InternetMakalah dan proposal

Syarat Dan Kelengkapan Melamar Kerja Dengan Email (Panduan Lengkap)

Ini pengalaman salah satu saudara saya yang kebetulan diterima kerja diluar kota tepatnya surabaya, waktu itu hanya membaca info lowongan kerja dari sebuah surat kabar dan dalam keterangannya bisa melamar kerja dengan email.

Hari itu juga langsung membuat surat lamaran, setelah sebelumnya mempersiapkan syarat dan kelengkapan dan mengirimkan lamaran kerja tersebut via email. Nah, sekarang lagi musimnya melamar kerja secara online, semuanya serba praktis.

Tanpa di sangka 2 minggu setelah itu mendapat balasan melalui email dan SMS dari ponsel, bahwa ada kabar untuk wawancara kerja. Terang saja agak gugup karena harus mempersiapkan segala sesuatunya untuk datang ke kota surabaya hanya berbekal alamat yang tertera di dalam email balasan tersebut.

Itulah sepenggal cerita saudara saya melamar kerja dengan email, yang sampai saat ini sudah di jalani hampir 1 tahun karena di terima di perusahaan tersebut.

Mempersiapkan dokumen melamar kerja dengan email

Baiklah, langsung saja bagaimana cara melamar kerja dengan email sesuai dengan syarat dan prosedur yang berlaku untuk perusahaan atau instansi. Harap sebelumnya mempersiapkan kelengkapan seperti yang tertera di bawah ini.

  • KTP
  • Pas foto 4×6
  • Ijasah
  • Surat SKCK
  • CV atau biasa disebut Data riwayat hidup
  • Paklaring (Pengalaman kerja jika ada)
  • Nomor handphone

Kemudian scan data dan dokumen tersebut menjadi lembar yang terpisah, untuk KTP dan foto nanti bisa di rapikan atau di crop sesuai dengan ukuran agar terlihat rapi, setelah itu kompres file tersebut agar size atau kapasitasnya tidak terlalu besar.

Contoh format surat lamaran yang harus dibuat

Di bawah ini adalah contoh format surat melamar kerja dengan email yang harus kita buat, isikan sesuai dengan alamat email yang di tuju dan isi pula biodata lengkap anda, seperti ini contohnya.

======================================================================

To : [email protected]
Cc : – (Di kosongkan saja)
Subject : Lamaran kerja bagian marketing
Dengan hormat
Berdasarkan informasi yang saya terima dari surat kabar harian jawapos bahwa PT.Sentana group membutuhkan beberapa tenaga kerja untuk kategori bagian marketing, maka saya yang bertanda tangan dibawah ini.

Nama : Ganisebastian
Alamat : Jln. Mawar berduri 13 Semarang
Tempat tanggal lahir : Semarang 20 januari 1990
Pendidikan : SMA Semarang

Berniat untuk mengajukan surat lamaran untuk bisa diterima bekerja sesuai dengan kategori dan bagian pekerjaan yang di maksud (marketing) dalam edaran iklan di jawa pos. Sebagai kelengkapan surat lamaran ini saya sertakan biodata lengkap saya serta kelengkpan lain yang menunjang.

Bila dikehendaki, saya bersedia hadir untuk di tes dan wawancara sesuai dengan bidang pekerjaan yang di maksud, atas segala perhatian bapak/ibu saya ucapkan terima kasih.

Hormat saya,

(ganisebastian)

======================================================================

Langkah selanjutnya adalah membuka email anda, di sini saya mencontohkan menggunakan fasilitas email dari Gmail, tetapi contoh penerapan ini berlaku untuk semua jenis email, baik dari yahoomail, hotmail atau email pribadi.

Melamar Kerja Dengan Email
Tulis email baru

Setelah itu adalah mengisi form email dan menulis format email seperti contoh tulisan yang sudah di buat di atas, isikan sesuai dengan biodata anda.

Melamar Kerja Dengan Email
Isi bagian bagian dalam email

Keterangan gambar

  1. Isi dengan alamat email yang akan dituju
  2. Isi subject dengan kategori lamaran
  3. Isi dengan format lamaran
  4. Isi dengan dokumen dan data yang telah di scan, tekan pada insert dan masukkan data scan yang tersimpan di komputer. Pastikan semua data sudah terupload dengan benar. Jangan lupa sertakan nomor handphone anda.
  5. Setelah selesai semua, tekan kirim

Pastikan email anda sudah terkirim dengan benar, cek pada kotak “pesan terkirim” (sent item). Jika pada kotak “pesan terkirim” sudah muncul berarti email anda sudah terkirim dengan baik.

Setelah itu kita tinggal menunggu surat balasan saja, jangan lupa berdoa agar melamar kerja dengan email ini cepat mendapat respon dan balasan dari perusahaan yang kita maksud.

Ingat, lowongan kerja baik dari internet maupun iklan dari surat kabar mempunyai banyak saingan pelamar, pesan saya segera kirim langsung lamaran kerja anda. Siapa yang cepat akan mendapat prioritas, karena lowongan semacam ini ada batas tenggang waktunya. Semoga bermanfaat.


Loading...
Baca selengkapnya

Menulis dari berbagai pengalaman pribadi dan bisa dipertanggung jawabkan, jika bermanfaat bagi Anda silahkan share.

Artikel terkait

4 Comments

  1. Admin mau tanya dong , kalo ngelamar via email itu file scanan (ijasah,skhun.dll) itu masuk ke 1 file cv apa terpisah ?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close