ini mengukur kemampuan peserta pada bidang bahasa dan logika verbal. Seperti harus dapat memahami inti paragraf, pesan tersirat, dan kesimpulannya.

Nah bagi kamu, tidak ada kata terlambat, sebab kamu masih bisa berjuang untuk mempersiapkan materi Tes Potensi Skolastik ini, salah satunya dengan mengikuti kelas bimbel di Brain Academy.

Bimbel Terbaik untuk Persiapan Tes Potensi Skolastik

Untuk membantu persiapan UTBK, kamu bisa mengikuti bimbel online di Brain Academy yang menyediakan paket regular, premium sampai paket elite SMA + UTBK tahun ajaran 2022/2023.

Di Brain Academy, kamu bisa mempersiapkan diri secara maksimal untuk memahami materi soal Tes Potensi Skolastik UTBK, dengan pembelajaran yang mudah dipahami untuk memberikan pengalaman belajar yang menyenangkan.

Untuk menghadapi UTBK, kamu juga akan dibimbing oleh master teacher lulusan terbaik dari PTN favorit dan pengalaman mengajar sampai dengan 10 tahun.

Beberapa paket yang bisa kamu pilih diantaranya :

  • Brain Academy Online Regular SMA + UTBK
  • Brain Academy Online Premium SMA + UTBK
  • Brain Academy Online Elite SMA + UTBK
  • Brain Academy Online Elite Semi Privat SMA + UTBK
  • Brain Academy Online Elite Privat SMA + UTBK

Sebagai informasi, untuk paket reguler peserta akan mendapatkan :

  • 6 Sesi Live teaching/minggu
  • Live teaching kelas 12 dengan revisi
  • >216 jam live teaching
  • >666rb menit video belajar
  • >400 ribu soal latihan bab & bank soal
  • Smart video recommender

Untuk paket lainnya tentunya menyesuaikan dengan jumlah sesi live teaching karena setiap paket harganya berbeda-beda.

Untuk saat ini, Brain Academy juga menyediakan promo paket sampai dengan 52%, jadi kamu bisa mempersiapkan belajar UTBK dengan biaya yang lebih murah.

Brain Academy adalah bimbel online dan tatap muka dengan fasilitas paling lengkap, yang telah hadir di lebih dari 60 cabang se-Indonesia.

Selain itu, Brain Academy juga bisa membantu kamu untuk persiapan UTBK meskipun mata pelajaran yang diujikan bukan mata pelajaran sekolah.

Author ganisebastian

Menulis dari berbagai pengalaman pribadi dan bisa dipertanggung jawabkan, jika bermanfaat bagi Anda silahkan share.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Loading…

0