Tutorial Blog

Panduan Membuat Halaman Register, Login Dan Profil User Dengan Plugin Ultimate Member

Salah satu kelebihan wordPress adalah memberi otoritas bagi pengguna lain untuk bisa memberi komentar pada blog atau bahkan masuk dan menulis di halaman admin atau sering disebut penulis tamu.

Fungsi dan manfaat membuat halaman register antara lain juga digunakan untuk masuk kedalam forum, jika kita membuat halaman forum di wordPress Anda.

Untuk itu kita perlu membuat halaman register dan login (Daftar dan masuk) Tutorial ini  paling mudah dan lengkap disertai halaman profil user beserta foto profil (image profil) yang akan bisa di akses oleh pengguna disertai biodata user.

Nantinya juga disertai pembuatan user name untuk masuk dan fasilitas forgot pasword jika sewaktu-waktu pengguna lupa pasword.

Contohnya seperti dibawah ini :

Halaman register

Halaman Login

Halaman Profil

Loading...

Membuat Halaman Register, Login Dan Profil User

Untuk membuat halaman register secara lengkap kita perlu mengubah pengaturan di dashboard wordPress agar memberi otoritas kepada penguna lain agar bisa mendaftar.

Pada halaman pengaturan klik pada “umum”

  • Beri centang pada : Setiap orang dapat mendaftar.
  • Dan tentukan peran pengguna, jika hanya akan menulis di blog sebagai penulis tamu, pilih kontributor.

Membuat halaman register

 

Mempersiapkan halaman register dan login beserta halaman atau form untuk user profil

Dalam membuat halaman register secara lengkap dan tampilan user profil yang bisa di edit oleh pengguna, kita bisa menggunakan sebuah plugin bernama Ultimate member secara gratis.

Plugin ini sangat lengkap dan cara menggunakannya pun terbilang sangat mudah asalkan dikerjakan dengan teliti dan cermat. Ultimate member akan membuat 7 laman baru secara otomatis dengan penempatan shortcode secara otomatis pula, ini akan merubah tampilan menu pada theme anda.

Atur menu pada pengaturan menu, agar menu yang tampil dari ultimate member bisa langsung disembuyikan nantinya. Simpan dahulu menu utama anda.

 Membuat halaman register

 

 

Langkah selanjutnya adalah instal plugin dan aktifkan Ultimate Member

Dibawah ini adalah menu yang otomatis dibuat ketika Anda selesai menginsatal dan aktifkan plugin Ultimate Member.

Membuat halaman register

Dengan begitu kita tidak perlu lagi repot-repot membuat laman baru, karena semua sudah dikerjakan oleh plugin ultimate member dengan penempatan shortcode otomatis (Jadi tidak perlu lagi menempatkan shortcode pada laman)

Selanjutnya adalah menyembunyikan semua menu tersebut dan mengganti dengan menu utama anda, agar halaman menu terlihat rapi. (Ganti dengan menu anda semula : Lihat gambar yang berlabel  merah “menu” di atas)

Seting plugin ultimate member

Setelah selesai membuat halaman register dan login secara lengkap, kita perlu melakukan seting dari plugin ultimate member agar tampilan sesuai dengan yang kita inginkan.

Membuat halaman register

Pada pengaturan/setup pastikan kolom user page menempati user page, account page pada account dan seterusnya sampai ke bawah. Hal ini untuk memastikan laman yang dibuat secara otomatis ditempatkan sesuai dengan form masing-masing. Anda juga bisa membuat perubahan, jika membuat laman tersendiri.

Untuk pengaturan lain, bisa disesuaikan dengan kebutuhan dan keperluan bagi tingkat pengguna. Pada bagian Apperance Anda bisa menyesuaikan warna Form sesuai dengan theme yang anda gunakan.

Seting Form Ultimate member

Pada bagian form ini Anda bisa membuat pengaturan agar halaman register ditampilkan sesuai yang anda inginkan, misalnya hanya memuat kolom user name , email dan pasword.

Membuat halaman register

  • 1. Masuk ke pengaturan form
  • 2. Anda bisa hapus yang tidak diperlukan (bisa lihat preview untuk perubahannya)
  • 3. Setelah selesai, klik perbarui.

Hal yang sama bisa dilakukan pada Profil form dan login form, kita tidak perlu lagi mengubah shotcode yang sudah ditempatkan, karena dengan pengaturan Form ini akan mengubah laman dan tampilan masing-masing form secara otomatis.

Membuat halaman register

Anda juga menambahkan form lain yang anda butuhkan pada profil form seperti Url facebook, url Google plus atau url website atau form lain sesuai dengan keinginan anda.

Baca juga : Membuat wordpress self hosting gratis

Nah mudah sekali bukan membuat halaman register, login sekaligus profil user yang sangat lengkap. Dan yang paling istimewa plugin ultimate member ini bisa digunakan secara gratis.

Selamat mencoba.



Loading...

Tags
Baca selengkapnya

Menulis dari berbagai pengalaman pribadi dan bisa dipertanggung jawabkan, jika bermanfaat bagi Anda silahkan share.

Artikel terkait

43 Comments

  1. mas mau nanya ni bagaimana cara membuat halaman agar orang bisa mengirim gambar ke blog kita, misalnya saya membuat konten game nah orang lain biaa mengirim schreenshot game mereka ke arikel kita, dan gambar akan tampil pada artikel kita jika menyetujuinya, bisahkah itu dipasang di wordpress

  2. Terima kasih bang. Akhirnya dapat juga plugin untuk bikin form registrasi, login, dll yang gampang penggunaannya. Setelah dipraktekkan alhamdulillah 100% berhsil. Suskes selalu

  3. Bagaimana untuk blogspot mas caranya saya ingin belajar membuat formulir register ala wordpress, mohon bantuannya untuk blogspot?

  4. mas gani, tolong buatkan artikel tutorialnya lengkapnya biar member bisa post artikel “Silahkan buat atau edit laman untuk post php” mksh

  5. Udah selesai min, udah saya tes mendaftarkan sebuah akun, dan sukses, tapi kok not found ya kalau di klik sunting pada halaman user profilnya..

  6. kok punya saya gak muncul di halaman utama min, padahala udah berhasil install pluginnya dengan benar

  7. sebelumnya terima kasih udah tester dan work tapi fiturnya masih kurang, kalo yang berbayar ada rekomendasi gak min?

  8. Mas bagaimana menampilkan profile user kehalaman utama tanpa harus login berdasarkan postingan yang di buat user, jd pengunjung website nanti bisa melihat posting dan profile lengkap user?

  9. Mau tanya tentang plugin ini, kenapa saat register tidak ada pemberitahuan periksa email untuk aktifasi ? dan member langsung bisa login tanpa aktifasi, Dan juga tidak ada email masuk pemberitahuan ke email admin kalau ada member masuk ? Bisakah bantu saya dengan masalah ini? Keemail saya om han12borneo @gmail.com

  10. saya search di google bnyak yg mbhas ttg theme my login,dll hasilnya tidak memuaskan eror trz. Dan ini yg klik mania sajikan lebih gampang simple. g ribet, mklum sya bru belajar WP, dan saya sudah buktikan hasilnya 100% berhasil. Terimakasih klikmania

  11. Siang Mas Bastian,

    Kenapa member tidak bisa buat postingan ya dari member area nya

    Saya sudah atur akses penggunanya sebagai kontributor, baik di pengaturan umum wordpress, maupun di pengaturan ultimate member nya

    Tolong info nya ya
    Terima kasih

      1. kalau buatt yang lengkap sekalian mas gani. moggo jelaskan sampai tuntas