Kisah orang sukses

7 Kisah Orang Sukses Dunia Yang Berawal Dari Keterbatasan

Kisah orang sukses ini siap membuatmu gagal untuk menyerah. Kenapa? Karena mereka mempunyai kisah yang luar biasa dan begitu syahdu. Sudah bukan rahasia lagi kalau perjalanan menuju kesuksesan memang kerap dipenuhi halang rintang. Kerja keras dan konsistensi adalah suatu keharusan.

Tapi, ada yang khas dari kisah orang -orang ini, lantaran kesuksesan mereka tak hanya merupakan buah dari kerja keras dan konsistensi semata. Kesuksesan yang mereka capai ini justru hadir karena keterbatasan, kegagalan dan juga musibah.

Tentu saja tak ada orang yang ingin gagal, lemah atau bahkan harus tertimpa musibah yang mengenaskan bukan? Meskipun dengan alasan keterbatasan, merasa berputus asa bukanlah hal yang bisa dibenarkan. Nyatanya, keterbatasan bukanlah hal yang mampu menghalangi langkah Anda untuk sukses. Hal ini pun telah dibuktikan oleh mereka yang sukses justru karena keterbatasan.

Ya, Kisah orang sukses karena suatu kegagalan memang terdengar aneh. Walau aneh, tapi ini adalah hal yang sangat mungkin. Buktinya adalah tujuh orang berikut ini. Mari kita simak bagaimana orang -orang ini mengatasi keterbatasan mereka, dan mengubahnya jadi kekuatan untuk mencapai kesuksesan luar biasa.

1.  Jim Carrey –Komedian Ternama Hollywood

Kalau Anda pernah menonton film komedi paling fenomenal di jamannya, yakni di tahun 1994, maka Anda tentu tahu Jim Carrey. Ya, Jim Carrey adalah pemeran utama dari film Ace Ventura yang disebut-sebut sebagai film komedi terbesar di eranya. Tak tanggung -tanggung, film komedi yang dulu sering dipandang sebelah mata ini mampu meraup nilai penjualan hingga US$ 70 juta. Sungguh angka fantastis kala itu.

Kisah orang sukses
Image from : www.themonolith.com

Jim Carrey adalah Kisah orang sukses dari komedian Hollywood yang khas dan unik. Tapi, tahukah Anda apa yang membuat diri pria kelahiran 17 Januari 1962 ini begitu khas, unik dan lucu? Kelucuannya ini tak lain lantaran kehidupan masa kecilnya yang nelangsa. Jim menghabiskan masa kecilnya bersama dengan keluarganya yang sangat terbatas dalam hal ekonomi.

Bahkan, ibu Jim pun sampai harus menderita gangguan hipokondria, sejenis depresi atau gangguan jiwa yang membuat para penderitanya tersiksa karena rasa sakit yang sesungguhnya hanya imajinasi.

Loading...

Jim kecil sungguh tak sampai hati melihat ibunda tercintanya sakit. Karenanya, setiap hari ia berusaha menghibur ibunya dengan aneka tingkah lucu dan konyol demi membuat ibunya tertawa. Kebiasaannya ini pun ia bawa sampai ke sekolahnya. Jim kecil jadi semakin ahli melawak dengan gaya lawakannya yang khas.

Sayang, ekonomi yang semakin memburuk membuat Jim harus berhenti sekolah di usianya yang ke-16. Bersama keluarganya, ia pun harus berpindah-pindah dengan van. Untuk membantu menambah penghasilan keluarganya, Jim ikut klub komedi. Namun, bukannya disambut tawa riuh, ia malah mendapat banyak cemoohan karena dianggap aneh dan konyol.

Setelah melewati berbagai perjalanan panjang di panggung komedi, ia akhirnya sukses membintangi sebuah film komedi baru dengan judul Ace Ventura. Ini adalah film pertamanya. Yang menarik, ia memaksa untuk merubah skenario film yang diberikan sang sutradara agar lebih sesuai dengan karakternya sendiri. Meski sang sutradara sempat menolak, toh akhirnya film tersebut digarap juga dan disesuaikan dengan permintaan Jim Carrey. Anda tentu sudah tahu sejauh mana pencapaiannya sekarang bukan?

2. Rain – Aktor Korea, Hollywood dan Penyanyi

Kisah orang sukses
Image from https://id.wikipedia.org

Bagi Anda penggemar drama Korea, Anda tentu tahu nama besar Rain bukan? Drama Korea yang dibintangi oleh Rain bisa dikatakan sebagai pelopor dari kesuksesan drama -drama Korea lainnya. Ia adalah bintang serial drama Korea Full House yang sukses mencapai rating tertinggi di tahun 2004.

Drama Korea yang tak hanya populer di negerinya ini pun, semakin membesarnya nama Rain hingga ke dunia perfilman internasional.

Bahkan, Rain sukses menjadi salah satu bintang Asia Terpopuler di dunia. Tak hanya itu, Rain juga pernah membintangi film garapan Hollywood dan namanya telah disejajarkan dengan artis internasional sekelas Hollywood lainnya.

Hmm, tapi tahukah Anda kisah yang mengantarkan kesuksean pria kelahiran 25 Juni 1982 ini? Pria yang memiliki nama asli Jung Jihoon ini dilahirkan dari sebuah keluarga dengan ekonomi yang begitu terbatas. Masalah ekonominya ini sempat membuat karakter Rain jadi begitu introvert dan pemalu.

Walau begitu, ia memilih untuk mengambil ekstrakurikuler dance untuk mengisi waktu luangnya saat sekolah di Sungmoon Junior High School.

Dance seolah jadi pengobat rasa jenuhnya terhadap kehidupan ekonominya yang terbatas, dan sekaligus menutupi karakternya yang sangat pemalu.

Sayang, ketertarikannya terhadap dance ini justru terlampau kebablasan. Saking seringnya berlatih dance, peringkat kelasnya pun jeblok. Tapi, ia hanya berpikir kalau dance adalah kesenangan yang bisa dilakukannya. Karenanya, Jung Jihoon kemudian memilih melanjutkan sekolah di Anyang High School of Arts.

Di sekolah inilah, Jung Jihoon melanjutkan hobi dance-nya sembari mendapat pelajaran ber-acting. Sayang, ketika ia masih sekolah, ibunda tercintanya meninggal karena penyakit diabetes yang tidak kunjung diobati oleh dokter lantaran kondisi keuangan yang terbatas. Yang lebih parah, makanan terakhir yang dapat dilahap ibunya sebelum meninggal hanya mie instan.

Sedih melihat kematian ibunya yang memprihatinkan, Jung Jihoon bertekad untuk merubah kondisi keuangan keluarganya. Karena keahliannya adalah dance dan menyanyi, maka ia pun bergabung dengan JYP Entertainment. Ia dapat menjadi penari latar bagi para penyanyi Korea, tapi ia tak diterima sebagai penyanyi.

Alasannya adalah bentuk matanya yang terlalu sipit dan tidak berkelopak ganda seperti yang banyak disukai masyarakat Korea. Padahal, banyak yang mengakui kalau tarian dan suara Rain memang bagus. Rain sempat ditawari untuk melakukan operasi plastik pada matanya. Tapi, lagi -lagi karena keterbatasan ekonomi, ia tak menolaknya.

Tetap bertahan dengan bentuk matanya yang dianggap kurang menarik, Rain pun rajin mengikuti berbagai audisi. Di tahun 2002, langkahnya dalam dunia musik mulai menunjukkan titik terang. Ia berhasil mengeluarkan album perdananya berjudul ‘Bad Guy’.

Berikutnya, Rain mulai ditawari untuk membintangi serial drama Korea. Serial drama Korea pertama yang dibintanginya berjudul ‘Sang Doo! Let’s Go to School’. Kemudian, ketika ia membintangi serial drama ‘Full House’, nama Rain pun semakin melejit. Seiring namanya yang kian besar sebagai artis, tentu saja kondisi ekonominya juga semakin membaik.

3. Linda Bove – Artis yang Tuli

Kisah orang sukses
Image from www.pinterest.com

Linda Bove adalah seorang sosok yang menarik dan cukup fenomenal, terutama bagi mereka penyandang disabilitas. Ia adalah seorang artis Amerika yang sama sekali berbeda dengan artis lainnya karena ia menderita cacat fisik berupa tuna rungu.

Walau begitu, gadis tuna rungu ini sukses menjadi seorang bintang dan mengambil peran penting dalam Linda the Librarian dalam sebuah program televisi Sesame Street mulai tahun 1971 sampai tahun 2003.

Hmm, ini adalah pencapaian yang hebat karena program ini menjadi program terlama yang pernah ditayangkan, dan lebih uniknya lagi, diperankan oleh seorang gadis tulis. Bisa dikatakan, hal ini adalah pencatatan sejarah bagi dunia pertelevisian.

Ya, gadis yang dilahirkan pada 30 November 1945 di Garfield, New Jersey ini terlahir dalam kondisi tuna rungu atau tuli. Tapi, keterbatasan pendengaran ini bukanlah hal untuk dikeluhkan baginya. Dengan semangat juang yang terus dijaga, ia berusaha untuk tetap berkarir dan bisa bermanfaat bagi banyak orang lain di sekitarnya. Ia pun muncul sebagai sosok bintang dengan karakternya yang khas.

4. David Villa – Pesepak Bola Dunia

Kisah orang sukses
Image from https://en.wikipedia.org

Kisah orang sukse berikutnya..Para pecinta sepak bola tentu tahu donk dengan nama besar David Villa? Ia adalah pemain sepak bola ternama dunia yang paling bersinar. Seorang striker kelas atas yang dianggap paling menakutkan bagi lawannya. David Villa menjadi tim nasional yang paling diandalkan oleh negara Spanyol.

Menjadi pesepak bola dunia yang hebat memang juga telah dicapai oleh para pemain bola dunia lainnya. Tapi, ada yang spesial dari pencapaian David Villa ini. Tahu kenapa?

Ini adalah kisah yang membuat tendangan kaki kiri Villa sama hebatnya dengan tendangan kaki kanannya. Padahal, kebanyakan pesepak bola lain biasanya hanya hebat pada kaki kanan saja.

Satu hal yang membuat tendangan Villa ini hebat di kedua kakinya, justru karena kaki kanannya pernah tertimpa musibah yang cukup parah. Sejak masih kecil, Villa memang sudah gemar bermain sepak bola. Sayang, di usianya yang masih 4 tahun, ia terjatuh dan tertimpa kawan lainnya pada posisi yang sangat membahayakan bagi kaki kanan Villa.

Saking parahnya cidera di kaki Villa, dokter pun menyarankan agar kaki kanan Villa diamputasi agar efek infeksi tidak menyebar dan semakin membahayakan. Tapi, tentu saja orang tuanya tidak rela jika melihat sang anak harus kehilangan kakinya. Ayah Villa pun menolak dengan tegas. Ia berusaha untuk menjaga kaki anaknya tetap utuh dan memilih obat yang bisa menghilangkan rasa sakit dan mencegah cideranya jadi makin parah.

Dalam kondisi kaki kanan dibebat, Villa kecil ternyata masih berminat main bola. Sang ayah yang melihat semangat anaknya pun mulai melatih anaknya untuk bermain bola dengan menggunakan kaki kiri. Setiap sore, Villa diminta untuk menendang bola yang dilemparkan sang ayah, menggunakan kaki kirinya yang masih normal.

Selama bertahun -tahun berlatih, hasilnya, kaki kiri David Villa pun jadi semakin kuat dan akurat dalam menendang bola. Ketika kaki kanannya pulih, maka kedua kakinya pun jadi sama kuat dan akuratnya dalam menendang bola. Hmm, bayangkan kalau kaki kanannya tidak pernah mengalami musibah mengerikan itu?

5. Elizabeth Holmes – Founder CEO Theranos Company

Kisah orang sukses
Image from https://en.wikipedia.org

Nama Elizabeth Holmes sedang naik daun sebagai CEO muda yang kaya raya. Ia adalah pendiri, sekaligus CEO dari Theranos Company, sebuah perusahaan yang membantu orang -orang untuk melakukan tes darah dengan modal darah yang sangat sedikit. Perusahaan yang bernilai US$ 9 Millar ini melayani para pasien yang ingin melakukan tes darah tanpa rasa sakit dan tanpa harus menemui dokter.

Theranos Company yang ia bangun ini pula yang sukses membawa namanya menjadi peringkat teratas America’s Self-Made Women di tahun 2015. Ia juga menjadi orang terkaya ke-6 di Amerika dengan usia di bawah 40. Tapi, tahukah kamu kisah apa yang mengantarkan gadis kelahiran 3 Februari 1984 ini menuju ke puncak kesuksesan?

Hmm, kesuksesan ini datang dari keterbatasannya dalam menghadapi rasa takut terhadap tes darah. Ya, Elizabeth memiliki ketakutan yang luar biasa terhadap jarum. Karena ketakutannya terhadap jarum inilah, ia jadi tidak bisa melakukan tes darah.

Ia pun sadar kalau tak hanya dirinya sendiri yang takut akan jarum dan tes darah ini. Karenanya, ia berusaha untuk mencari ide yang bisa mengatasi masalahnya ini. Dari sini lah, ia membentuk Theranos. Theranos adalah perusahaan yang mampu melakukan tes darah hanya bermodalkan satu tetes darah. Elizabeth berhasil menemukan cara -cara canggih yang dapat membantunya untuk melakukan berbagai tes dengan menggunakan satu tetes darah saja.

6. Nick Vujicic – Motivator, Live Without Limbs

Kisah orang sukses
Image from https://en.wikipedia.org

Senang membaca buku -buku yang berbau kisah inspirasi dan motivasi? Kalau ya, Anda tentu pernah dengar tentang sebuah buku paling isnpirasional di dunia yang berjudul Live Without Limbs. Penulis dari buku inilah yang merupakan sosok fenomenal yang begitu inspirasional, Nick Vujicic.

Nick adalah pria kelahiran tahun 1982 di Melbourne, Australia. Ia lahir dengan kondisi tubuh yang cukup menyayat hati siapa pun yang melihatnya, terlebih orang tuanya.

Ia terlahir dengan tetra-amelia syndrome, sebuah kecacatan fisik yang menyebabkan penderitanya tidak memiliki anggota gerak di tubuhnya, baik itu tangan maupun kaki.

Bagi Nick sendiri, terlahir dengan keterbatasan seperti ini tentu adalah hal yang berat. Siapa yang tak frustasi bila harus hidup tanpa satu pun anggota gerak yang menempel di tubuhnya. Tak ada kedua tangan, tak ada kedua kaki. Begitu pun Nick kecil yang merasa begitu nelangsa karena hidup tanpa tangan dan kaki.

Masa kecilnya dihabiskan untuk berjuang melawan depresi dan kesendirian. Walau begitu, ia terus merenung tentang arti kehidupannya sendiri. Lalu, ia pun mulai bisa menerima kondisi tubuhnya yang tidak sempurna ini. Lalu, di usia 17 tahun, ia memutuskan untuk mendirikan sebuah organisasi non-profit bernama “Life without limbs”.

Ia menulis empat buku motivasi dan mulai menjadi seorang motivator. Sejak usianya 19 tahun, Nick mulai pergi berkeliling dunia untuk menjadi motivator. Ia bercerita tentang dirinya, dan tentang hal -hal lain yang sungguh inspiratif dan memotivasi.

7. Marlon Brando – Bintang Hollywood Peraih Oscar

Kisah orang sukses
Image from https://en.wikipedia.org

Senang menonton film -film garapan Hollywood dan mengikuti setiap pagelaran piala Oscar? Tentu pernah dengar nama Marlon Brando donk. Di adalah bintang Hollywood ternama yang dianggap memiliki kemampuan akting yang hebat. Bahkan, ia juga pernah meraih piala Oscar sebagai pemeran utama terbaik.

Kemampuan akting Marlon Brando dianggap begitu alami. Setiap peran dilakukannya dengan pendalaman yang begitu penuh. Padahal, kemampuan aktingnya yang hebat ini tak lain karena masa kecil Marlon Brando yang penuh dengan tekanan dan masalah.

Ibunya adalah pemabuk handal yang tidak pernah mempedulikan anaknya. Setiap hari, ibunya selalu kelayapan dan beberapa hari dalam seminggu, ia akan menghilang. Tak berbeda dengan ibunya, Ayah Marlon pun juga sama saja. Ayah Marlon juga seorang pemabuk ulung yang parahnya lagi, senang memaki -maki si Marlon.

Ia selalu saja mengatai Marlon dengan sebutan kasar dan merendahkan Marlon. Naas nasib Marlon kecil, di sekolah, ia juga masih harus bertemu dengan seorang kepala sekolah yang setali tiga uang dengan ayahnya, yakni senang memaki dan merendahkan martabat siswanya ini.

Hampir setiap saat, Marlon harus mendengar makian seperti “Dasar Marlon bodoh!”, “Marlon tidak berguna! Tidak bisa apa-apa!”. Dan sederetan kata makian lain yang sepertinya sudah sangat mengenyangkan bagi Marlon. Lelah dengan berbagai hujatan ini, ia pun memilih berhenti sekolah.

Ketika berjalan -jalan di pusat kota New York, ia melihat sekolah akting dan tertarik untuk belajar akting di sana. Tak disangka, ternyata kegiatan akting ini pas sekali dengan Marlon. Di sana, ia diminta untuk menguras emosinya. Sudah tentu, ini adalah hal mudah bagi Marlon.

Hidupnya yang berantakan dan dipenuhi dengan luapan emosi ternyata sangat membantu aktingnya. Ia bisa dengan mudah memanggil berbagai emosi dari kehidupannya yang berantakan.

Karenanya, setiap orang yang melihat akting Marlon Brando selalu merasa terbawa emosi. Marlon dengan begitu natural mampu meluapkan tangisan, kemarahan, kegembiraan, kesedihan, rasa putus asa, dan berbagai bentuk emosi lain. Hasilnya, ia sukses memainkan peran sebagai Julius Caesar dan The Godfather dengan begitu sempurna. Ia pun, mulai dihujani berbagai penghargaan atas aktingnya yang memukau ini.

Kisah orang sukses dunia yang berawal dari keterbatasan ini diambil dari berbagai sumber media dibawah ini.

Sumber :

  • www.ehternyataa.click/2015/08/ini-dia-para-bintang-dunia-yang-sukses.html
  • www.awazieikechi.com/building-confidence-11-examples-people-turned-weakness-asset/
  • www.forbes.com/profile/elizabeth-holmes/
  • www.stutteringhelp.org/bruce-willis-look-whos-talking
  • www.in.com/linda-bove/biography-173925.html
  • www.lifewithoutlimbs.org/about-nick/bio/

Loading...

Bagikan

Penulis

Andika DM
Andika DM
Hanya anak manusia yang sedang mencari jati diri dalam tumpukan jerami. (infonya agak alay dikitlah biar kekinian dan gak terdeteksi tuanya...hehehehe.. )
owner portal-ilmu.com
Andika DM

Penulis

Hanya anak manusia yang sedang mencari jati diri dalam tumpukan jerami. (infonya agak alay dikitlah biar kekinian dan gak terdeteksi tuanya...hehehehe.. ) owner portal-ilmu.com

Komentar

    Avatar

    Aree

    ( - 17:40)

    Motivasi hebat dari tuan gani berkongsi kisah mereka yang dulunya daif namun berkat kesabaran dan kegigihan dalam berusaha tanpa jemu akhirnya mereka berjaya juga…..Terima kasih tuan gani $

    Avatar

    Muzaku

    ( - 15:17)

    semoga nanti saya juga bisa meraih kesuksesan yang mutlak .. agar nanti ada orang yang mengisahkan tentang kesuksesan saya kelak! 😀

    Avatar

    Om rudi

    ( - 09:15)

    Ibaratnya..
    Sebodoh2 seseorang., pasti ada kelebihan yg mungkin tidak kita miliki. Jadi itulah nilai lebih buat dirinya untk menuju kesuksesan.

      ganisebastian

      ganisebastian

      ( - 13:39)

      Dalam setiap kekurangan pasti ada kelebihan dan dalam setiap kelebihan pasti ada kekurangan. Allah memang maha adil.

    Avatar

    pasti sangat berat ya mas kalau harus berjuang dengan segala keterbatasan tersebut. namun ketika sukses kita akan mengerti, bahwa kesuksesan bukan hanya sebuah kata-kata namun butuh akan perjuangan yang melelahkan! 😀

    Avatar

    Muzhavers

    ( - 19:57)

    kisah dari Jung Jihoon mengharukan sekali .. jujur saya baru tahu lho mas! :'(

    Avatar

    Saya request kisah sukses orang Indonesia mas…

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *